• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Tips Duduk Nyaman Buat Pengidap Ambeien

3 Tips Duduk Nyaman Buat Pengidap Ambeien

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
3 Tips Duduk Nyaman Buat Pengidap Ambeien

Halodoc, Jakarta – Ambeien atau wasir adalah penyakit yang sangat menyiksa. Bagaimana tidak, ambeien menimbulkan benjolan yang sensitif dan terasa nyeri di dekat anus, sehingga membuat pengidapnya jadi serba salah saat mau duduk. 

Selain bikin enggak nyaman, duduk terlalu lama juga bisa memperparah kondisi ambeien. Lantas, bagaimana supaya kamu tetap bisa duduk dengan nyaman saat mengalami ambeien? Informasi selengkapnya, baca di sini! 

Duduk Terlalu Lama Bisa Sebabkan Ambeien

Ambeien atau wasir adalah kondisi saat pembuluh darah yang ada di sekitar anus atau rektum (bagian akhir dari usus besar yang terletak sebelum anus) membengkak dan meradang. Penyebabnya bisa karena genetik ataupun pola hidup. Tekanan dalam pembuluh darah di dalam dan di sekitar anus bisa memicu terjadinya ambeien. 

Salah satu kebiasaan tidak sehat yang dapat memicu terjadinya ambeien adalah sering duduk terlalu lama. Misalnya, saat kamu menonton film atau seharian duduk di depan komputer saat bekerja. 

Baca juga: Ketahui Penyebab Ibu Hamil Mengalami Wasir

Duduk terlalu lama dan tidak aktif bergerak dapat membuat berat badan meningkat. Peningkatan berat badan dapat meningkatkan risiko terjadinya ambeien. Terkait dengan duduk, duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan kamu mengalami sembelit. Akibatnya, kamu pun harus menghabiskan lebih banyak waktu di toilet. Sembelit juga membuat kamu harus mengejan dengan keras dan lama saat buang air besar. 

Nah, hal inilah yang bisa menyebabkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus meningkat. Akibatnya, pembuluh darah akan terisi oleh banyak darah yang akhirnya menekan dinding pembuluh darah, hingga semakin membesar.

Benjolan yang berisi darah dan pembengkakan di sekitar anus bisa menimbulkan rasa nyeri saat duduk. Posisi duduk bisa berpengaruh terhadap kondisi ambeien. Jika kamu salah posisi duduk, ambeien bisa terasa semakin sakit. 

Sebaliknya, bila kamu duduk dengan posisi yang benar, rasa nyeri akibat ambeien pun tidak terlalu terasa, sehingga kamu bisa duduk lebih nyaman. Seperti apa posisi duduk yang nyaman bagi pengidap ambeien?

1. Duduk di Atas Permukaan yang Lembut

Saat mengalami ambeien, sebaiknya kamu duduk di atas permukaan yang lembut, seperti bantal yang empuk. Pasalnya, saat kamu duduk di permukaan yang keras, hal ini akan menekan otot-otot gluteal bokong, sehingga menyebabkan otot-otot ini meregang dan akhirnya pembuluh darah semakin membengkak.

2. Ubah Posisi Duduk Saat di Toilet

Saat ambeien, kamu juga perlu mengubah posisi duduk kamu di toilet. Saat duduk di toilet, angkatlah kaki kamu di atas bangku kecil. Dengan memposisikan lutut lebih tinggi dari pinggul, kamu mengubah sudut rektum dan mempermudah feses untuk bisa keluar dari tubuh.

Baca juga: Gejala dari Penyakit Wasir yang Sering Diabaikan

3. Hindari Duduk di Toilet Terlalu Lama

Kamu juga sebaiknya jangan duduk di toilet terlalu lama bila mengalami sembelit. Sebaliknya, kamu perlu bangun dan bergerak atau berjalan-jalan sebentar saat sedang sembelit, untuk membantu merangsang usus.

Untuk mengatasi ambeien yang mengganggu, kamu juga bisa meminum obat ambeien. Nah, beli obatnya di aplikasi Halodoc saja. Kalau kamu mau konsultasi masalah ambeien ke dokter juga bisa lewat Halodoc, ya!

Baca juga: Benarkah Rutin Makan Pepaya Bisa Menyembuhkan Wasir?

Ambeien adalah kondisi yang tidak boleh dianggap enteng, apalagi bila tidak diiringi dengan gaya hidup sehat. Perlu diketahui, jika tidak diobati dan ditangani, ambeien bisa menyebabkan masalah iritasi kulit pada anus, anemia karena kehilangan terlalu banyak darah, serta infeksi. Otot rektum juga dapat memblokir aliran darah ke pembuluh darah yang membengkak. Apabila ini terjadi, rasanya bisa sangat menyakitkan dan membutuhkan pembedahan.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Hemorrhoids.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2021. Hemorrhoids and what to do about them.