• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Buah yang Cocok Dikonsumsi saat Tekanan Darah Rendah

4 Buah yang Cocok Dikonsumsi saat Tekanan Darah Rendah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu kerap merasakan pusing disertai dengan mual dan muntah? Jika benar, maka kemungkinan kamu sedang mengalami tekanan darah rendah. Hal ini terjadi ketika kondisi tekanan darah berada di bawah 90/60 mmHg. Gangguan ini dapat terjadi karena kekurangan cairan di dalam tubuh atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa cara yang ampuh untuk mengembalikan tekanan darah kembali menjadi normal. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah. Beberapa buah memang efektif untuk mengatasi tekanan darah rendah sehingga tubuh dapat kembali normal. Berikut beberapa buah tersebut!

Baca juga: Mengatasi Darah Rendah dengan Makanan

Buah yang Cocok Untuk Atasi Tekanan Darah Rendah

Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah dapat menimbulkan gangguan yang berbahaya. Hal tersebut menyebabkan jantung, otak, dan organ penting lainnya kekurangan suplai darah sehingga terganggu fungsinya. Beberapa gejala yang dapat timbul apabila hal tersebut terjadi adalah lemah, lesu, mual, pusing, penglihatan menjadi buram, hingga pingsan.

Penyebab seseorang dapat mengalami tekanan darah rendah adalah tubuh yang kekurangan asam folat dan vitamin B12. Hal ini juga merupakan faktor risiko yang dapat menyebabkan anemia terjadi. Maka dari itu, kamu harus mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B12, yang biasanya terkandung dalam buah. Berikut ini beberapa buah yang cocok dikonsumsi pengidap tekanan darah rendah:

1. Lemon

Salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk mengatasi tekanan darah rendah adalah lemon. Buah ini efektif untuk menangani dehidrasi yang terjadi karena mampu menjadi penyebab dari hipotensi. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya dapat mengatur sirkulasi darah dan mengembalikan tekanan darah kembali normal. Jika kamu merasakan gejala dari tekanan darah rendah, minumlah segelas perasan lemon dicampur dengan gula dan garam agar semuanya kembali normal.

Baca juga: 3 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Tekanan Darah Rendah

2. Semangka

Kamu juga dapat mengonsumsi semangka sebagai salah satu cara untuk mengatasi tekanan darah rendah. Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga baik untuk meningkatkan cairan tubuh kembali normal. Selain itu, semangka juga mengandung antioksidan likopen yang baik untuk menghilangkan radikal bebas pada aliran darah.

3. Buah Bit

Buah bit kerap digunakan sebagai pewarna makanan alami pada beberapa hidangan. Padahal, buah ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh dan juga untuk menormalkan tekanan darah rendah. Buah bit merupakan sumber folat yang dapat mencegah terjadinya anemia. Saat mengalami anemia, tekanan darah juga dapat ikut menurun. Maka dari itu, cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi buah ini.

Baca juga: 5 Asupan Ini Baik untuk Pengidap Darah Rendah

4. Pisang

Seseorang juga dapat mengalami tekanan darah rendah akibat tubuhnya yang kekurangan folat. Maka dari itu, pisang dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Pasalnya, pisang memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga tekanan darah rendah dapat diatasi. Selain itu, beberapa kandungan di pisang, seperti potasium dan vitamin B6 dapat membantu tubuh untuk mengontrol tekanan darah.

Nah, itulah penjelasan beberapa buah yang cocok untuk kamu konsumsi saat mengalami tekanan darah rendah. Kamu dapat memilih buah yang lebih banyak mengandung cairan jika dirasa mengalami dehidrasi. Selain itu, buah-buah dengan asam folat yang tinggi juga baik untuk meningkatkan tekanan darah kembali normal.

Selain itu, jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait buah atau makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi pengidap tekanan darah rendah, dokter dari Halodoc siap membantu. Kamu dapat bertanya hanya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di aplikasi Halodoc tanpa perlu harus ke luar rumah. Ayo, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
The Health Site. Diakses pada 2020. 9 must-have foods for people with hypotension or low blood pressure.
Healthline. Diakses pada 2020. 15 Healthy Foods That Are High in Folate (Folic Acid).