3 Olahraga untuk Atasi Nyeri Tulang Belakang

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
3 Olahraga untuk Atasi Nyeri Tulang Belakang

Halodoc, Jakarta - Kalau sudah nyeri punggung, rasanya malas untuk beraktivitas. Bahkan, terkadang rebahan terasa tidak nyaman, padahal itu satu-satunya kegiatan yang bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada punggung. Memang, masalah nyeri tulang belakang ini sering menyerang kalangan remaja, dewasa muda, dan lansia. Penyebabnya macam-macam, seperti mengangkat beban terlalu berat di punggung, adanya kelainan tulang belakang, dan gaya hidup yang tidak sehat. 

Namun, nyeri tulang belakang yang mengganggu tidak lantas membuat kamu jadi malas berolahraga. Pasalnya, olahraga membantu meringankan rasa nyeri pada punggungmu sekaligus menguatkan otot dan tulang belakang. Olahraga paling baik tentu dengan melakukan peregangan rutin, agar otot tetap lentur dan tidak kaku. 

Olahraga yang Baik untuk Atasi Nyeri Tulang Belakang

Beberapa pengidap nyeri tulang belakang mengaku rasa tidak nyaman dan nyeri yang dirasakan terkadang membuat aktivitas terganggu. Kalau sudah begitu, kamu hanya perlu memeriksakan diri ke dokter. Supaya lebih mudah, pakai ponselmu untuk membuat janji langsung dengan dokter di rumah sakit terdekat. Jadi, kamu nggak lagi harus antre dan menunggu lama. 

Baca juga: Jenis-Jenis Sakit Punggung yang Perlu Diketahui

Lalu, apa saja sih, olahraga yang dapat membantu meringankan nyeri tulang belakang yang mengganggu? Berikut beberapa di antaranya yang bisa kamu coba:

  • Renang

Selain rutin melakukan peregangan, kamu bisa mencoba rutin berenang. Mungkin tidak terasa melelahkan seperti lari marathon, tapi kamu harus tahu bahwa energi yang digunakan untuk bergerak di dalam air jauh lebih besar dibandingkan dengan energi yang terpakai untuk berlari. Berenang adalah pilihan olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan. 

Tidak hanya itu, berenang juga membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke bagian punggung, menjadikannya cocok untuk kamu yang memiliki nyeri tulang belakang dan ingin memulihkan serta meningkatkan kekuatannya. Pun, ketika berenang, punggung tidak perlu bekerja keras menopang tubuh, karena air akan menggantikan tugasnya. 

Baca juga: 3 Penyebab Nyeri Punggung yang Jarang Diketahui

  • Yoga

Yoga tidak hanya membantu kamu lebih relaks dan berkonsentrasi olahraga meditasi satu ini juga ternyata baik untuk kesehatan tulang belakang. Gerakan-gerakan pada olahraga satu ini memadukan kekuatan dan kelenturan, sehingga kamu bisa menggunakannya untuk mengatasi rasa nyeri pada tulang belakang. Gerakannya yang pelan, membuat kamu tidak perlu takut mengalami cedera akibat otot kaget. 

Meski begitu, manfaat yoga untuk mengatasi nyeri tulang belakang tidak bisa kamu rasakan kalau kamu tidak tahu bagaimana cara dan sampai mana batasnya. Oleh karena itu, ceritakan saja masalahmu pada pelatih yoga, supaya bisa membantu mendapatkan tujuan yoga yang kamu cari. Pelatih akan memberikan gerakan yang mendukung pemulihan tulang belakangmu. 

  • Pilates

Terakhir adalah pilates, olahraga yang mengutamakan kelenturan, kekuatan, dan fleksibilitas otot. Rutin berlatih pilates membantu meningkatkan daya tahan otot yang membantu mengurangi rasa nyeri pada punggung. Pun, olahraga ini juga membantu meningkatkan kesadaran kamu pada tubuh kamu sendiri. Melalui pilates, kamu akan lebih memperhatikan postur tubuh ketika berdiri, duduk, berputar, bangkit berdiri, dan gerakan lainnya yang sering disepelekan. Hal ini untuk mencegah kamu dari memiliki postur tubuh yang salah yang memicu nyeri tulang belakang. 

Baca juga: 6 Penyakit yang Bisa Sebabkan Nyeri Punggung



Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2019. The Best and Worst Exercise for Back Pain.
NHS Choices. Diakses pada 2019. Backpain Pilates Workout.
WebMD. Diakses pada 2019. Good and Bad Exercises for Low Back Pain.