4 Buah yang Bisa Menambah Asupan Air pada Ibu Hamil

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
buah untuk menambah asupan air, buah yang mengandung air, buah untuk ibu hamil

Halodoc, Jakarta – Pola makan selama hamil menjadi hal yang perlu diperhatikan para ibu hamil. Satu hal yang menjadi makanan utama ibu hamil adalah sayur dan buah-buahan yang bermanfaat untuk memenuhi asupan gizi dan juga nutrisi selama kehamilan. Namun tidak hanya gizi dan nutrisi, kebutuhan air untuk ibu hamil juga akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

Nyatanya, kebutuhan air pada ibu hamil harus selalu terpenuhi. Air sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan dalam bentuk air ketuban. Fungsi air ketuban sangat penting bagi janin dalam kandungan karena jumlah air ketuban yang terlalu banyak atau pun sedikit akan sama-sama menimbulkan risiko bagi janin.

Baca juga: Ini Dampak Kekurangan dan Kelebihan Air Ketuban Bagi Bayi

Tidak hanya untuk kesehatan janin saja, air juga diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu. Untuk memenuhi kebutuhan air ibu hamil, selain mengonsumsi air putih, ibu juga bisa menjadikan beberapa buah yang cukup banyak mengandung air untuk camilan sehat selama masa kehamilan.

  • Semangka

Menjadikan semangka sebagai camilan untuk ibu hamil adalah keputusan yang sangat tepat. Nyatanya, semangka mengandung 92 persen air, sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan air bagi ibu hamil. Selain mengandung air yang cukup banyak, semangka juga mengandung nutrisi yang cukup baik untuk ibu hamil.

Semangka mengandung cukup banyak serat yang juga bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan ibu hamil. Vitamin A yang cukup tinggi juga sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut ibu hamil, sehingga ibu bisa terhindar dari masalah kulit yang kering selama masa kehamilan.

  • Jeruk

Jeruk juga menjadi salah satu buah yang sangat baik untuk dijadikan camilan bagi ibu hamil. Kandungan air pada jeruk mencapai 87 persen. Selain itu, jeruk juga memiliki kandungan limonoid yang akan mengurangi risiko terkena penyakiy kanker.

Tidak hanya itu, vitamin C yang terdapat dalam jeruk juga dapat meningkatkan kesehatan kulit pada ibu hamil dan membuat daya tahan tubuh ibu hamil semakin meningkat. Tidak hanya itu, buah jeruk juga mengandung kalsium yang sangat baik untuk kebutuhan ibu hamil dan janin.

  • Belimbing

Belimbing atau yang dikenal dengan nama carambola nyatanya juga memiliki kandungan air yang cukup banyak dan sangat baik untuk kebutuhan air bagi ibu hamil. Buah belimbing memiliki kandungan air sebanyak 91 persen, hampir setara dengan buah semangka. Tidak hanya kandungan air yang bermanfaat bagi ibu hamil, kandungan kalsium pada belimbing juga dapat menguatkan tulang ibu hamil dan juga janin.

  • Tomat

Tomat memiliki kandungan air sebanyak 94 persen. Banyak manfaat yang bisa diberikan oleh tomat untuk ibu hamil. Selain mengandung banyak air, tomat juga memiliki kandungan vitamin lainnya yang dibutuhkan untuk kesehatan ibu dan juga perkembangan janin dalam kandungan. Seperti vitamin A yang bisa melawan infeksi pada ibu hamil dan vitamin C yang bisa membantu ibu hamil untuk penyerapan zat besi dalam tubuh.

Baca juga: Paling Baik Wanita Hamil Konsumsi Jenis Buah Ini

Jika ibu memiliki masalah seputar kehamilan, ibu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!