• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Manfaat Mengonsumsi Daging Sapi

3 Manfaat Mengonsumsi Daging Sapi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
3 Manfaat Mengonsumsi Daging Sapi

“Salah satu yang ditunggu-tunggu dari perayaan Idul Adha adalah makan daging sapi. Selain enak, mengonsumsi daging sapi juga dapat membawa manfaat bagi kesehatan, lho. Beberapa di antaranya adalah mencegah anemia, mendukung sistem kekebalan tubuh, mempercepat pemulihan, dan meningkatkan fungsi otot.”

Halodoc, Jakarta – Seolah jadi tradisi setiap tahunnya, umat muslim di Indonesia ramai-ramai masak daging sapi saat perayaan Idul Adha. Dari segi kesehatan, mengonsumsi daging sapi dapat membawa banyak manfaat baik. Tentunya jika diolah dengan cara yang sehat dan tidak berlebihan, ya.

Hal ini karena daging sapi mengandung protein, aneka vitamin, serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Ingin tahu apa saja manfaat mengonsumsi daging sapi bagi kesehatan? Yuk simak pembahasannya!

Baca juga: Ini Ciri Daging Sapi Segar dan Layak Konsumsi untuk Lebaran

Berbagai Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan

Daging sapi adalah sumber protein dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh. Namun, di sisi lain juga tinggi kolesterol dan lemak jenuh yang dapat menyebabkan timbunan lemak dalam darah.

Dalam 100 gram daging sapi giling panggang dengan kandungan lemak 10 persen, terkandung 217 kalori, 26 gram protein, dan 11,8 gram lemak. Daging sapi juga mengandung vitamin B12, B3, B6, seng, selenium, zat besi, fosfor, kreatin, taurin, glutathione, dan kolesterol.

Daging sapi bisa menjadi bagian yang sehat dari pola makan kamu, asalkan dikonsumsi tidak berlebihan, dan memilih potongan tanpa lemak. Selain enak, berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daging sapi:

  1. Kesehatan Darah

Sebagai sumber zat besi yang sangat baik, daging sapi membantu tubuh memproduksi hemoglobin, yaitu protein yang membantu darah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. 

Kurang konsumsi zat besi dapat menempatkan Anda pada risiko anemia defisiensi besi, yang berarti tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Gejala yang mungkin dirasakan adalah lelah, lesu, lemah, dan pusing. Jadi, mengonsumsi daging sapi dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi pada orang yang berisiko.

  1. Kekebalan dan Penyembuhan

Daging sapi adalah sumber seng yang baik, yang dibutuhkan tubuh untuk menyembuhkan jaringan yang rusak dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Anak-anak dan remaja juga membutuhkan jumlah zinc yang sehat untuk memastikan mereka tumbuh dan berkembang dengan baik.

Baca juga: 5 Manfaat MPASI dengan Daging Sapi

  1. Meningkatkan Fungsi Otot

Protein sangat penting untuk kesehatan otot. Ini membangun kembali jaringan otot yang secara alami hilang dalam keausan kehidupan sehari-hari. Protein juga membantu membangun lebih banyak otot dan sangat membantu jika  melakukan latihan kekuatan.

Satu porsi daging sapi memasok jumlah protein harian yang direkomendasikan, membantu mencegah hilangnya massa otot. Kehilangan massa otot dapat membuat tubuh terasa lebih lemah dan mungkin menyulitkan untuk menjaga keseimbangan, terutama jika berusia 55 tahun atau lebih.

Itulah berbagai manfaat mengonsumsi daging sapi bagi kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat dan nutrisi daging sapi dengan lebih sedikit kolesterol dan lemak jenuh, pilih potongan yang lebih ramping. Carilah potongan berlabel “extra lean” atau “lean”, dan selalu pilih potongan dengan lemak yang paling sedikit terlihat.

Potong sebanyak mungkin lemak yang terlihat sebelum memasak daging sapi. Proses memasak akan menyebabkan banyak sisa lemak mencair. Pilih metode memasak seperti memanggang, memanggang, atau memanggang, di mana daging sapi diletakkan di atas rak dan lemaknya bisa menetes ke dalam wajan.

Selain cara pengolahan, penting juga untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, semua makanan yang sehat bisa berubah jadi buruk bila dikonsumsi berlebihan, termasuk daging sapi. Bila kamu mengalami masalah kesehatan, segera buat janji dengan dokter di rumah sakit lewat aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Beef 101: Nutrition Facts and Health Effects.
Nourish by WebMD. Diakses pada 2021. Beef: Health Benefits, Nutrition, and How to Prepare It.