• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Bahan Alami Sebagai Obat untuk Gejala Hemoroid
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Bahan Alami Sebagai Obat untuk Gejala Hemoroid

4 Bahan Alami Sebagai Obat untuk Gejala Hemoroid

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Desember 2021
4 Bahan Alami Sebagai Obat untuk Gejala Hemoroid

“Selain menggunakan obat yang dimasukan ke dalam anus, gejala hemoroid atau wasir ternyata mampu diredakan dengan perawatan sederhana menggunakan bahan alami. Beberapa bahan-bahan ini bahkan mudah kamu temukan di rumah dan sangat praktis.”

Halodoc, Jakarta – Mengidap hemoroid atau wasir tentu membuat kamu tidak nyaman, apalagi saat duduk dan telentang. Wasir terbentuk ketika pembuluh darah di anus dan rektum membengkak sehingga menyebabkan rasa sakit, gatal, hingga pendarahan. Ada dua jenis hemoroid, yaitu internal dan eksternal. Hemoroid internal terbentuk di anus bagian dalam dan eksternal terbentuk di anus bagian luar.

Nah, hemoroid internal jarang terlihat dan tidak terasa, sementara itu hemoroid eksternal biasanya mudah terdeteksi dan gampang menimbulkan rasa sakit. Sebenarnya, wasir yang cukup ringan dapat hilang sendirinya dalam beberapa minggu. Meski begitu, wasir tetap saja bisa menimbulkan ketidaknyamanan sehingga kamu perlu melakukan perawatan tertentu untuk mengurangi gejalanya.

Bahan Alami untuk Mengatasi Gejala Hemoroid

Gejala hemoroid biasanya mudah diredakan dengan obat yang dimasukan ke dalam dubur. Namun, sebenarnya kamu bisa mengurangi gejala wasir dengan perawatan sederhana menggunakan bahan-bahan alami lho. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi gejala hemoroid:

1. Air hangat dan garam

Berendam di dalam air hangat yang dicampur dengan garam adalah perawatan wasir yang sering direkomendasikan karena mampu meredakan iritasi dan mengurangi rasa sakit akibat wasir. Kamu bisa berendam di dalam bak mandi atau duduk di dalam ember yang berukuran pas untuk merendam area anus. Lakukan perawatan ini selama 20 menit setelah buang air besar. 

2. Kompres dingin

Pembuluh darah anus yang membengkak juga bisa kamu redakan dengan kompres dingin. Bekukan air yang sudah kamu masukan dalam wadah plastik. Setelah beku, balut es tersebut dengan kain atau handuk dan kompres ke area anus selama 15 menit. Untuk wasir yang besar dan menyakitkan, kompres dingin bisa menjadi pengobatan yang sangat efektif. Hindari mengoleskan es langsung ke kulit karena justru bisa merusak kulit. 

3. Lidah buaya

Gel lidah buaya sering digunakan untuk mengobati wasir dan masalah kulit lainnya. Bahan yang satu ini dinilai punya sifat anti-inflamasi sehingga membantu mengurangi iritasi. Sejauh ini, tidak banyak bukti klinis tentang efektivitas gel lidah buaya untuk wasir. Namun, National Center for Complementary and Integrated Health, badan pemerintahan asal Amerika Serikat yang mengeksplorasi pengobatan komplementer dan alternatif, mencantumkan lidah buaya sebagai pengobatan wasir yang aman digunakan. 

Pastikan kamu menggunakan gel lidah buaya murni untuk mengurangi gejala wasir. Beberapa orang mungkin alergi terhadap gel lidah buaya. Oleh karenanya, lakukan tes reaksi alergi untuk memastikan keamanannya. Gosokkan sedikit gel lidah buaya ke lengan bawah. Kemudian, tunggu 24–48 jam. Jika tidak ada reaksi yang terjadi, artinya lidah buaya aman kamu gunakan. 

4. Minyak kelapa

Selain lidah buaya, minyak kelapa juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Sifat analgesiknya (penghilang rasa sakit) dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh wasir. Minyak kelapa juga dapat membantu meredakan sembelit yang bisa memperparah wasir. 

Kamu bisa mengonsumsi minyak kelapa secara rutin atau dengan mengoleskannya secara langsung. Caranya, kamu bisa memasak menggunakan minyak kelapa atau mengoleskan minyak tersebut ke area wasir dengan bola kapas. Kamu juga bisa menambahkan minyak kelapa ke dalam rendaman air hangat untuk mendapatkan manfaatnya. 

Jika wasir tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter. Supaya mudah dan praktis, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc saja. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Hemorrhoids Home Remedies and OTC Treatment.
WebMD. Diakses pada 2021. How to Treat Hemorrhoids at Home.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. 5 Best and Worst Home Remedies for Your Hemorrhoids.