• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Alasan Pentingnya Mengajak Anak ke Perpustakaan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Alasan Pentingnya Mengajak Anak ke Perpustakaan

4 Alasan Pentingnya Mengajak Anak ke Perpustakaan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Mei 2022

“Ada beberapa alasan menarik mengapa mengajak anak ke perpustakaan adalah hal yang penting. Salah satunya adalah menumbuhkan kegemaran membaca sehingga ini mampu meningkatkan kemampuan otak anak.”

4 Alasan Pentingnya Mengajak Anak ke Perpustakaan

Halodoc, Jakarta – Tahukah ibu kalau tanggal 17 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional RI? Peringatan tersebut dibentuk berdasarkan hari jadi Perpustakaan Nasional hasil keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sejak 1980 silam. Sebagai aktor utama dalam penggerak perubahan, tentunya perpustakaan berperan penting dalam meningkatkan penguasaan literasi masyarakat. 

Namun, peran orang tua dalam mewujudkan hal tersebut juga tidak kalah pentingnya. Hal ini lantaran di Indonesia, minat membaca dianggap masih rendah yang dapat berpengaruh besar pada kualitas wawasan generasi muda. 

Oleh karena itu, anak-anak sebaiknya dibiasakan untuk mengunjungi perpustakaan sedari dini. Sebab, ada beberapa alasan mengapa mengajak anak ke perpustakaan itu penting. Penasaran apa saja? Yuk, ketahui alasannya di sini!

Alasan Pentingnya Mengajak Anak ke Perpustakaan

Berikut adalah beberapa alasan yang perlu ibu ketahui terkait pentingnya mengajak anak ke perpustakaan, antara lain:

1. Meningkatkan Kemampuan Otak Anak

Penelitian menunjukkan bahwa membaca sebenarnya dapat membantu perkembangan otak, terutama dalam lima tahun pertama kehidupan anak. Pasalnya, ketika anak-anak dibacakan sesuatu, sel-sel otak mereka akan menjadi semakin aktif.

Menariknya lagi, hal ini juga dapat membentuk koneksi sel-sel baru pada otak, sekaligus memperkuat yang sudah terbentuk sebelumnya. Di sisi lain, membaca juga dapat meningkatkan keterampilan komunikasi, yakni bahasa dan literasi dasar.

2. Mengajarkan Anak Tanggung Jawab Baru

Perpustakaan memiliki berbagai tata tertib yang perlu dipatuhi oleh para pengunjungnya. Salah satunya ialah larangan untuk berisik atau membuat kegaduhan. Hal ini tentunya dapat meningkatkan rasa tanggung jawab anak untuk senantiasa menaati peraturan yang berlaku. Selain itu, anak yang meminjam buku di perpustakaan tentunya dapat belajar akan tanggung jawab baru dalam menjaga barang milik orang lain.

3. Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Anak

Di lantai tujuh Perpustakaan Nasional RI terdapat Ruang Layanan Anak. Di sana, anak-anak tentunya dapat membaca koleksi buku anak, sembari berinteraksi dengan teman-teman seumuran.Mengajak anak ke perpustakaan agar dirinya membaca khusus di ruang koleksi anak merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak. 

Selain itu, koleksi buku anak di Ruang Layanan Anak tentunya cukup lengkap. Mulai dari buku bertema agama, cerita bergambar, hingga ensiklopedia yang juga dilengkapi gambar khas buku anak-anak.

4. Meningkatkan Kemampuan Berimajinasi Anak

Membaca buku juga dapat meningkatkan kemampuan anak untuk berimajinasi. Terutama karakter, tempat, gambaran benda, dan aspek lainnya dari cerita atau buku yang ia baca. Tak hanya itu, anak juga diharapkan dapat berimajinasi untuk memahami perasaan karakter di cerita yang ia baca. Hal ini tentunya dapat berdampak positif pada perkembangan sosial dan kreativitas dalam diri anak ketika beranjak dewasa.

Itulah beberapa alasan terkait pentingnya mengajak anak ke perpustakaan. Mulai dari meningkatkan kemampuan otak, mengajarkan anak tanggung jawab baru, hingga meningkatkan kemampuan berimajinasi anak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk sesekali mengajak anak ke perpustakaan. Sebab, selain tidak dipungut biaya, mengunjungi perpustakaan juga tentunya dapat memberikan rekreasi edukatif sekaligus mendukung tumbuh kembang anak.

Jika ibu masih memiliki pertanyaan seputar kegiatan positif apa saja yang dapat mendukung tumbuh kembang anak, hubungilah dokter spesialis anak. Nah, melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa tanya dokter spesialis anak untuk informasi medis yang ibu butuhkan. Ibu bisa menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 

Babyology. Diakses pada 2022. 7 reasons to take your young child to the library.
Huffpost. Diakses pada 2022. 5 Good Reasons to Take Your Kids to the Library Today. 
Kompas. Diakses pada 2022. Ruang Baca Khusus Anak di Perpustakaan Nasional RI yang Bikin Betah. 
Suara Pemerintah. Diakses pada 2022. Hari Perpustakaan, Memahami Pentingnya Mengajak Anak-anak Membaca.