• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Camilan Sehat untuk Jaga Berat Badan Selama WFH

4 Camilan Sehat untuk Jaga Berat Badan Selama WFH

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Hingga kemarin (1/2) kasus COVID-19 di Indonesia telah menembus 1.089.308 kasus. Kondisi ini membuat pemerintah terus mengingatkan masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan. Bahkan, saat ini tahap pertama vaksinasi di Indonesia telah berjalan. Tidak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk menghindari kerumunan, salah satunya dengan menerapkan sistem kerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Baca juga: Porsi dan Jenis Makanan Tepat untuk Menghindari Kenaikan Berat Badan

Meskipun banyak mendatangkan kemudahan, tetapi ada beberapa keburukkan yang kerap terjadi ketika WFH. Salah satunya adalah ngemil sepanjang hari. Tersedianya makanan ringan atau camilan di rumah membuat kita lebih leluasa mengonsumsi camilan kapan saja. Jika tidak dibatasi, bukan tidak mungkin kebiasaan ini membuat berat badan meningkat. Nah, untuk menghindari kenaikan berat badan, sebaiknya ketahui beberapa pilihan camilan sehat untuk jaga berat badan selama WFH, di sini!

Pilihan Camilan Sehat Selama WFH

Jika tidak diatasi dengan baik, kenaikan berat badan dapat menyebabkan kondisi obesitas yang memicu berbagai gangguan kesehatan. Sebaiknya hindari mengonsumsi berbagai jenis camilan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan selama WFH.

Berikut ini beberapa pilihan camilan sehat yang bisa kamu konsumsi selama WFH di masa pandemi ini:

1.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menjadi salah satu camilan sehat yang dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan nutrisi. Bukan hanya membantu jaga berat badan selama WFH, mengonsumsi kacang-kacangan juga bisa membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari gangguan jantung, kanker, hingga gangguan kesehatan mental. Kacang memiliki kandungan lemak sehat, protein, dan serat yang seimbang, sehingga sangat baik untuk dijadikan camilan sehat selama WFH.

2.Buah

Tentunya, buah menjadi pilihan utama yang bisa kamu jadikan camilan sehat selama WFH. Buah memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat padat didalamnya serta rendah kalori. Dengan begitu, memperbanyak mengonsumsi buah selama bekerja dari rumah mampu membantu kamu jaga berat badan selama WFH.

Ada berbagai pilihan buah yang bisa kamu konsumsi. Mulai dari apel, rasberry, mangga, jeruk, hingga alpukat. Sebaiknya konsumsi buah dalam bentuk buah segar. Hindari mengonsumsi buah dalam bentuk jus dengan tambahan pemanis buatan.

Baca juga: Lagi Diet, Ini Camilan Sehat yang Tidak Bikin Gemuk

3.Ubi Rebus

Ada banyak berbagai jenis ubi yang bisa kamu konsumsi, mulai dari ubi ungu, ubi madu, hingga ubi jalar. Rasanya yang enak dan kandungan nutrisinya yang baik pun membuat ubi bisa menjadi pilihan camilan sehat selama WFH. 

Ubi memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Untuk merasakan manfaat ubi lebih maksimal, sebaiknya olah ubi dengan cara direbus, ya.

4.Sayuran

Selain buah, kamu juga bisa menjadikan sayuran sebagai pilihan camilan sehat selama WFH. Berbagai jenis sayuran bisa kamu jadikan camilan sehat, loh. Mulai dari tomat ceri, wortel, seledri, kale, hingga selada. Caranya? Kamu bisa jadikan sayuran menjadi salad dengan saus salad yang menyehatkan.

Mengonsumsi seledri stik dengan keju rendah lemak juga bisa menjadi camilan sehat selama WFH. Tidak hanya itu, kamu bisa membuat keripik sayuran. Pilih sayuran, seperti wortel atau kale, kemudian berikan olive oil dan sedikit garam. Setelah itu, masukkan ke dalam pemanggang dan tunggu hingga sayuran sedikit mengering. Hindari menggoreng sayuran.

Baca juga: 6 Camilan Sehat untuk Lembur di Kantor

Itulah beberapa pilihan camilan sehat yang bisa kamu konsumsi selama WFH. Jangan lupa untuk tetap penuhi kebutuhan nutrisi dan air putih agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Sakit punggung, sakit pinggang, dan gangguan kesehatan mata menjadi penyakit yang rentan dialami saat WFH.

Jangan ragu gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter untuk mengatasi keluhan kesehatan yang kamu alami. Penanganan lebih dini tentunya akan membuat pengobatan menjadi lebih mudah dilakukan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 29 Healthy Snacks That Can Help You Lose Weight.
Healthline. Diakses pada 2021. Does Fruit Help You Lose Weight?
Shape. Diakses pada 2021. 12 Healthy Snacks for Weight Loss, According to Dietitians.