• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Pengobatan Medis agar Kanker Pankreas Bisa Sembuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Pengobatan Medis agar Kanker Pankreas Bisa Sembuh

3 Pengobatan Medis agar Kanker Pankreas Bisa Sembuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 Oktober 2021
3 Pengobatan Medis agar Kanker Pankreas Bisa Sembuh

“Kanker pankreas adalah salah satu penyakit kanker yang mudah untuk menyebar ke organ sekitarnya. Sangat penting untuk mendapatkan penanganan segera agar dapat sembuh. Disebutkan jika beberapa pengobatan medis juga dapat membuat pengidap kanker pankreas bisa sembuh.”

Halodoc, Jakarta – Kanker adalah penyakit mematikan yang dapat terjadi hampir di seluruh organ dalam manusia. Salah satu jenis kanker yang dapat terjadi adalah kanker pankreas. Penting untuk mendapatkan pengobatan segera agar penyebarannya dapat diatasi dengan cepat. Pengobatan juga dilakukan agar kanker pankreas bisa sembuh. Nah, berikut beberapa metode pengobatan kanker pankreas.  

Metode Pengobatan Kanker Pankreas 

Kanker pankreas adalah gangguan kanker yang dimulai dari jaringan pankreas. Beberapa jenis pertumbuhan dapat terjadi di pankreas, termasuk kanker dan tumor. Jenis kanker yang paling sering terjadi di pankreas diawali terjadi pada sel pelapis adenokarsinoma duktus pankreas. Padahal, fungsi pankreas sangat vital, yaitu melepaskan enzim yang membantu pencernaan.

Baca juga: Seputar Kanker Pankreas yang Perlu Diketahui

Kanker pankreas jarang terdeteksi pada tahap awal yang merupakan momen paling krusial untuk penyembuhan. Hal ini karena saat penyakit ini terjadi tidak menimbulkan gejala sampai menyebar ke organ lain. Meski begitu, kanker pankreas masih bisa sembuh dengan beberapa pengobatan medis yang ditentukan berdasarkan tingkat keparahannya.

Berikut adalah beberapa pengobatan medis untuk kanker pankreas:

1. Operasi

Pengobatan medis pertama yang dapat dilakukan agar kanker pankreas bisa sembuh adalah operasi. Namun, perawatan yang dilakukan tergantung apakah kanker dapat diangkat atau tidak. Jika pankreas ditemukan dini dan belum menyebar, operasi dapat mengatasinya. Lalu, jika kanker tidak dapat diangkat, maka operasi dapat mengontrol gejala yang timbul.

Pembedahan atau operasi dapat mengangkat sebagian atau bahkan semua pankreas. Metode ini mungkin juga perlu mengangkat semua atau sebagian organ lain di sekitar pankreas. Perlu diketahui juga jika operasi untuk mengatasi kanker pankreas membutuhkan waktu yang lama, dan membutuhkan pertimbangan matang terkait manfaat dan efek sampingnya.

2. Kemoterapi

Kemoterapi juga termasuk salah satu pengobatan kanker pankreas yang dapat dilakukan untuk penyembuhan. Metode ini menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel kanker. Kemoterapi juga dapat digunakan untuk mengontrol dan memperbaiki gejala untuk seseorang yang tidak dapat menjalani operasi. Cara ini juga dapat menghentikan kembalinya kanker.

Baca juga: Jarang Diketahui, Risiko Kanker Pankreas Berakibat Fatal

3. Radioterapi

Metode pengobatan kanker pankreas untuk bisa sembuh juga dapat dengan radioterapi. Pengobatan ini dilakukan dengan menggunakan sinar radiasi berenergi tinggi untuk membunuh sel kanker. Radioterapi terbilang jarang digunakan untuk mengobati kanker pankreas, tetapi dapat memberikan manfaat, seperti:

Untuk mengobati kanker dini jika tidak dapat menjalani operasi karena alasan kesehatan atau kanker tidak dapat diangkat dengan operasi. Tidak jarang, radioterapi dikombinasikan dengan kemoterapi (kemoradioterapi). Kemoterapi sebelum operasi juga dapat membantu membuat kanker menjadi lebih kecil serta mengendalikan gejala kanker tingkat lanjut.

Itulah beberapa metode pengobatan medis yang bisa dilakukan untuk mengatasi kanker pankreas agar bisa sembuh. Kanker ini dapat lebih mudah untuk diatasi saat terdeteksi dini saat penyebarannya masih terbatas. Maka dari itu, kamu sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan fisik secara rutin agar kanker dapat terdeteksi dini.

Baca juga: Harus Diwaspadai, Inilah 9 Gejala Kanker Pankreas

Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan fisik secara rutin guna mendeteksi penyakit apa pun secara dini, termasuk juga kanker. Pemesanan untuk pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan melalui aplikasi Halodoc di beberapa rumah sakit rekanan. Untuk mendapatkan kemudahannya, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
NHS. Diakses pada 2021. Pancreatic cancer.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Pancreatic cancer.
American Cancer Society. Diakses pada 2021. What Causes Pancreatic Cancer?