• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Manfaat Lidah Buaya Bagi Pemilik Wajah Kering

3 Manfaat Lidah Buaya Bagi Pemilik Wajah Kering

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Lidah buaya menjadi bahan alami yang sedang digemari belakangan ini untuk perawatan kulit wajah. Tanaman berbentuk unik ini dapat memberi banyak manfaat baik untuk kulit, salah satunya adalah membantu melembabkan kulit.

Beberapa orang memiliki kulit wajah yang cenderung lebih kering dibandingkan yang lain. Selain itu, penggunaan sabun dengan bahan kimia yang keras atau perubahan suhu juga bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Kulit wajah yang kering bisa terasa gatal, dan mungkin terlihat bersisik atau memiliki bercak merah yang tentu mengganggu penampilan.

Namun, jangan khawatir. Pada kebanyakan kasus, kulit kering dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas. Alih-alih menggunakan obat-obatan, kamu bisa menggunakan bahan alami seperti lidah buaya untuk melembapkan kulit. 

Baca juga: Kulit Kering dan Bersisik Bikin Stres, Perlukah ke Psikolog atau Psikiater?

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Lidah buaya adalah tanaman mirip kaktus yang tumbuh di daerah gurun pasir di seluruh dunia. Daunnya menghasilkan gel yang kaya vitamin A, C, E dan B12. Berikut manfaat lidah buaya untuk kulit wajah yang kering:

1.Melembabkan dan Menghidrasi Kulit Wajah

Gel lidah buaya mengandung 98 persen air, sehingga membantu melembapkan, menenangkan dan menghidrasi kulit wajah yang kering.

2.Membuat Kulit Lebih Kenyal

Mengaplikasikan gel lidah buaya pada kulit wajah juga bisa membuat kulit terasa lebih kenyal, daripada kaku dan kasar.

3.Mendinginkan Kulit

Gel lidah buaya juga memiliki efek mendinginkan, sehingga dapat membantu menenangkan kulit wajah bila mengalami ruam merah atau terbakar sinar matahari.

Karena itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengganti pelembab biasa dengan lidah buaya yang diaplikasikan setelah mandi untuk membantu menyegel kelembaban ke dalam kulit kamu.

Baca juga: Lidah Buaya Bisa Hilangkan Flek Hitam pada Wajah

Cara Menggunakan Lidah Buaya sebagai Pelembap Wajah

Berikut beberapa cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi kulit kering:

  • Menggunakan Produk Pelembap dari Lidah Buaya

Saat membeli produk pelembab lidah buaya, hindari produk dengan bahan tambahan, seperti alkohol atau bahan kimia lainnya. Kandungan tersebut memberikan efek berbahaya pada kulit, terutama kulit kering. Cara menggunakannya, cukup oleskan pelembap lidah buaya pada wajah setiap habis mandi.

  • Menggunakan Gel Lidah Buaya Langsung dari Tanamannya

Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya yang bisa didapatkan langsung dari tanamannya. Namun, pastikan kamu melakukan tes alergi sebelum mengoleskan gel tanaman tersebut ke wajah. Cara melakukan tes alergi, kamu bisa mengoleskan sedikit gel ke bagian dalam pergelangan tangan untuk memeriksa reaksinya. Tunggu selama 24 jam. Bila kulit mulai gatal, bengkak, atau berubah warna, jangan oleskan lidah buaya.

Cara menggunakan gel yang diambil langsung dari tanaman lidah buaya, yaitu kupas lidah buaya dan ambil dagingnya yang berwarna putih. Pastikan wajah sudah bersih, lalu oleskan daging lidah buaya tersebut secara merata ke seluruh permukaan kulit wajah. Tunggu sekitar 15-20 menit agar gel lidah buaya menyerap ke kulit. Lalu, bilas wajah sampai bersih.

Nah, itulah manfaat lidah buaya bagi pemilik wajah kering. Selain menggunakan lidah buaya, kamu yang memiliki jenis kulit wajah kering juga dianjurkan untuk memilih pelembap berbahan dasar minyak yang lebih berat yang mengandung bahan-bahan yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Hindari juga produk-produk yang mengandung wewangian dan bahan-bahan yang keras, seperti retinoid dan asam alfa hidroksi.

Baca juga: 8 Tips Cantik Merawat Kulit Kering

Bila kulit wajah kamu mengalami kekeringan yang parah, coba bicarakan saja pada dokter Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter yang ahli bisa memberikan saran kesehatan yang tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to use aloe vera on the face.
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Should Know About Having Dry Skin on Your Face.