• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Warna Sperma yang Sehat dan Artinya bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Warna Sperma yang Sehat dan Artinya bagi Kesehatan

3 Warna Sperma yang Sehat dan Artinya bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 01 Desember 2022

“Warna sperma bisa menandakan kesehatan reproduksi seorang pria. Warna sperma yang sehat biasanya bening, putih, atau sedikit keabuan.”

3 Warna Sperma yang Sehat dan Artinya bagi Kesehatan3 Warna Sperma yang Sehat dan Artinya bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Sperma merupakan sel-sel kecil yang bertanggung jawab atas proses reproduksi pria. Seorang pria mampu memproduksi berjuta-juta sel sperma setiap harinya, tetapi sel telur hanya membutuhkan satu sel sperma untuk proses pembuahan. 

Normalnya, sperma tidak dapat dilihat secara langsung secara kasat mata. Saat sperma keluar melalui proses ejakulasi, sel ini akan keluar bersama dengan air mani. Untuk itu, pastikan kamu mengetahui warna sperma yang sehat, khususnya yang telah bercampur dengan air mani  agar kamu bisa mengetahui tingkat kesehatan organ reproduksi. 

Ketahui Warna Sperma yang Sehat

Sel sperma yang sehat sangat diperlukan jika kamu dan pasangan merencanakan kehamilan. Sperma adalah sel atau gamet pada bagian reproduksi pria. Saat sel sperma bertemu dengan sel telur, kedua sel ini bisa mengalami proses pembuahan yang kelak akan menghasilkan embrio.

Namun, benarkah seseorang bisa memastikan kesehatan sel sperma dari warnanya? Saat proses ejakulasi, sel sperma tidak keluar sendiri. Sel sperma keluar bersama dengan air mani. Cairan ini merupakan kombinasi antara sel sperma yang telah matang dan cairan dari prostat.

Tanpa bantuan air mani, sel sperma tidak dapat keluar dari tubuh pria dan melakukan proses pembuahan. Namun perlu diingat, sperma adalah bagian dari air mani, tetapi air mani bukan bagian dari sperma.

Warna air mani inilah yang bisa kamu perhatikan untuk memastikan kondisi kesehatan reproduksi seorang pria. Air mani yang sehat dan tidak perlu kamu khawatirkan biasanya memiliki warna:

  • Bening.
  • Putih.
  • Keabuan.

Ketiga warna air mani atau sperma tersebut menandakan bahwa sel sperma atau air mani dalam kondisi yang sehat. Secara umum, cairan yang keluar dengan ketiga warna tersebut memiliki tekstur yang kental karena mengandung sel sperma dalam jumlah yang banyak.

Beberapa pria juga kerap memiliki ketiga warna tersebut dengan tekstur yang lebih cair. Kondisi ini biasanya terjadi akibat kekurangan zinc dalam tubuh.

Waspada Warna Sperma yang Berbeda

Bukan hanya warna sperma yang sehat, sebaiknya kamu juga perlu tahu warna sperma yang menandakan adanya gangguan kesehatan pada sistem reproduksi pria. Berikut arti dari warna sperma:

1. Kuning atau Kehijauan

Air mani yang berwarna kuning atau kehijauan menandakan adanya urine di dalamnya. Kondisi ini bisa menandakan adanya infeksi saluran kemih, hiperplasia prostat jinak, hingga infeksi prostat.

Selain itu, air mani yang berwarna kuning atau kehijauan juga bisa menandakan adanya penyakit kuning. Segera lakukan pemeriksaan kesehatan jika kamu mengalami gejala lain dari penyakit kuning, seperti mata dan kulit yang menjadi kuning, demam, menggigil, hingga nyeri perut.

2. Merah Muda, Cokelat, Merah, hingga Oranye

Warna merah muda atau merah terkait langsung dengan munculnya darah pada air mani. Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya tindakan biopsi pada prostat hingga tekanan darah tinggi.

3. Hitam

Air mani yang hitam bisa terjadi akibat perdarahan hebat. Selain itu, kadar logam berat dalam tubuh juga bisa menyebabkan air mani berwarna gelap. 

Kamu bisa langsung tanyakan pada dokter jika mengalami gangguan kesehatan yang terlihat dari kondisi air mani. Pemeriksaan secara langsung juga bisa membuat pengobatan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Yellow, Clear, Brown, and More: What Does Each Semen Color Mean?
Healthline. Diakses pada 2022. What’s the Difference Between Semen and Sperm? And 12 Other FAQs.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Why Does Semen Color Change and What Does it Mean?
Smarter Health. Diakses pada 2022. The 7 Colors of Sperm and How They Affect Male Fertility.