3 Tips Mesra dengan Pasangan, Meski Bertahun-tahun Menikah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
3 Tips Mesra dengan Pasangan, Meski Bertahun-tahun Menikah

Halodoc, Jakarta – Rasa jenuh menjadi tantangan yang bisa muncul setelah menikah dan menghabiskan waktu hingga bertahun-tahun bersama pasangan. Agar hubungan pernikahan yang dijalani tetap mesra dan romantis, kamu dan pasangan perlu untuk melawan perasaan tersebut. Bagaimana cara untuk tetap mesra dan langgeng dengan pasangan? 

Memutuskan untuk menikah dan hidup dengan seseorang dalam waktu yang lama merupakan hal yang besar dalam hidup. Namun, di tengah perjalanan cinta tersebut, sangat mungkin rasa bosan muncul dan melunturkan kemesraan yang selama ini ada. Pada awalnya, pernikahan yang didasari rasa cinta akan terasa sangat menyenangkan dan penuh kasih sayang. Meski pertengkaran dan perbedaan pendapat adalah hal yang wajar dalam rumah tangga, hal ini tetap harus diwaspadai. Salah satu cara agar rumah tangga langgeng adalah terus menjaga kemesraan dengan pasangan. 

Baca juga: Menikah Baik untuk Kesehatan Jantung, Kok Bisa?

Hal yang Bisa Dilakukan Agar Tetap Mesra 

Masalah dalam rumah tangga dan hubungan adalah satu hal yang wajar dan hampir pasti ada. Ada yang menyebut bahwa lima tahun pertama pernikahan adalah masa-sama paling berat dan sulit untuk dilalui, termasuk karena banyaknya terpaan masalah. Kunci agar pernikahan langgeng adalah dengan selalu menjaga kemesraan dan suasana harmonis dengan pasangan. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar hubungan tetap mesra, di antaranya: 

1. Hindari Pertanyaan Tak Perlu 

Sangat wajar jika kamu dan pasangan ingin saling terbuka dan mengenal satu sama lain. Salah satu caranya adalah dengan bertanya, terutama seputar hal-hal yang tidak diketahui sebelumnya. Namun hati-hati, ternyata ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya tidak kamu sampaikan jika ingin tetap mesra dengan pasangan. Contoh pertanyaan yang bisa merusakan keharmonisan adalah “Mana yang lebih penting antara saya atau ibumu?” atau pertanyaan soal kapan pasangan akan berubah. Alih-alih merusak suasana dengan pertanyaan tersebut, cobalah untuk selalu bercerita dan bertukar pikiran dengan Si Dia saat ada waktu luang. 

Baca juga: 5 Tips Agar Pernikahan Langgeng

Nyatanya, dalam hidup ini tidak semua hal perlu dipertanyakan dan tidak semua pertanyaan membutuhkan jawaban. Ada beberapa jenis pertanyaan yang sebenarnya sepele, tetapi bersifat sensitif dan sebaiknya dihindari agar pernikahan lebih langgeng. 

2. Melakukan Hal Baru 

Agar pernikahan yang sudah lama selalu terasa sangat, sempatkanlah untuk selalu menghabiskan waktu berdua dengan pasangan dengan melakukan hal-hal baru. Menghabiskan waktu bersama pasangan bisa dimanfaatkan dengan melakukan hal-hal menyenangkan yang menjadi favorit. Nyatanya, memiliki jadwal rutin untuk melakukan aktivitas berdua bisa membantu menjaga hubungan tetap hangat dan mesra. 

Kamu dan pasangan juga bisa mencoba untuk melakukan hal-hal di luar kebiasaan, setidaknya satu kali dalam hidup. Selain membuat hubungan menjadi lebih “segar”, melakukan hal baru bersama pasangan juga bisa meningkatkan kekompakan dan membuat kamu dan Si Dia lebih mengenal satu sama lain. 

3. Olahraga Bersama 

Kamu bisa menjaga keharmonisan rumah tangga dengan rutin olahraga bersama pasangan. Berolahraga sudah terbukti sangat bermanfaatkan dan dibutuhkan agar tubuh tetap bugar. Cobalah untuk mengikuti kelas olahraga tertentu dengan pasangan. Tak hanya membuat sehat, berolahraga dengan pasangan juga bisa membuat aktivitas tersebut terasa lebih menyenangkan

Baca juga: Mitos atau Fakta, Pelukan Bisa Bikin Lebih Sehat

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan tips menjaga kesehatan dan rekomendasi beli obat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc segera di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Marriage.com. Diakses pada 2019. 8 Common Problems in Married Life.
Psychology Today. Diakses pada 2019. Marriage Problems? Here's an 8-Step Rescue Plan.