• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Manfaat Purwaceng yang Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Manfaat Purwaceng yang Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria

3 Manfaat Purwaceng yang Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 01 September 2022

“Tanaman purwaceng mengandung senyawa yang dianggap bermanfaat untuk vitalitas pria. Misalnya menambah stamina pria, meluruhkan air seni, dan melancarkan peredaran darah.”

3 Manfaat Purwaceng yang Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria3 Manfaat Purwaceng yang Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria

Halodoc, Jakarta – Tanaman purwaceng atau Pimpinella pruatjan merupakan salah satu tanaman asli Indonesia. Tanaman ini telah lama dikenal sebagai obat herbal karena sifat afrodisiak. Salah satu manfaat yang membuat purwaceng populer yaitu khasiatnya untuk meningkatkan vitalitas pria.

Lantas, bagaimana cara kerja purwaceng dalam meningkatkan vitalitas pria?

Manfaat Purwaceng yang Berhubungan dengan Vitalitas Pria

Seluruh bagian tanaman purwaceng dapat dimanfaatkan. Namun, yang paling sering digunakan yaitu bagian akarnya. Masyarakat tradisional mengolah akar purwaceng menjadi bubuk atau serbuk, dan dijadikan campuran minuman. Misalnya kopi atau susu. 

Melansir salah satu media daring nasional, akar purwaceng mengandung beberapa senyawa aktif, diantaranya Bergapten Isobergapten Sphondin. Semua senyawa tersebut termasuk dalam kelompok furanokumarin.  Karena kandungan tersebut, purwaceng dianggap bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk vitalitas pria dengan khasiat seperti berikut:

  1. Menambah Stamina Pria

Banyak yang sudah membuktikan bahwa purwaceng dapat meningkatkan stamina atau vitalitas pria. Afrodisiaka pada purwaceng mengandung zat kimia yang bermanfaat untuk merangsang daya seksual.

  1. Meluruhkan Air Seni

Manfaat berikutnya yaitu sebagai peluruh air seni (diuretik kuat). Sehingga purwaceng dapat mencegah infeksi saluran kemih, dan dipercaya bermanfaat untuk pengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Selain efek diuretik, purwaceng juga memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar tentu diperlukan dalam vitalitas pria.

Itulah beberapa manfaat purwaceng yang berkaitan dengan vitalitas pria. Namun, sebenarnya selain manfaat tersebut, purwaceng masih memiliki potensi manfaat kesehatan yang lebih umum, yaitu:

  • Mencegah kanker

Purwaceng dipercaya dapat mencegah kanker, karena tanaman ini memiliki beberapa kandungan senyawa yang bertindak sebagai antioksidan. Senyawa tersebut juga dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel dan kanker. 

  • Mengatasi infeksi

Selain sifat antioksidan, senyawa flavonoid dan fenolik yang terkandung dalam purwoceng juga bersifat antibakteri. Bahkan dapat membasmi bakteri seperti Staphylococcus aureus, Salmonella typhi, dan E. coli.

  • Mengurangi peradangan

Selanjutnya, purwoceng juga diketahui memiliki sifat anti radang. Maka itu, juga sering diklaim bermanfaat untuk menyembuhkan luka, meredakan sariawan, mengurangi nyeri, serta mencegah kerusakan organ. 

Cara Memanfaatkan Purwaceng

Purwaceng tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Terlebih belum cukup banyak penelitian yang menunjukkan adanya bahaya atau efek samping serius dari konsumsi tanaman tersebut. Maka itu, sebaiknya kamu tetap perlu waspada dalam mengonsumsi. 

Sementara itu, seseorang dapat merasakan khasiat purwaceng setelah penggunaan selama 7 hingga 14 hari. Saat ini pun kamu tidak perlu repot mengolah akar purwaceng untuk dikonsumsi, karena sudah tersedia dalam bentuk jamu yang bisa dicampurkan pada kopi atau susu. 

Saat mengonsumsi purwaceng, setiap orang dapat merasakan reaksi yang berbeda. Apabila mengalami reaksi alergi, sebaiknya hentikan konsumsi tanaman ini. Karena tanaman ini masih tergolong langka dan hanya dapat ditemukan di daerah tertentu di Jawa, maka penelitian tentang purwaceng pun masih terbatas. Penelitian yang sudah ada kebanyakan membuktikan tentang manfaat purwaceng yang berkaitan dengan vitalitas dan stamina pria. 

Meskipun kamu banyak menerima informasi tentang manfaat purwaceng untuk vitalitas pria, sebaiknya tetap waspada saat mengonsumsinya. Bila ragu, sebaiknya tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc terlebih dulu. Hal tersebut demi menjaga keamanan dan kesehatan tubuh. Tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Natural Products Chemistry & Research. Diakses pada 2022. Pruatjan (Pimpinella pruatjan Molk.): The rooted herbal medicine of Indonesia for aphrodisiac properties
Biofarmaka IPB. Diakses pada 2022. Purwaceng.
Kompas.com. Diakses pada 2022. 5 Manfaat Purwaceng selain Bisa Tingkatkan Kejantanan Pria