• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Obat Sifilis Alami yang Mudah Didapatkan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Obat Sifilis Alami yang Mudah Didapatkan

3 Obat Sifilis Alami yang Mudah Didapatkan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 01 November 2022

“Sifilis adalah penyakit infeksi menular seksual yang dapat membahayakan jika terus dibiarkan, penanganan segera perlu dilakukan. Ada beberapa obat alami yang bisa digunakan, sehingga gangguan ini bisa teratasi dengan baik.”

3 Obat Sifilis Alami yang Mudah Didapatkan3 Obat Sifilis Alami yang Mudah Didapatkan

Halodoc, Jakarta – Sifilis merupakan infeksi menular seksual yang membahayakan. Umumnya, penyakit ini rentan terjadi pada mereka yang kerap berhubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda.

Seseorang yang terdiagnosis dengan penyakit ini perlu mendapatkan penanganan segera. Jika dibiarkan, ada beberapa komplikasi yang bisa terjadi, seperti infeksi otak dan kecacatan tubuh.

Beberapa orang mungkin malu atau takut ketahuan oleh pasangannya jika dirinya terserang sifilis. Namun ternyata, ada beberapa obat alami yang efektif dalam mengatasi sifilis, lho.

Beberapa Obat Alami untuk Atasi Sifilis

Sifilis merupakan penyakit serius yang perlu ditangani secara medis sesegera mungkin. Pengobatan utama dalam mengatasinya adalah dengan pemberian antibiotik hingga infeksinya menghilang. Bahkan, beberapa ahli menyebut jika tidak ada pengobatan alami yang bisa digunakan dalam mengatasi gangguan ini.

Namun, ada pengobatan alami yang bisa digunakan untuk mengelola gejala dari sifilis atau dari efek samping obat-obatan. Berikut beberapa cara untuk menekan gejalanya:

1. Probiotik

Bersamaan dengan konsumsi antibiotik, perlu juga didukung dengan tercukupinya kandungan probiotik, baik dari makanan maupun suplemen. Antibiotik tidak hanya membunuh virus dan bakteri yang jahat, tetapi juga yang baik.

Nah, cara memulihkan bakteri baik adalah dengan mengonsumsi probiotik yang baik dalam membantu mengembalikan keseimbangan usus. Selain itu, kandungan ini juga berguna bagi wanita dalam mencegah infeksi jamur pada vagina.

2. Vitamin B12

Tubuh membutuhkan dukungan dari makanan yang dikonsumsi untuk melawan infeksi yang menyebabkan sifilis. Salah satu yang perlu dicukupi adalah vitamin B12, terlebih pada seorang vegan dan vegetarian yang kerap kekurangan.

Seseorang yang kekurangan nutrisi ini dapat merasakan tubuh yang lemah, mudah lelah, kurang motivasi, hingga perubahan suasana hati. Hal yang disebutkan juga terjadi saat terserang sifilis, sehingga gejala yang dirasakan menjadi berlipat ganda.

Kandungan vitamin B12 yang perlu dicukupi setiap hari adalah 2,4 mikrogram, baik pada pria maupun wanita dengan usia di atas 14 tahun. Selain itu, pilihlah makanan yang kaya vitamin B12, seperti salmon, tuna, hati sapi dan ayam, serta yogurt organik.

3. Jahe

Sifilis juga dapat menimbulkan gejala berupa mual dan gangguan pencernaan. Nah, jahe bisa dikonsumsi untuk mengatasi gejala tersebut dengan cara yang aman dan efektif.

Cara mengonsumsi jahe yang nikmat adalah dicampur dengan teh. Potong dan kupas jahe sekitar 8 sentimeter, lalu hancurkan dengan lembut agar melepaskan minyak alami. Setelah itu, letakkan di panci dengan beberapa liter air.

Didihkan panci tersebut dengan api yang selama kurang lebih 15 menit. Tambahkan madu agar rasanya lebih nikmat saat dikonsumsi.

Nah, itulah cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala dari sifilis. Pastikan untuk paham jika penyakit infeksi menular seksual tersebut perlu diobati dengan antibiotik. Efektivitas dari obat antibiotik juga sudah terbukti dan ampuh, sehingga infeksi yang ada tidak menyebar dan membahayakan.

Jika masih ingin tahu lebih jauh tentang cara mengatasi sifilis dengan cara alami, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Maka dari itu, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Draxe. Diakses pada 2022. A Deadly STD Is Back: Recognize These Syphilis Symptoms.