• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Trik Mengajarkan Anak Membaca Melalui Permainan

3 Trik Mengajarkan Anak Membaca Melalui Permainan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
3 Trik Mengajarkan Anak Membaca Melalui Permainan

Halodoc, Jakarta - Agar kemampuan anak dapat berjalan sesuai dengan tumbuh kembang, orangtua perlu mendukung dan mengajarkan anak sesuai dengan usianya. Salah satu kemampuan yang perlu dilatih adalah membaca. Umumnya, usia 4–5 tahun adalah waktu anak untuk mengenal dan mengucapkan kata-kata sederhana dan juga mengembangkan kosakata yang dimilikinya.

Baca juga: Usia Berapa Anak Sebaiknya Mulai Belajar Membaca?

Banyak manfaat yang akan dirasakan ketika anak rutin melakukan kegiatan membaca. Selain kemampuan berbahasanya akan meningkat, membaca menjadi salah satu kegiatan yang bisa menstimulasi imajinasi anak. Bahkan, membaca dinilai efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan membuat kesehatan otak menjadi lebih optimal.

Nah, agar anak tidak cepat bosan dengan rutinitas membaca, sebaiknya lakukan beberapa trik sederhana dalam mengajarkan anak membaca melalui permainan. Dengan begitu, anak akan semakin tertarik untuk belajar membaca!

Tahapan Membaca pada Anak

Membaca merupakan salah satu kemampuan yang bisa didapatkan dari berlatih terus-menerus. Membaca juga menjadi salah satu tahap tumbuh kembang anak yang perlu diperhatikan oleh orangtua.

Kemampuan dasar membaca akan berkembang sejak anak berusia 1 tahun. Pada usia ini biasanya anak sudah mulai mengenal dan merespon sebuah gambar. Usia 1–3 tahun anak sudah dapat menjawab pertanyaan, membaca buku sendiri, mendengarkan cerita yang lebih panjang, hingga mengenal huruf.

Kemampuan ini akan berkembang seiring usia anak hingga anak mencapai usia 6–10 tahun, di mana anak sudah bisa membaca kalimat sederhana dan memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik. Meskipun begitu, perkembangan anak akan berbeda satu dengan yang lain, tidak ada salahnya konsultasikan pada dokter anak di rumah sakit terdekat, ketika anak mengalami tanda keterlambatan dalam membaca maupun berbicara.

Untuk menurunkan risiko ini, ibu bisa mengajarkan anak membaca dengan cara yang menyenangkan. Memilih permainan yang tepat bisa menjadi trik mengajarkan membaca bagi anak.

Baca juga: Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Mengajarkan Anak Belajar Membaca

Membaca Melalui Permainan

Sebaiknya ajarkan anak membaca dengan cara yang menyenangkan. Hal ini akan membuat anak lebih semangat dalam mengenal bahasa baru dan tidak cepat bosan. Salah satu cara yang bisa ibu lakukan adalah ajarkan anak membaca melalui permainan.

Ada beberapa permainan yang bisa ibu lakukan bersama anak untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca. Berikut ini permainan yang bisa ibu coba di rumah:

1.Kartu Bergambar

Ibu bisa siapkan kartu bergambar untuk mengajarkan anak membaca. Selain gambar yang menarik, pilihlah kartu dengan alfabet atau kata sederhana di dalamnya. Hal ini bisa menjadi hal yang menarik bagi anak. Saat bermain, ibu bisa mengenalkan huruf dan juga membaca pada anak.

2.Buku Cerita Bergambar

Ibu juga bisa menyiapkan buku cerita yang menarik bagi anak. Pilihlah yang bergambar dan warna-warni. Dengan begitu, anak akan tertarik untuk membuka buku. 

Permainan ini bisa dimulai dengan ibu membaca satu kata sederhana dalam buku, kemudian ibu bisa meminta anak bergantian membacakan kata sederhana lainnya yang ada di dalam buku. Seiring bertambahnya usia anak, ibu bisa menambah banyaknya kata yang dibaca.

3.Huruf Tempel

Ibu bisa membuat huruf-huruf yang bisa ditempel pada papan tulis atau karton. Kemudian, minta anak menyusun sebuah kata tentang hal yang mereka sukai. Ajarkan perlahan dengan cara yang menyenangkan.

Ibu juga bisa membawa mainan kesayangan anak. Mintalah anak untuk menuliskan warna-warna yang terdapat dalam mainan kesayangannya menggunakan huruf tempel. 

Baca juga: Manfaat Baca Buku untuk Tumbuh Kembang Anak

Selalu dampingi anak saat anak mengalami kesulitan mengenal huruf atau membaca. Dengan begitu, anak akan merasa dihargai dan tidak mudah putus asa. Membaca tentunya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan jika anak melakukannya dalam kondisi sehat. 

Sebaiknya ibu selalu perhatikan kondisi kesehatan anak di rumah. Jika tiba-tiba anak mengalami gangguan kesehatan, tidak ada salahnya segera hubungi dokter anak melalui aplikasi Halodoc dan ketahui cara penanganan awal yang tepat di rumah. 

Referensi:
Nemours. Diakses pada 2021. Reading Milestones.
Reading Rockets. Diakses pada 2021. 25 Activities for Reading and Writing Fun.
Mom Junction. Diakses pada 2021. 10 Interesting and Fun Reading Activities for Kids.
Very Well Family. Diakses pada 2021. 9 Activities to Encourage Pre-Reading and Early Literacy.