• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Tes untuk Menentukan Minat dan Bakat Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Tes untuk Menentukan Minat dan Bakat Anak

3 Tes untuk Menentukan Minat dan Bakat Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 Juli 2022

“Bakat anak perlu digali sedini mungkin agar bisa dilatih dan dikembangkan. Itu sebabnya, orangtua perlu melakukan tes tertentu menentukan minat dan bakat anak.”

3 Tes untuk Menentukan Minat dan Bakat Anak

Halodoc, Jakarta – Setiap orangtua pasti bangga jika anaknya punya bakat dalam dirinya. Namun, kenyataannya tidak semua anak menunjukan atau sekadar menyadari bakat yang dimilikinya. Karena alasan ini, anak mungkin perlu menjalani tes untuk menentukan minat dan bakatnya. 

Sebagai orangtua, penting untuk membantu menemukan bakat anak agar bisa semakin dikembangkan. Sebab, bukan tidak mungkin bakat tersebut tenggelam bila tidak terus diasah.

Tes untuk Menentukan Minat dan Bakat Anak

Sebelum melakukan tes, orangtua perlu mengenali ciri-cirinya anak berbakat pada suatu bidang. Biasanya anak akan mulai menunjukkan kesukaan dan keterampilannya sejak umur tiga tahun. Keterampilan ini biasanya semakin terlihat di usia enam tahun.

Apabila Ia tertarik dengan berbagai bidang atau justru sebaliknya, lakukan tes di bawah ini untuk menentukan minat dan bakat Si Kecil:

1. Tes IQ

Bisa dibilang, tes IQ adalah metode yang layak untuk mengukur kecerdasan umum anak. Kecerdasan di sini berarti kemampuan kognitif anak dan kecepatannya memproses informasi. Harap diingat bahwa tes ini hanya berfungsi sebagai tolok ukur dan harus digunakan bersama dengan tes lain untuk mendapatkan hasil yang akurat. 

2. Tes Bakat

Melalui tes bakat, orangtua dapat menyimpulkan kemampuan dan bakat alami. Ujian ini membantu orangtua memahami bagaimana Si Kecil mampu mengembangkan keterampilan atau bakat secara alami. Bisa dibilang, tes bakat jauh lebih penting daripada tes IQ.

Alasannya, tes bakat dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana anak dapat  mampu mengerjakan mata pelajaran, keterampilan, atau cara berpikir tertentu. Jenis tes bakat yang bisa dicoba yaitu:

  • Tes General Aptitude Test Battery (GATB). Tes ini membantu memahami bakat dan kelemahan anak. Ada 4 subtes GATB yaitu computation, three dementional space, vocabulary, dan arithmetic reasoning. Hasil tes dapat digunakan untuk mengetahui pendidikan dan pekerjaan apa yang cocok untuk anak di masa mendatang.
  • Flanagan Aptitude Classification Test (FACT).  Jenis tes yang dikembangkan untuk menentukan bakat anak melalui penyelesaian tugas-tugas tertentu. Jenis tes ini terdiri dari 14 rangkaian. Tujuannya biasanya untuk memprediksi kemampuan anak dan keunggulan mereka dalam bidang-bidang tertentu. Hasil tes bisa dijadikan pertimbangan untuk pendidikan anak.
  • Differential Aptitude Test (DAT). DAT adalah jenis tes bakat yang paling banyak digunakan. Tes ini terdiri dari 8 subtes dengan tujuan utama mengukur bakat secara spesifik. DAT juga bisa dijadikan sebagai sarana bimbingan pendidikan.

3. Melalui nilai rapor

Luangkan waktu untuk mengaudit nilai anak dalam beberapa bulan terakhir dan perhatikan komentar gurunya. Cara ini dapat memberi informasi tentang bagaimana kinerja anak  di berbagai mata pelajaran seperti Matematika, Bahasa Inggris, Sains. 

Namun, jangan menganggap nilai terlalu serius. Sebab, ada banyak hal yang memengaruhi nilai anak, seperti minat anak, kemampuan guru, dan lingkungan sekolah. 

Itulah tes untuk menentukan bakat anak yang bisa ibu coba. Jika punya pertanyaan lain seputar pola asuh anak, jangan ragu untuk menemui psikolog. Segera buat janji medis dengan psikolog di aplikasi Halodoc agar pertumbuhan Si Kecil tetap terpantau. Download  Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Univariety. Diakses pada 2022. How to Discover Your Child’s Personality, Interests and Intelligences?.
Novak Djokovic Foundation. Diakses pada 2022. How To Identify a Gifted Child and Encourage Its Talents?