• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Manfaat Madu untuk Kejantanan Pria
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Manfaat Madu untuk Kejantanan Pria

3 Manfaat Madu untuk Kejantanan Pria

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 22 Juni 2022

“Hasrat seksual pria menurun seiring dengan bertambahnya usia. Agar tetap prima, kamu bisa mengonsumsi madu untuk meningkatkan kualitas sperma, stamina, dan tingkat testosteron dalam tubuh.”

3 Manfaat Madu untuk Kejantanan Pria

Halodoc, Jakarta – Studi menunjukkan bahwa madu mengandung antidepresan, antikonvulsan dan antikecemasan. Madu juga terbukti dapat membantu mencegah gangguan memori akibat penuaan. 

Manfaat madu lainnya dikaitkan dengan kejantanan pria di atas ranjang. Ini disebabkan oleh antioksidan di dalam madu yang mampu mencegah sekaligus mengatasi gangguan seksualitas pada pria.

Manfaat Madu Bagi Seksualitas Pria

Mengonsumsi madu asli yang diolah tanpa campuran gula tambahan ibarat  meminum stimulant seksual alami. Kandungan baik di dalamnya memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan vitalitas pria.

Dalam satu sendok makan atau setara dengan 20 gram madu memiliki berbagai kandungan baik termasuk:

  • Kalori: 61 kkal.
  • Karbohidrat: 17 gram
  • Riboflavin: 1 persen dari Nilai Harian (DV)
  • Tembaga: 1 persen dari DV.

Madu juga mengandung gula alami dan campuran asam amino, vitamin, mineral, zat besi, seng, serta antioksidan. Guna menunjang kejantanan pria, madu berperan dalam:

1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Jurnal Pure Honey a potent fertility booster: Activities of Honey on sperm parameters in young adult rats, menyatakan madu dapat meningkatkan performa reproduksi pria, khususnya jumlah sperma. 

Sebab, di dalamnya, terkandung antioksidan yang dapat meningkatkan perkembangan sel sperma dan integritas DNA sperma. Jika dikonsumsi secara teratur, volume sel sperma dalam tubuh akan meningkat.

2. Meningkatkan Stamina

Mengonsumsi madu sebanyak 85 gram sehari dikaitkan dengan peningkatan stamina pria di atas ranjang. Ini dikarenakan meningkatnya nitrat oksida dalam darah yang berperan dalam proses ereksi.

Selain itu, nitrat oksida dapat menstabilkan kadar glukosa, glikogen dan aliran darah dalam tubuh. Jika dikonsumsi secara teratur, stamina saat melakukan hubungan seks akan meningkat.

3. Meningkatkan Level Testosteron

Dari jurnal Mechanisms of honey on testosterone levels, madu merupakan sumber utama vitamin B dan boron. Boron adalah salah satu mineral yang memengaruhi kadar testosteron, estrogen dan vitamin D dalam tubuh.

Boron dapat meningkatkan aliran darah yang berkontribusi pada fungsi seksual pria. Dengan fungsi seksual yang sehat, keseimbangan hormon androgen, seperti, testosteron akan meningkat.

Itulah beberapa manfaat madu untuk kejantanan pria. Jika kamu mengalami masalah seksualitas yang tidak kunjung membaik atau justru bertambah parah, segera buat janji rumah sakit untuk melakukan langkah perawatan.

Gangguan seksualitas yang dibiarkan dapat memengaruhi keharmonisan kamu dan pasangan. Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Heliyon. 2019 Jul; 5(7): e02029. Diakses pada 2022. Mechanisms of honey on testosterone levels.
Journal of Dental and Medical Sciences (IOSR-JDMS). Diakses pada 2022. Pure Honey a potent fertility booster: Activities of Honey on sperm parameters in young adult rats.
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Unique Health Benefits of Honey.