• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Penyakit yang Bisa Terjadi Akibat Hipertensi

3 Penyakit yang Bisa Terjadi Akibat Hipertensi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
3 Penyakit yang Bisa Terjadi Akibat Hipertensi

Halodoc, Jakarta - Hipertensi memang termasuk gangguan yang kerap terjadi pada masyarakat Indonesia disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk. Masalah yang terjadi karena tekanan darah tinggi ini benar-benar harus diwaspadai, pasalnya dapat menyebabkan beberapa penyakit lainnya. Apa saja sih penyakit yang dapat terjadi disebabkan oleh hipertensi? Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Hipertensi Dapat Menyebabkan Beberapa Penyakit Ini

Tekanan darah tinggi atau hipertensi, adalah kondisi umum yang menyebabkan kekuatan tekanan darah ke dinding arteri cukup tinggi. Tekanan darah sendiri ditentukan oleh jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi yang ada dalam aliran darah di arteri. Semakin banyak darah yang dipompa jantung disertai arteri yang menyempit, maka semakin tinggi pula tekanan darah seseorang.

Baca juga: Cara Hipertensi Sebabkan Penyakit Jantung

Seseorang yang mengidap hipertensi selama bertahun-tahun bisa saja tidak menimbulkan gejala apa pun. Di sisi lain, memang tekanan darah tinggi dapat dengan mudah untuk terdeteksi, sehingga penanganan dini akan mudah dilakukan. Namun, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol atau tidak mendapatkan penanganan segera dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius.

Lalu, hipertensi dapat menyebabkan penyakit apa saja? Ketahui berikut ini:

1. Penyakit Jantung

Hipertensi yang terjadi dapat menyebabkan penyakit jantung pada pengidapnya, terutama serangan jantung atau gagal jantung. Pada serangan jantung, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pengerasan dan penebalan arteri (aterosklerosis). Hal ini mampu menimbulkan serangan jantung, stroke, atau komplikasi lainnya yang membahayakan nyawa seseorang yang mengalaminya.

Selain itu, gagal jantung juga dapat terjadi akibat tekanan darah tinggi. Untuk memompa darah melawan tekanan yang lebih tinggi di pembuluh, jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya. Hal ini membuat dinding ruang pompa jantung menebal yang akhirnya menimbulkan kesulitan untuk memompa darah dengan cukup. Saat hal ini terus dibiarkan, kemungkinan besar terjadi gagal jantung.

2. Sindrom Metabolik

Hipertensi juga dapat menyebabkan penyakit gangguan pada metabolisme tubuh, atau sindrom metabolik. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan ukuran pinggang, trigliserida tinggi, penurunan kolesterol HDL (kolesterol baik), hingga kadar insulin tinggi. Jika dibiarkan, penyakit ini dapat berkembang menimbulkan masalah yang lebih berbahaya, seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Membahayakan Kesehatan, Ini Buktinya

3. Masalah Kemampuan Otak

Seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi tidak terkontrol juga dapat memengaruhi kemampuan otak untuk berpikir, mengingat, hingga belajar. Bahkan, masalah ini dapat menyebabkan terjadinya demensia, hilangnya memori, dan kemampuan untuk menilai. Demensia dapat terjadi akibat arteri yang menyempit atau tersumbat sehingga membatasi aliran darah ke otak, salah satunya adalah demensia vaskular. Meski begitu, stroke umumnya yang menyebabkan demensia jenis tersebut.

Itulah pembahasan mengenai hipertensi yang dapat menyebabkan penyakit tertentu dan beberapa jenisnya membahayakan. Maka dari itu, apabila kamu mengidap tekanan darah tinggi, ada baiknya untuk melakukan kebiasaan hidup sehat untuk mencegah segala dampak berbahayanya. Contohnya, dengan mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan beristirahat yang cukup.

Baca juga: 5 Komplikasi Akibat Hipertensi yang Perlu Diwaspadai

Selain itu, kamu juga dapat melakukan pemesanan untuk pemeriksaan terkait tekanan darah tinggi pada beberapa rumah sakit yang bekerjasama dengan Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa menentukan sendiri waktu yang diinginkan dan dokter sesuai dengan pilihan. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga untuk mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. High blood pressure (hypertension).
Medical News Today. Diakses pada 2021. Everything you need to know about hypertension.