• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Agar Hubunganmu Langgeng

4 Cara Agar Hubunganmu Langgeng

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta - Cinta sering dipandang sebagai sesuatu yang indah dan menakjubkan. Namun, tak selamanya cinta memberikan keindahan. Terutama, ketika menjalin sebuah hubungan. Sebab, dalam sebuah hubungan tidak selamanya kita akan hanya mengalami masa-masa bahagia. Masa-masa suram pun akan turut menyertai perjalanan sebuah hubungan.

Dalam sebuah hubungan, kebahagiaan dan rintangan menjadi sebuah hal yang wajar dan pasti dialami oleh setiap pasangan. Oleh karena itu, kita selalu bertanya-tanya dan berusaha untuk mencari cara menjaga hubungan bertahan lama. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga supaya hubunganmu bertahan lama:

(Baca juga: Membangun Kepercayaan untuk Keharmonisan Hubungan)

  1. Jangan Paksakan Pasangan untuk Menjadi Sama

Jika menonton kisah percintaan di film atau televisi, kita selalu dibuat untuk berpikir bahwa pasangan yang baik adalah yang mengerti kita sepenuhnya. Secara tidak langsung, hal tersebut mendorong orang-orang untuk berpikir bahwa pasangan ideal adalah pasangan yang sama dengan kita. Misalnya, memiliki kegemaran yang sama, pemikiran yang sama, dan selera yang sama. Tanpa kita sadari, kita memiliki pemahaman yang keliru mengenai belahan jiwa yang ideal. Bahkan terkadang, kita selalu memaksakan pasangan untuk menjadi sama seperti yang kita harapkan.

Perlu diingat bahwa perbedaan membuat sesuatu menjadi lebih berwarna, termasuk dalam menjalin sebuah hubungan. Jangan mengharapkan untuk selalu sama dengan pasangan. Sebab, sebuah hubungan melibatkan kompromi. Dengan kompromi tersebut, kita belajar untuk memahami perbedaan. Selain itu, dengan berkompromi mengenai perbedaan, sebuah hubungan akan lebih berwarna dan tidak akan jadi membosankan. Oleh sebab itu, jagalah hubungan dengan berkompromi akan perbedaan dan jangan paksakan pasanganmu untuk menjadi sama seperti kamu.

  1. Lupakan Masalah Sejenak

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, sebuah hubungan pasti akan diwarnai dengan masa-masa sulit. Bahkan, masa-masa sulit tersebut dapat membuat kita menjadi tertekan. Terkadang, masa-masa sulit tersebut juga dapat mendorong sebuah hubungan kepada pada perpecahan.

Supaya kamu dapat menjaga hubunganmu di masa-masa sulit, usahakan untuk tidak terlalu menjadikannya sebagai beban yang berat. Lupakanlah sejenak permasalahan yang kamu hadapi dengan pasangan. Bukan berarti kamu menganggap remeh semua permasalahan yang kamu hadapi. Namun, sesekali kamu bisa melupakan permasalahanmu dan nikmati waktumu dengan pasangan. Misalnya, cobalah untuk berliburan ke tempat kamu dan pasangan pernah menciptakan kenangan indah. Cobalah untuk mengingatkan kamu dan pasanganmu alasan kalian saling mencintai satu sama lain.

(Baca juga: Insecure Bikin Hubunganmu Runyam)

  1. Upayakan untuk Mendengar

Salah satu langkah untuk menjaga hubungan supaya langgeng adalah dengan saling mendengarkan. Ketika masalah terjadi, memang lebih mudah untuk menyalahkan pasangan. Terkadang, kita cenderung menolak untuk mendengarkan sudut pandang pasangan yang berlawanan dengan pandangan kita. Padahal, dengan mendengarkan kita jadi bisa belajar untuk memahami permasalahan dalam hubungan dari sisi lain.

Ketika permasalahan muncul, cobalah untuk lebih mendengarkan yang dirasakan oleh pasangan. Ajaklah pasanganmu untuk bercerita dan dengarkan ceritanya dengan pikiran terbuka, tanpa interupsi dan keinginan untuk membela posisimu, apa lagi menyalahkannya. Jadilah pendengar yang baik dengan upaya untuk memahami sudut pandangnya.

  1. Belajar untuk Memaafkan

Memaafkan seseorang memang bukan perkara yang mudah. Namun, untuk menjaga hubungan supaya lebih langgeng, memaafkan pasangan adalah salah satu caranya. Ketika permasalahan menghampiri hubungan, terutama permasalahan tersebut disebabkan oleh pasangan, kita cenderung berat untuk memaafkan pasangan.

Memaafkan pasangan dalam hal ini bukan hanya memaafkan dalam ucapan saja, tetapi juga harus benar-benar mengikhlaskannya. Jangan sampai, kamu diam-diam menyimpan dendam terhadap pasangan. Sebab, hal tersebut akan membuat hubunganmu dan pasangan jadi tidak sehat.

Memaafkan pasangan juga bukan berarti kamu kalah. Hal ini tidak ada kaitannya dengan kalah atau menang. Memaafkan pasangan dalam hal ini ditujukan supaya kamu dan pasangan dapat saling membantu untuk memperbaiki hubungan. Selain itu, memaafkan dalam hal ini berarti kamu menunjukkan bahwa kamu bersedia untuk memberikan kesempatan supaya hubunganmu menjadi lebih baik.

Menjaga hubungan dengan pasangan memang bisa menjadi tantangan yang cukup berat. Namun jangan khawatir, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter-dokter terpercaya di Halodoc untuk menanyakan kiat-kiat menjaga hubungan supaya langgeng. Dengan aplikasi ini, kamu dengan mudah bisa berkonsultasi dengan dokter melalui Chat,Voice Call, atau Video Call. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan kamu akan sampai dalam waktu satu jam. Bahkan, kamu juga bisa memesan lab service tanpa harus keluar rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

(Baca juga: Cekcok dengan Pasangan, Coba Atasi dengan Rahasia Ini)