• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan Ibu Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan Ibu Hamil

3 Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan Ibu Hamil

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 Juli 2022

“Terdapat beberapa manfaat dari mengonsumsi minyak ikan bagi kesehatan ibu hamil. Salah satunya adalah mengurangi risiko kelahiran secara prematur.”

3 Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Selama kehamilan, penting bagi ibu untuk senantiasa memenuhi segala asupan nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Sebab, hal ini berkaitan erat dengan perkembangan dan pertumbuhan janin yang dikandung. Nah, salah satu nutrisi yang diperlukan selama kehamilan adalah asupan lemak omega-3. 

Perlu diketahui bahwa asupan lemak omega-3 dapat diperoleh dari mengonsumsi minyak ikan. Namun, kira-kira apa saja manfaat minyak ikan bagi kesehatan ibu hamil? Yuk, ketahui penjelasannya di sini! 

Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan Ibu Hamil 

manfaat minyak ikan bagi ibu hamil

Terdapat beberapa manfaat dari mengonsumsi minyak ikan bagi kesehatan ibu hamil, antara lain: 

1. Mengurangi Risiko Kelahiran Prematur 

Menurut sebuah tinjauan terbaru yang dipublikasikan pada Cochrane, meningkatkan asupan omega-3 selama kehamilan dapat mengurangi risiko kelahiran prematur. Tim penulis tinjauan tersebut mengamati peran omega-3 dalam dalam mengurangi risiko kelahiran prematur. Terutama asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA) yang ditemukan dalam ikan berlemak dan suplemen minyak ikan. 

Mereka mengamati 70 percobaan acak dan menemukan bahwa meningkatkan asupan harian omega-3 untuk wanita hamil, dapat: 

  • Menurunkan risiko melahirkan bayi prematur (kurang dari 37 minggu) sebesar 11% (dari 134 per 1000 menjadi 119 per 1000 kelahiran. 
  • Menurunkan risiko melahirkan bayi prematur dini (kurang dari 34 minggu) sebesar 42% (dari 46 per 1000 menjadi 27 per 1000 kelahiran). 
  • Mengurangi risiko memiliki bayi kecil (kurang dari 2500 gram) sebesar 10 persen. 

2. Bermanfaat untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Awal Janin

Omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan awal bayi. Oleh sebab itu, penting untuk mendapatkan asupan omega-3 yang cukup selama kehamilan dan saat menyusui. Nah, mengonsumsi suplemen minyak ikan selama periode ini  dapat meningkatkan perkembangan otak janin. 

Selain itu, mengkonsumsi suplemen minyak ikan selama kehamilan dan menyusui juga dapat meningkatkan perkembangan visual bayi, dan membantu mengurangi risiko alergi. 

3. Meningkatkan Berat Badan Lahir 

Salah satu manfaat konsumsi suplemen minyak ikan bagi ibu hamil adalah diduga dapat meningkatkan berat badan lahir bayi. Hal ini merujuk pada sebuah studi yang dipublikasikan pada The Journal of Nutrition pada 2019 silam. 

Studi tersebut menunjukkan bahwa memberikan suplemen omega-3 pada wanita hamil selama trimester ketiga, dikaitkan dengan peningkatan berat lahir yang lebih tinggi. 

Makanan dengan Tinggi Kandungan Omega-3

makanan kaya omega-3

Selain mengonsumsi suplemen minyak ikan, omega-3 juga dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan. Perlu diketahui bahwa sumber EPA dan DHA yang terbaik, berasal dari ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan ikan teri. Meski begitu, sebagian besar ahli khawatir akan risiko kandungan merkuri pada ikan selama kehamilan. 

Untuk alasan tersebut, suplemen minyak ikan yang dimurnikan sering kali merupakan sumber EPA dan DHA, yang paling aman dan baik dikonsumsi selama kehamilan. Namun, pastikan bahwa asupan asam lemak omega-3 dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Wanita hamil dan ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi 300 miligram DHA setiap harinya. 

Itulah penjelasan mengenai beberapa manfaat minyak ikan bagi kesehatan ibu hamil. Mulai dari mengurangi risiko kelahiran prematur, hingga meningkatkan berat badan lahir. Memenuhi segala nutrisi selama kehamilan tentunya merupakan salah satu hal wajib bagi ibu. Selain asupan omega-3 pastikan juga untuk memenuhi asupan nutrisi lainnya. 

Selain dari konsumsi makanan sehat, ibu juga bisa mengonsumsi suplemen kesehatan untuk memenuhinya. Jika saat ini ibu membutuhkannya, ibu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre lama di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. 12 Benefits of Taking Fish Oil. 
American Pregnancy Association. Diakses pada 2022. Omega-3 Fish Oil and Pregnancy. 
Cochrane. Diakses pada 2022. New research finds omega-3 fatty acids reduce the risk of premature birth. 
The Journal of Nutrition. Diakses pada 2022. Fish Oil Supplementation in Pregnancy Increases Gestational Age, Size for Gestational Age, and Birth Weight in Infants: A Randomized Controlled Trial.