• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

3 Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum adalah zat lilin, berminyak yang melindungi dan melembapkan kulit. Sebum sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat. 

Namun, terlalu banyak sebum dapat menyebabkan kulit berminyak, pori-pori tersumbat, dan jerawat. Mengelola kulit berminyak seringkali mengharuskan seseorang menjadikan perawatan kulit rutin sebagai kebiasaan. Simak selengkapnya mengenai perawatan kulit untuk wajah berminyak dan berjerawat di bawah ini!

Perawatan Kulit Berminyak dan Berjerawat

Gejala kulit berminyak meliputi penampilan mengkilap atau berminyak, pori-pori sangat besar atau jelas terlihat pada kulit, kulit yang terlihat tebal atau kasar, jerawat sesekali atau intens, serta pori-pori dan komedo tersumbat.

Baca juga: Cara Tepat Lakukan Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak

Orang dengan kulit berminyak mungkin mengalami kesulitan menemukan riasan yang sesuai dengan kulitnya. Ini dikarena riasan dapat bercampur dengan sebum, sehingga memberikan konsistensi yang berbeda.

Gejala kulit berminyak dan keparahannya bervariasi antara orang-orang. Genetik sangat dapat berperan dalam bagaimana kulit menjadi berminyak. Pun, perubahan hormon atau tingkat stres tinggi juga dapat meningkatkan produksi sebum berminyak oleh tubuh.

Berikut ini perawatan kulit untuk wajah berminyak dan berjerawat yang bisa kamu aplikasikan sehari-hari:

  1. Mencuci Wajah Teratur

Mencuci secara teratur dapat mengurangi jumlah minyak pada kulit. Metode berikut disarankan untuk mencuci kulit berminyak:

  • Cuci dengan sabun lembut dan air hangat.
  • Hindari sabun dengan wewangian, pelembap tambahan, atau bahan kimia keras, yang dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit.
  • Hindari penggunaan waslap kasar, karena akan menambahkan gesekan dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak minyak.
  • Gunakan produk perawatan kulit  yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, asam beta-hidroksi, dan benzoil peroksida. Perlu diketahui kalau asam-asam ini dapat menyebabkan iritasi pada beberapa jenis kulit. Saat memulai produk baru, gunakan itu pada area kecil di kulit terlebih dahulu untuk melihat bagaimana tubuh bereaksi.
  1. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah tertentu mungkin bermanfaat untuk merawat kulit berminyak. Bahan yang disarankan untuk masker wajah adalah yang mengandung mineral. seperti smectite atau bentonite, sehingga dapat menyerap minyak dan mengurangi tingkat kemilau kulit serta sebum tanpa mengiritasi kulit. 

Gunakan hanya sesekali untuk mencegah kulit mengering, dan oleskan pelembap lembut sesudahnya. Masker madu mentah alami juga memiliki kualitas antibakteri dan antiseptik. Menggunakan masker wajah madu 10 menit dapat mengurangi jerawat dan kulit berminyak sambil menjaga kulit tetap lembut.

Baca juga: Inilah 6 Makanan yang Ampuh Cegah Kulit Berminyak

Masker yang mengandung oatmeal koloid juga dapat membantu membersihkan kulit. Oat mengandung saponin pembersih, antioksidan, dan senyawa anti-inflamasi yang lembut yang dapat menenangkan kulit yang teriritasi.

  1. Lidah Buaya

Untuk orang-orang dengan kulit yang sangat berminyak, pelembap bebas minyak dapat membantu menjaga kulit tetap lembap dan terlindungi, tanpa terasa berminyak. Cobalah gunakan bahan pelembap yang mengandung lidah buaya. 

Efek lidah buaya dapat memiliki efek menenangkan alami pada kulit. Beberapa orang memilih untuk menggunakan gel lidah buaya murni untuk melembapkan, karena ada kekhawatiran kalau  ada bahan-bahan tersembunyi, terutama alkohol yang dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit.

Punya pertanyaan lebih lanjut mengenai perawatan kulit wajah berminyak dan berjerawat, tanyakan langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. Top six home treatments for oily skin.
Very Well Health. Diakses pada 2019. Tips for Treating Acne and Oily Skin.