• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Tips Cegah Radang Tenggorokan Pasca-lebaran

3 Tips Cegah Radang Tenggorokan Pasca-lebaran

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
3 Tips Cegah Radang Tenggorokan Pasca-lebaran

Halodoc, Jakarta – Saat bersilaturahmi di momen Lebaran, kamu akan diberikan banyak makanan dan minuman yang lezat. Kamu diperbolehkan untuk mencicipi makanan tersebut, asalkan tidak berlebihan. Jika terlalu berlebihan, makanan tertentu bisa menyebabkan gangguan kesehatan, salah satunya adalah radang tenggorokan.

Tentu saja kamu tidak ingin mengalami masalah tenggorokan kan saat masih suasana lebaran? Nah, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah radang tenggorokan, agar aktivitas tidak terganggu akibat terlalu banyak konsumsi makanan berminyak serta pedas. Ketahui cara pencegahan yang paling ampuh di sini!

Baca juga: Cara Redakan Sakit Tenggorokan yang Sering Kambuh

Tips Mengatasi Radang Tenggorokan yang Efektif

Penyebab radang tenggorokan pasca-lebaran yang sering terjadi adalah karena iritasi yang disebabkan oleh minuman dingin dan makanan yang terlalu pedas, asam, panas, atau dingin. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan sembarangan, sehingga meningkatkan risiko kontaminasi bakteri penyebab radang tenggorokan.

Jika kamu sudah terlanjur mengalami sakit radang tenggorokan pasca-lebaran, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar cepat pulih:

  • Perbanyak minum air putih.
  • Berkumur dengan air garam atau obat kumur antiseptik.
  • Mengonsumsi minuman hangat dan makanan yang lunak.
  • Istirahat yang cukup dan jangan terlalu banyak bicara.
  • Hindari kebiasaan merokok atau menghirup asap rokok.
  • Hindari minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin karena dapat menyebabkan iritasi.
  • Isap permen pelega tenggorokan atau permen biasa untuk meningkatkan produksi air liur dan mencegah tenggorokan kering.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan?

Umumnya, radang tenggorokan pasca lebaran bisa sembuh dalam waktu singkat, yaitu kurang dari satu minggu. Meski begitu, kamu tetap perlu mencegah terjadinya radang tenggorokan. Ini dilakukan agar kamu tetap fit sebelum, saat, dan setelah lebaran. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah radang tenggorokan pasca-lebaran:

  1. Rutin cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, terutama setelah menggunakan fasilitas umum dan sebelum makan agar karena gangguan ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.
  2. Bersihkan barang-barang yang sering digunakan bersama di rumah atau tempat kerja. Selain itu, ada baiknya untuk tidak berbagi makanan, minuman, dan alat makan dengan orang yang tidak dikenal atau sedang mengalami radang tenggorokan.
  3. Jauhi asap rokok, sumber alergi, atau iritasi lain yang bisa memicu radang tenggorokan, seperti debu dan serbuk sari.

Selain itu, kamu perlu memastikan untuk menjaga tubuh tetap fit dengan cara memperbanyak konsumsi air putih dan berolahraga secara rutin agar terhindar dari banyak penyakit, salah satunya radang tenggorokan. Kebiasaan baik ini diharapkan dilakukan secara rutin agar sistem imunitas mampu melawan semua penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Nah, sekarang kamu tahu apa yang harus dilakukan saat tenggorokan terasa tidak nyaman dan cara yang tepat untuk mencegah terjadinya radang tenggorokan. Jangan biarkan gangguan ini menjadi semakin parah karena dapat mengganggu aktivitas harian, terlebih saat masih suasana lebaran. Kamu pasti masih ingin nyaman bersilaturahmi dengan keluarga lainnya bukan? Jaga terus kesehatan tenggorokanmu.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Atasi Radang Tenggorokan

Lalu, jika kamu punya keluhan radang tenggorokan pasca-lebaran, gunakan aplikasi Halodoc saja untuk berdiskusi dengan dokter. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui fitur Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Understanding Sore Throat -- Prevention.
Healthline. Diakses pada 2021. 12 Natural Remedies for Sore Throat.