• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Tips Merawat Kuku yang Kuning Setelah Menggunakan Kutek

3 Tips Merawat Kuku yang Kuning Setelah Menggunakan Kutek

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu sering mengalami kulit menjadi berwarna kuning setelah menggunakan kutek? Tentu kamu sangat jengkel bukan saat melihatnya? Memang, kutek atau cat kuku dapat membuat jari-jari kamu terlihat lebih cantik. Namun, efek buruk yang dapat terjadi setelah menggunakan pewarna tersebut bukan tidak ada. Kuku menjadi kuning adalah dampak buruk yang paling umum terjadi.

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat kuku agar tidak menjadi kuning setelah menggunakan kutek. Dengan begitu, kuku kamu senantiasa terlihat tetap bersih. Jangan sampai kuku kuning mengganggu penampilan kamu saat bertemu dengan seseorang yang spesial. Berikut beberapa cara merawat kuku agar tidak menjadi kuning setelah menggunakan kutek!

Baca juga: Kuku Berwarna Kuning, Ada Risiko Sakit Apa?

Cara Merawat Kuku Agar Tidak Berwarna Kuning

Bukan hal yang mengherankan lagi jika cat kuku atau kutek yang kamu gunakan dapat menyebabkan kuku menjadi kuning. Hal tersebut terjadi karena cat yang diaplikasikan berwarna lebih gelap dan dapat merusak kuku serta meninggalkan sisa pewarna. Dampak buruk tersebut disebabkan oleh reaksi kimia antara pewarna dengan kuku bagian luar. Meski begitu, kuku yang menguning tidak terjadi pada semua orang dan pasti terjadi setiap menggunakan kutek.

Selain itu, kuku kuning juga disebabkan oleh kandungan formaldehida. Kandungan tersebut merupakan bahan pemoles yang memang umum digunakan dan dapat menyebabkan masalah pada kuku. Bahan kimia tersebut dapat bereaksi dengan protein keratin di kuku dan membuatnya menjadi rapuh serta kuning. Ternyata, masalah kuku tersebut dapat terjadi dalam hitungan hari hingga minggu lamanya.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk merawat kuku agar tidak menjadi kuning? Berikut ini beberapa cara mudah untuk mengatasinya:

1. Penghapus Cat Kuku

Cara pertama untuk merawat kuku agar tidak kuning adalah dengan menggunakan penghapus cat kuku. Pertama-tama, gunakan bola kapas yang dibasahi dengan penghapus cat kuku agar semua kutek yang menempel dapat hilang. Pastikan untuk menggosok semua kuku sehingga cat yang menempel benar-benar hilang. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan lapisan dasar bening agar bagian luar kuku tetap terlindungi dari noda.

Baca juga: Kondisi Kesehatan Dilihat dari Kuku

2. Menggosok Lemon ke Kuku

Kamu juga dapat merawat kuku sehingga tetap putih bersih dengan cara menggosokkan lemon ke bagian yang menguning. Awalnya, kamu harus memotong lemon menjadi dua dan gosokkan ke bagian kuku yang menempel noda. Gosok buah tersebut selama 30 detik hingga satu menit, lalu biarkan selama beberapa menit dan tunggu hingga kering. Lemon dapat mencerahkan kuku kamu sehingga warna kuning dapat dihilangkan.

3. Menggunakan Soda Kue

Agar kuku tetap terawat dan terhindar dari noda kuning, kamu bisa menggunakan soda kue. Kandungan yang terdapat pada soda kue dapat menjadi pemutih yang alami agar dapat mengembalikan warna asli kuku. Kamu hanya perlu mencampurnya dengan air dan aplikasikan pada kuku yang terlihat sudah menguning. Tunggu selama minimal 30 menit dan pastikan untuk membilasnya hingga bersih. Cobalah untuk melakukannya beberapa kali agar hasilnya maksimal.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat kuku agar terhindari dari noda kuning. Dengan menerapkan hal tersebut, kamu bisa memastikan jika kuku terlihat cantik meski sering mengenakan cat kuku atau kutek. Semua hal tersebut adalah cara yang alami sehingga dampak buruk yang dapat terjadi sangat minimal.

Baca juga: 6 Merawat Kuku yang Simpel dan Gampang Diaplikasikan

Selain itu, jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait cara merawat kulit agar tidak menimbulkan noda setelah mengenakan kutek, dokter dari Halodoc siap membantu untuk menjawabnya. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan!

Referensi:

Wiki How. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Yellow Nails.
Self. Diakses pada 2020. Why Does Nail Polish Turn Nails Yellow?