• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Alasan Maternity Belt Benar Bisa Bantu Bumil

4 Alasan Maternity Belt Benar Bisa Bantu Bumil

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Perut yang semakin membesar seiring bertambahnya usia kehamilan membuat ibu jadi mudah lelah dan bisa mengalami nyeri punggung. Untungnya, saat ini sudah ada maternity belt yang bisa membantu menopang perut ibu, sehingga ibu bisa melakukan aktivitas dengan lebih nyaman.

Maternity belt adalah korset atau sabuk yang digunakan sebagai penyangga perut dan punggung bawah saat hamil. Alat ini sangat membantu terutama pada trimester kedua dan ketiga, ketika perut ibu semakin membesar. Namun, menggunakan maternity belt saat hamil bukanlah suatu keharusan. Penting atau tidaknya alat ini tergantung pada kondisi kehamilan ibu. Bagi ibu yang sering merasa sakit punggung atau memiliki peranakan yang lemah, maternity belt bisa sangat membantu ibu selama masa kehamilan. Yuk, ketahui manfaat maternity belt dan tips aman menggunakannya berikut ini:

  1. Mengurangi Rasa Nyeri

Berat badan yang naik dan perut yang semakin membesar bisa membuat punggung dan sendi ibu terasa nyeri. Ibu hamil pun jadi tidak nyaman melakukan aktivitasnya  sehari-hari. Korset khusus ibu hamil ini bermanfaat untuk membantu ibu menopang beban perut, sehingga ibu dapat merasa lebih ringan dan nyaman saat beraktivitas dan rasa nyeri pun dapat berkurang.  

  1. Menopang Perut

Saat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, maternity belt dapat membantu menyangga rahim dan mengurangi ketidaknyamanan akibat gerakan yang berlebihan. Tapi ibu juga harus tetap berhati-hati, karena mengenakan maternity belt yang sifatnya menekan perut dalam jangka waktu yang lama bisa mengganggu sirkulasi dan berpengaruh buruk terhadap tekanan darah. Jadi, sebaiknya gunakan maternity belt saat diperlukan saja.

  1. Membentuk Postur Tubuh yang Baik

Jika selama ini, ibu sering duduk atau berjalan dengan postur tubuh yang membungkuk, mengenakan korset kehamilan bisa membantu memperbaiki postur tubuh ibu. Berfungsi sebagai penyangga perut dan punggung bawah, maternity belt dapat mendorong postur tubuh yang benar dan mencegah ketegangan punggung bawah.

  1. Berguna Sebagai Penyangga Perut Pasca Kehamilan

Tidak hanya bermanfaat selama kehamilan, menggunakan maternity belt setelah melahirkan pun dapat memberikan manfaat baik, antara lain membantu menekan rahim dan perut agar kembali ke bentuk aslinya, menekan sayatan setelah operasi Caesar, juga memperkuat otot-otot perut, meluruskan tulang belakang, dan mengurangi pembengkakan rahim.

Agar penggunaan maternity belt tidak mengganggu kehamilan dan agar ibu dapat merasakan manfaat optimalnya, perhatikan tips-tips berikut:

  • Hindari mengenakan korset kehamilan lebih dari dua sampai tiga jam agar tidak membuat ketergantungan.
  • Agar otot-otot panggul ibu tetap kuat, baik selama kehamilan maupun setelah melahirkan, lakukanlah olahraga ringan disertai dengan menggunakan maternity belt.
  • Bicarakan terlebih dahulu kepada dokter kandungan sebelum memutuskan menggunakan korset kehamilan, karena wanita dengan sirkulasi darah yang tidak lancar atau memiliki tekanan darah yang  tidak normal, mungkin disarankan untuk tidak menggunakan korset kehamilan.
  • Maternity belt hanya bisa memberikan rasa nyaman sementara. Jadi, jika ibu mengalami rasa nyeri yang berkelanjutan selama hamil maupun setelahnya, segera bicarakan kepada dokter atau lakukan terapi fisik.
  • Untuk penggunaan setelah melahirkan, ibu dianjurkan menggunakan maternity belt selama 8-9 minggu atau sesuai anjuran dokter.

Ibu hamil bisa membicarakan masalah kesehatan yang dialaminya selama kehamilan melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/ Voice Call dan Chat, ibu bisa berdiskusi dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Kini juga sudah ada fitur Lab Service yang akan memudahkan ibu melakukan beberapa macam tes kesehatan. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesanan ibu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.