4 Cara Agar Anak Mau Minum Obat Tanpa Digerus

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4-cara-agar-anak-mau-minum-obat-tanpa-digerus-halodoc

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan anak-anak sering menghindari bahkan merasa takut saat harus minum obat. Hal itu sering terjadi karena obat dikenal memiliki rasa yang pahit dan tidak enak di lidah anak-anak. Padahal, bisa jadi asupan obat tersebut sangat dibutuhkan Si Kecil untuk melawan penyakit, misalnya demam.

Demam adalah kondisi yang terjadi karena suhu tubuh seseorang mengalami peningkatan. Seorang anak disebut mengalami demam jika suhu tubuhnya sudah mencapai dan melebihi 38 derajat Celsius. Cara mengetahui suhu tubuh anak adalah dengan menggunakan alat bantu bernama termometer.

Jika setelah diukur suhu tubuh masih berada di bawah angka tersebut, artinya Si Kecil tidak mengalami demam. Namun sebaliknya, jika suhu tubuh anak tinggi, artinya ia demam dan butuh mengonsumsi obat segera.

Baca juga: Jangan Asal Kompres, Kenali Demam pada Anak

Berbagai macam cara dikenal dan sering dilakukan untuk membuat anak-anak tidak takut obat, mulai dari mencampurnya dengan makanan, menggunakan pisang, sampai menggerus obat, hingga menjadi bubuk halus. Sayangnya, mengonsumsi obat dengan cara digerus seringnya tidak disarankan, karena bisa menyebabkan kandungan obat berkurang dan menempel pada alat penggerus, misalnya sendok.

Hal itu dikhawatirkan bisa memengaruhi dosis obat yang masuk ke dalam tubuh dan membuatnya menjadi tidak terlalu berkhasiat. Lantas, adakah cara membuat anak mau minum obat tanpa digerus?

Jawabannya ada! Syaratnya, ibu atau ayah harus lebih sabar dalam membujuk anak agar mau minum obat. Selain itu, pemilihan obat yang dikonsumsi juga bisa menjadi salah satu cara agar minum obat pada anak bisa berjalan lancar tanpa drama. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan saat akan memberi obat pada anak!

 

1. Bujuk dengan Sabar

Sayangnya, orangtua sering merasa kurang sabar saat memberi anak obat. Padahal, sebenarnya anak-anak butuh dijelaskan bukannya dipaksa untuk melakukan sesuatu yang tidak ia inginkan atau diketahui manfaatnya. Sebaiknya, jelaskan pada Si Kecil bahwa obat tersebut akan memberi dampak yang baik pada tubuh, dan bisa membuatnya sembuh dari penyakit yang menyerang. Beritahu pada Si Kecil apa pentingnya obat tersebut, tapi hindari mengancam anak.

Baca juga: Langsung Minum Obat Saat Demam, Bolehkah?

 

2. Beri Penghargaan

Jika anak masih enggan minum obat meski sudah dibujuk dan diberi pengertian, ibu bisa mencoba cara dengan menjanjikan hadiah. Berikan hadiah sebagai penghargaan pada anak yang sudah berani melawan rasa takutnya dan mau minum obat.

Namun sebaiknya, cara ini tidak terlalu sering dilakukan agar tidak menjadi “kebiasaan” anak di kemudian hari. Cobalah janjikan hadiah tertentu jika anak mau mengonsumsi obat secara rutin sampai ia benar-benar sembuh.

 

3. Selipkan dalam Makanan

Cara yang satu ini sudah lama dikenal dan banyak digunakan orangtua untuk memberi anak obat. Menyelipkan obat pada makanan, misalnya bubur, roti isi, ataupun pisang, sering dilakukan untuk memasukkan obat ke tubuh anak. Tapi sebaiknya diskusikan dulu cara ini pada ahlinya, ya.

 

4. Pilih Obat dengan Rasa yang Disukai Anak

Anak menolak obat bisa karena mengenal rasa yang tidak enak dan pahit. Untuk mengatasi ini, ibu bisa memilih obat yang memiliki rasa yang disukai anak. Jenis obat yang bisa dikonsumsi misalnya bodrexin Demam yang hadir dalam dua varian, yaitu sirup dan tablet. Tidak hanya ampuh untuk menurunkan demam pada Si Kecil, jenis ini ini juga memiliki rasa jeruk yang manis, sehingga disukai anak. 

Untuk bayi yang berusia di bawah 2 tahun, ibu bisa memberikan bodrexin Demam Sirup. Sedangkan bagi anak-anak berusia 2 tahun ke atas yang sudah bisa mengunyah dengan baik, ibu bisa berikan bodrexin Tablet. bodrexin Demam sudah dikenal dan dipercaya sebagai obat yang ampuh menurunkan panas demam, meredakan rasa nyeri, dan demam setelah imunisasi. Selain itu, rasa jeruknya yang manis dan enak juga pasti disukai anak-anak.

Baca juga: Enggak Hanya Dikompres, Begini Cara Atasi Demam Anak

Jika anak demam, segera beri bodrexin Demam sesuai kebutuhan Si Kecil, yaitu sirup atau tablet. Ibu bisa membeli produk ini di aplikasi Halodoc. Belanja obat kini menjadi lebih mudah dan lengkap. Pesanan ibu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam, lho! Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.