4 Bahan Alami yang Mampu Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
4 Bahan Alami yang Mampu Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Halodoc, Jakarta - Kebersihan wajah harus selalu dijaga agar terhindar dari jerawat. Kamu dapat melakukan pembersihan pada area tersebut pada pagi dan malam hari. Walau begitu, mungkin saja kamu tetap mengalami tumbuh jerawat pada bagian wajah yang disebabkan oleh banyak hal.

Salah satu hal yang dapat membuat seseorang lebih berisiko untuk mengalami tumbuh jerawat adalah pori-pori wajah yang lebih besar. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengecilkan bagian tersebut. Berikut beberapa cara yang efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah!

Baca juga: 5 Cara Jitu Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Bahan Alami

Semua orang, terutama wanita, ingin memiliki kulit wajah yang sempurna. Hal tersebut karena wanita terbilang rentan untuk mengalami masalah pada kulit wajahnya. Maka dari itu, banyak wanita yang mengoleskan banyak lapisan riasan untuk menutupi masalah yang timbul pada kulit wajah.

Salah satu hal yang menyebabkan masalah pada wajah sehingga timbul jerawat adalah pori-pori wajah yang besar. Selain itu, penggunaan makeup juga dapat berperan pada timbulnya jerawat karena kurang bersih saat menghapus penggunaannya pada wajah. Maka dari itu, pengecilan pori-pori wajah adalah hal yang perlu dilakukan.

Pori-pori kulit yang besar dapat dengan mudah untuk membuat kotoran masuk dan bercampur dengan minyak. Sumbatan yang terjadi karena campuran tersebut akan menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo. Selain itu, kamu dapat menyebabkan kulit menjadi terlihat kusam dan tua. 

Pori-pori pada kulit terbilang penting yang berguna untuk menjaga hidrasi dan menghilangkan racun yang menempel. Namun, jika pori-pori kulit pada wajah terlalu besar, risiko-risiko sebelumnya semakin tinggi untuk terjadi. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan pori-pori:

  1. Madu

Salah satu bahan yang dapat kamu gunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah adalah masker yang terbuat dari madu. Nah, madu dikenal memiliki manfaat untuk mengecilkan pori-pori. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu mengoleskannya saja pada wajah. Setelah beberapa waktu, kamu dapat membasuhnya dengan air bersih.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait perawatan wajah dengan bahan alami, tanyakan saja pada dokter terpercaya di Halodoc. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Lalu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi tersebut.

Baca juga: Patut Dicoba! 5 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

  1. Pepaya

Bahan alami lainnya yang dapat kamu gunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah adalah masker pepaya. Kandungan dari pepaya dapat bekerja sebagai antioksidan pada wajah. Selain itu, enzim yang disebut papain dapat meregenerasi kulit yang dioleskan agar terlihat lebih cantik. Kamu juga dapat merasakan pori-pori menjadi lebih kecil, dan risiko wajah mengalami jerawat pun akan berkurang.

  1. Mentimun

Kamu juga dapat memanfaatkan mentimun sebagai bahan untuk membantumu mengecilkan pori-pori. Selain itu, buah ini juga dapat menjaga tekstur kulit agar lebih sehat. Kamu juga dapat merasakan wajah yang lebih segar setelah mengoleskan mentimun. Kamu hanya perlu menghaluskan timun dengan blender dan tempelkan di wajah.

  1. Lidah Buaya

Banyak manfaat yang dapat kamu rasakan setelah mengaplikasikan lidah buaya ke wajah. Salah satunya adalah pori-pori wajah yang menjadi lebih kecil. Selain itu, tanaman ini juga dapat membuang minyak dan kotoran yang menempel. Kamu hanya perlu mengoleskannya dan diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas.

Baca juga: Pori-Pori Wajah Membesar? Mungkin Ini Penyebabnya

Itulah beberapa bahan alami yang dapat kamu manfaatkan agar pori-pori wajah menjadi lebih kecil. Pemanfaatan bahan alami sangat penting agar tidak ada efek samping yang terjadi. Seseorang yang menggunakan bahan kimia mempunyai kemungkinan akan mengalami kelainan, terutama ketika bahan-bahannya mengandung merkuri.

Referensi:
First Cry. Diakses pada 2019. 15 Effective Home Remedies for Open Pores
After Glow Cosmetics. Diakses pada 2019. 4 Ways to Shrink Pores Naturally