• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Pilihan Mainan Terbaik untuk Anjing Kesayangan

3 Pilihan Mainan Terbaik untuk Anjing Kesayangan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Anjing adalah hewan peliharaan yang sangat suka bermain. Memilih mainan anjing terbaik adalah bagian penting dari hubungan dan pola asuh antara pemilik dan anjing peliharaan. Mainan merupakan bagian penting dari kesehatan anjing. 

Setiap anjing memiliki kepribadian dan preferensi masing-masing. Jadi, wajar jika pilihan anjing terhadap mainan kesukaannya akan bervariasi. Menemukan mainan seperti apa yang diinginkan anjing mungkin memerlukan beberapa kali percobaan dan kegagalan, tapi disitulah letak serunya. Berikut ini pilihan mainan yang umumnya bisa diperkenalkan pada anjing:

Baca juga: Memelihara Hewan, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

1.Bola

Beberapa pilihan bola diantaranya bola karet, bola tenis, bola busa, dan bola squeaker. Masing-masing bola memantul dengan cara berbeda. Ada yang bisa mengapung dan glow in the dark, pasti akan menarik bagi anjing kesayangan kamu. Bola adalah mainan yang bagus untuk membuat anjing tetap aktif. 

Saat memilih bolah, pastikan ukurannya tepat untuk anjing kamu. Pastikan juga bahannya cukup tahan lama dan tidak mudah rusak saat digigit. Bola adalah mainan yang membuat kamu ikut serta bermain dengan anjing. Kegiatan bermain bola baik untuk memperkuat ikatan kamu dengan anjing kesayangan. 

2.Tug Toys atau Mainan yang Bisa Ditarik

Mainan ini berfungsi untuk merangsang insting anjing dalam mengejar, menggigit, dan menaklukkan mangsa. Mainan yang bisa ditarik ini terbuat dari tali, bahannya mudah digigit oleh anjing dan cukup kuat untuk kamu tarik bersama anjing. 

Namun, saat anjing menjadi terlalu bersemangat dan menarik mainan ini terlalu keras, maka permainan harus segera dihentikan. Hal ini bermanfaat untuk mengajari anjing bahwa kamu yang mengatur ritme permainan, bukan justru kamu yang mengikuti keinginannya.

Mainan ini juga memberikan efek membersihkan gigi anjing, tapi bukan secara langsung bisa membersihkan. Hanya saat terus-menerus digigit, maka air liur anjing akan terproduksi. Nah, pada saat ini kamu bisa mengoleskan pas gigi pada mainan untuk membersihkan gigi anjing kesayangan. 

Baca juga: Ini Alasan Hewan Kesayangan Harus Divaksin

3.Mainan yang Bisa Dikunyah atau Digigit

Meskipun hampir semua jenis mainan bisa dikunyah, tapi ada beberapa mainan yang dibuat khusus untuk dikunyah. Sebaiknya gunakan mainan tersebut untuk tujuan dikunyah. Umumnya, mainan ini terbuat dari nilon atau bahan karet keras, mainan ini juga dibuat agar tahan lama. 

Beberapa mainan yang bisa dikunyah ini ada yang bisa dimasukkan camilan ke dalamnya. Mainan ini sangat cocok untuk digunakan saat kamu ingin bersantai, karena anjing akan sibuk sendiri dengan mainannya. 

Baca juga: Ini Bahayanya Kutu pada Hewan Peliharaan

Manfaat Memberikan Mainan pada Anjing

Selain baik untuk ikatan kamu dan anjing peliharaan, ada manfaat lainnya memberikan anjing mainan, yaitu:

  • Stimulasi Mental. Anjing adalah hewan yang pintar. Memberikan hiburan atau mainan mampu merangsang mental dan menjaga kesehatan otak sehingga anjing tumbuh bahagia dan sehat. 
  • Olahraga: Olahraga harian penting agar anjing tetap sehat. Selain mengajak anjing jalan-jalan, mainan yang bisa dimainkan di rumah membantu anjing memenuhi kecerdasan latihan dan melepaskan energi sepanjang hari. 
  • Mengatasi rasa bosan: Anjing yang bosan bisa berubah jadi anjing yang merusak. Salah satu cara untuk menghindari hal itu adalah mengarahkan sebagian energi anjing dengan mainan. 

Itulah pilihan dan manfaat mainan untuk anjing peliharaan. Pastikan anjing kesayangan kamu memiliki mainan yang tepat sesuai dengan tahap pertumbuhannya. Kamu juga bisa berdiskusi pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc jika terdapat masalah terkait kesehatan anjing. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Hills Pet. Diakses pada 2020. Choosing the Best Toys for Your Dog
Petco. Diakses pada 2020. Find the Best Dog Toy: A Buying Guide