• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Tips Cuci Tangan untuk Cegah Hepatitis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Tips Cuci Tangan untuk Cegah Hepatitis

3 Tips Cuci Tangan untuk Cegah Hepatitis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 Juni 2022

“Hepatitis bisa dicegah dengan cuci tangan secara rutin. Mencuci tangan dengan air yang mengalir menjadi salah satu tips cuci tangan yang efektif.”

3 Tips Cuci Tangan untuk Cegah Hepatitis

Halodoc, Jakarta – Hepatitis adalah gangguan kesehatan yang menyebabkan peradangan pada hati. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus hepatitis dan menular. Penularannya dapat terjadi melalui berbagai cara, seperti mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi, menggunakan barang pribadi secara bersama dengan pengidap, hingga kurang menjaga kebersihan lingkungan dan tangan.

Pencegahan hepatitis yang efektif dengan melakukan vaksinasi hepatitis. Namun, tidak semua jenis hepatitis memiliki vaksin yang bisa digunakan sebagai langkah pencegahan. Jangan khawatir, kamu bisa menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan secara tepat sebagai langkah sederhana pencegahan hepatitis. Yuk, simak ulasannya, di sini!

Tips Cuci Tangan untuk Cegah Hepatitis

Hepatitis akut merebak di berbagai negara, salah satunya di Indonesia. Untuk mencegah penyebaran semakin meluas, pemerintah mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dengan melakukan serangkaian pencegahan. 

Seperti misalnya mengonsumsi berbagai makanan dan minuman dengan tingkat kematangan yang optimal, menggunakan alat makan yang bersih, menggunakan masker, menjaga jarak dengan pengidap hepatitis, hingga rutin mencuci tangan.

Namun, sebaiknya jangan asal dalam melakukan proses cuci tangan agar manfaatnya bisa kamu rasakan bagi kesehatan. Berikut ini beberapa tips cuci tangan untuk cegah hepatitis yang bisa kamu lakukan setiap hari:

Ketahui Waktu yang Tepat untuk Mencuci Tangan

Untuk mencegah penyebaran dan penularan penyakit hepatitis, sebaiknya ketahui waktu yang tepat untuk mencuci tangan. Segera cuci tangan saat kamu sedang menyiapkan makanan, setelah mengobati luka, setelah menyentuh barang-barang yang banyak dipegang orang, atau sebelum menggunakan lensa kontak.

Selain itu, pastikan kamu selalu mencuci tangan setelah menggunakan toilet, menyentuh binatang, membersihkan hidung, dan membersihkan sampah. Itulah waktu yang tepat untuk cuci tangan agar terhindar dari paparan virus maupun bakteri.

Ketahui Cara Mencuci Tangan yang Tepat

Tentunya mencuci tangan yang paling baik adalah menggunakan air mengalir dan sabun. Pertama, bersihkan tangan di bawah air mengalir. Setelah tangan dipastikan bersih dari kotoran yang terlihat, gunakan sabun yang cukup dan gosok tangan secara perlahan. 

Gosok tangan mulai dari bagian punggung, telapak, jari-jari, kuku, hingga pergelangan tangan. Bersihkan tangan dibawah air mengalir, kemudian setelah bersih pastikan untuk mengeringkan tangan dengan baik.

Gunakan Hand Sanitizer Jika Tidak Tersedia Air Mengalir

Mencuci tangan menggunakan air yang mengalir dan sabun adalah tindakan pencegahan yang sangat efektif untk mencegah berbagai penyakit. Namun, jika kamu tidak menemukan air yang mengalir, kamu disarankan untuk mencuci tangan menggunakan hand sanitizer yang mengandung 60 persen alkohol.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat terkait penggunaan hand sanitizer. Produk ini hanya boleh digunakan saat tangan tidak berminyak dan tidak ada kotoran yang menumpuk pada tangan. Hand sanitizer juga tidak dapat menghilangkan berbagai bahan kimia yang menempel pada tangan.

Untuk menggunakan hand sanitizer, letakkan cairan hand sanitizer pada telapak tangan. Kemudian, gosok secara perlahan mulai dari punggung, jari-jari, hingga bagian kuku tangan. Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga hand sanitizer kering.

Itulah beberapa tips cuci tangan yang bisa kamu lakukan untuk cegah penyakit hepatitis. Segera lakukan pemeriksaan kesehatan jika kamu mengalami berbagai gejala yang terkait dengan hepatitis, seperti merasa kelelahan terus menerus, perut nyeri, urine yang berwarna gelap, hingga feses berwarna pucat.

Cari tahu rumah sakit terdekat yang bisa kamu kunjungi untuk pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Sehat Negeriku. Diakses pada 2022. Upaya Kemenkes Antisipasi Penyebaran Hepatitis Akut di Indonesia.
NHS. Diakses pada 2022. How to Wash Your Hand.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. When and How to Wash Your Hands.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Hand-washing: Do’s and Don’ts.