• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Bahan Sederhana untuk Menghilangkan Kutu Rambut
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Bahan Sederhana untuk Menghilangkan Kutu Rambut

4 Bahan Sederhana untuk Menghilangkan Kutu Rambut

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 Juli 2022

“Ada beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang bisa dilakukan dengan cara sederhana. Beberapa di antaranya adalah minyak jelantah, minyak kelapa, kombinasi cuka dan garam, serta minyak esensial.”

4 Bahan Sederhana untuk Menghilangkan Kutu Rambut4 Bahan Sederhana untuk Menghilangkan Kutu Rambut

Halodoc, Jakarta – Biasanya, anak-anak paling sering mengalami kutu rambut. Mereka bisa tertular dari teman ataupun akibat kurang menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Bila anak terkena kutu rambut tidak menjaga kebersihannya, maka kemungkinan besar kutu rambut akan kembali datang, bahkan dengan mudah menular ke orang lain. 

Orang tua zaman dulu ternyata kerap menggunakan bahan-bahan sederhana atau bahan alami sebagai cara menghilangkan kutu rambut. Sebagian bahan tersebut nyatanya memang cukup efektif menghilangkan kutu rambut. Lantas, apa saja bahannya? Ini jenisnya:

1. Minyak Jelantah

Minyak jelantah adalah minyak goreng yang sudah digunakan beberapa kali. Penggunaan berulang membuat minyak jelantah terlihat gelap dan sangat lengket. Aroma minyak jelantah juga bercampur-campur, terkadang agak tengik atau gurih, tergantung dari penggunaan minyak tersebut. 

Minyak jelantah ini bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut. Caranya dengan membaluri rambut dan kulit kepala dengan minyak dan didiamkan selama 10 menit. Baru kemudian disisir dengan sisir kutu. Biasanya, kutu rambut akan mati begitu terkena minyak jelantah ini, sehingga lebih mudah untuk disingkirkan.

2. Minyak Kelapa

Jika kamu tidak terlalu nyaman dengan minyak jelantah, sebagai gantinya kamu bisa menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa juga terbukti efektif untuk menghilangkan kutu rambut dan aromanya juga lebih bersahabat. 

Cara penggunaannya masih sama, yakni dengan membaluri kulit kepala dan helai-helai rambut dengan minyak kelapa. Hanya saja, karena tekstur minyak kelapa tidak selengket minyak jelantah, terkadang kutu rambut masih bisa lolos ketika dibaluri dengan minyak kelapa ini.

3. Cuka dan Garam

Selain minyak kelapa dan minyak jelantah, bahan sederhana lain yang digunakan untuk menghilangkan kutu rambut adalah kombinasi cuka dan garam. Kamu bisa mencampurkan kedua bahan ini ke dalam botol plastik lalu dikocok supaya tercampur merata.

Kemudian, semprotkan campuran kedua bahan ini ke kulit kepala, sisi-sisinya, dan helai-helai rambut secara merata. Tunggu selama 5-7 menit, lalu rambut bisa disisir dengan kutu rambut atau dicuci bersih.

Kenapa garam dan cuka? Pasalnya garam bisa membuat kutu rambut mengalami dehidrasi, sedangkan cuka bisa menghilangkan efek perekat yang dimiliki kutu rambut.

4. Mencampurkan Beberapa Bahan Minyak Esensial

Jika di rumah tidak ada minyak kelapa, minyak jelantah, atau bahkan cuka dan garam, kamu bisa mencampurkan beberapa bahan minyak esensial. Jika kamu memiliki tea tree oil, bahan ini bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut.

Campurkan dengan air hangat, lalu semprotkan di kulit kepala. Tea tree oil bisa membunuh kutu rambut. Atau kalau kamu punya minyak bunga kenanga, campurkan saja dengan tea tree oil lalu disemprotkan ke rambut dan kulit kepala.

Itulah beberapa referensi bahan sederhana untuk menghilangkan kutu rambut. Kalau kamu punya masalah  kulit kepala yang sangat mengganggu dan butuh pemeriksaan dokter, kamu bisa buat janji medis lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Tunggu apa lagi, yuk, download Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Lice Treatment.
Healthline. Diakses pada 2022. Home Remedies for Head Lice: What Works?