• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Olahraga yang Aman Dilakukan untuk Atasi Migrain

3 Olahraga yang Aman Dilakukan untuk Atasi Migrain

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Setiap orang yang mengalami sakit kepala pasti dipicu oleh penyebab yang berbeda-beda. Olahraga yang sering dianggap menyehatkan bisa memicu timbulnya sakit kepala. Olahraga dapat meningkatkan tekanan darah di bagian otak, sehingga tak jarang memicu sakit kepala. Meski begitu, hal ini tidak bisa dijadikan alasan untuk menghindari olahraga. Manfaat olahraga tetap lebih besar daripada dampak negatif lain yang mungkin timbul. 

Jika dilakukan dengan cara dan proporsi yang tepat, olahraga justru efektif mencegah sakit kepala atau migrain. Saat kamu berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu meredakan rasa sakit. Bukan itu saja, olahraga juga efektif mengurangi stres dan membantu seseorang untuk tidur lebih lelap di malam hari. Perlu kamu tahu, stres dan kurang tidur adalah penyebab utama terjadinya migrain. Bila kamu sedang mengalami migrain, kamu bisa coba jenis olahraga ini untuk meringankannya. 

Baca juga: Bisakah Migrain Diatasi Tanpa Obat-Obatan?

Olahraga yang Aman Dilakukan untuk Atasi Migrain 

Melansir dari WebMD, berikut ini jenis olahraga yang tergolong ringan dan dapat membantu mengatasi migrain, yaitu: 

1. Yoga dan Pilates

Saat kamu melakukan yoga atau pilates otomatis kamu juga akan mempelajari gerakan dan teknik pernapasan yang mampu membuat tubuh lebih rileks. Tubuh yang rileks mampu melepaskan stres dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Gerakan-gerakan yoga dan pilates juga mampu meredakan ketegangan di tulang belakang dan leher, sehingga kepala terasa lebih baik.

2. Kardio Ringan

Bila kamu sulit mempelajari gerakan-gerakan yoga dan pilates, kamu bisa memilih kardio ringan, seperti berjalan santai di sekitar lingkungan rumah. Meskipun kedengarannya sangat sederhana, berjalan-jalan santai juga mampu membuat tubuh rileks dan meredakan ketegangan yang ada di kepala. 

3. Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan adalah olahraga lain yang bisa kamu pilih ketika migrain melanda. Kamu bisa menggunakan resistance band atau dumbell yang tidak terlalu berat. Rutin berlatih kekuatan selama dua menit setiap hari mampu meredakan sakit leher, bahu hingga sakit kepala.

Latihan kekuatan bertujuan mengaktifkan otot, melancarkan peredaran darah, menjernihkan pikiran dan membantu untuk bernapas lebih banyak, sehingga migrain yang dialami bisa mereda. 

Baca juga: 5 Hal tentang Migrain yang Perlu Diketahui

Bila migrain yang kamu alami tidak kunjung membaik, tanyakan dokter Halodoc terkait penanganan lainnya. Melalui aplikasi, kamu bisa menghubungi kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Mudah bukan? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Tips Berolahraga untuk Cegah Sakit Kepala

Walaupun olahraga terbukti mengurangi migrain, kamu tetap tidak boleh asal-asalan saat berolahraga. Bukannya mereda, migrain bisa semakin parah jika kamu kurang terhidrasi, tidak pemanasan dan melakukan gerakan yang kurang tepat saat berolahraga.

Melansir dari American Migraine Foundation, berikut sejumlah hal yang perlu diperhatikan ketika berolahraga saat mengalami sakit kepala atau migrain, yaitu: 

  • Tetap terhidrasi. Olahraga pasti akan membuat kamu berkeringat. Nah, untuk mencegah tubuh kekurangan cairan akibat berkeringat saat olahraga, pastikan kamu minum air putih terlebih dahulu.
  • Hindari berolahraga setelah makan. Jika kamu baru saja makan, sebaiknya beri jeda minimal satu setengah jam sebelum berolahraga. Ini karena kamu bisa mengalami kram bila langsung berolahraga setelah makan. Berikan tubuh untuk mencerna makanan terlebih dahulu sebelum ditempa dengan gerakan-gerakan saat berolahraga. 
  • Lakukan pemanasan. Pemanasan dan pendinginan adalah bagian penting dari berolahraga. Tujuannya untuk meregangkan otot-otot sebelum melakukan latihan yang lebih intensif. Pemanasan juga mencegah kamu dari cedera selama berolahraga. 

Baca juga: Harus Tahu, Ini Bedanya Sakit Kepala Akibat Migrain dan Corona

Pastikan kamu melakukan tips-tips di atas untuk mencegah cedera dan migrain yang dialami semakin membaik setelah berolahraga. 

Referensi:
American Migraine Foundation. Diakses pada 2020. Effects of Exercise on Headaches and Migraines.
American Migraine Foundation. Diakses pada 2020. Managing Migraine with Exercise.
WebMD. Diakses pada 2020. Can Exercise Tame Your Tension Headaches?.