08 February 2019

Jangan Panik, Ini 4 Cara untuk Atasi Flek Hitam yang Muncul Saat Hamil

Jangan Panik, Ini 4 Cara untuk Atasi Flek Hitam yang Muncul Saat Hamil

Halodoc, Jakarta - Memang enggak sedikit wanita yang mengalami flek hitam ketika tengah mengandung. Keluhan flek hitam di wajah ini saat kehamilan juga disebut dengan “Topeng Kehamilan”. Sedangkan dalam dunia medis, disebut melasma gravidarum atau chloasma. Sebenarnya hal ini lumrah terjadi pada ibu hamil, kira-kira hampir 50 persen ibu hamil mengalami gejala melasma. Untungnya, ada berbagai cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi flek hitam saat hamil

Flek hitam-kecokelatan pada wajah saat hamil bisa muncul di berbagai bagian. Mulai dari bibir bagian atas, hidung, tulang pipi, dan jidat (terutama bagian wajah yang mudah terpapar sinar matahari). “Topeng Kehamilan” ini dipicu oleh perubahan hormonal yang terjadi selama masa kehamilan, sehingga menyebabkan peningkatan produk melanin tubuh secara sementara. Nah, melanin sendiri merupakan substansi alami yang memberikan warna pada rambut, kulit, dan mata.

Baca juga: 4 Perawatan Wajah untuk Usir Flek Hitam

Lantas, bagaimana sih cara mengatasi flek hitam saat hamil?

Mencegah dan Meminimalisir Flek Hitam Saat Hamil

Untuk mencegah flek hitam ini, sebaiknya ibu hamil menggunakan tabir surya tiap bepergian keluar rumah. Tabirnya surya yang dipilih bisa SPF 15, atau lebih baik lagi bila memilih SPF 30. Selain itu, ibu juga bisa menggunakan topi untuk menutupi wajah dari pancaran sinar matahari. Pasalnya, sinar UV ini bisa meningkatkan munculnya flek hitam di wajah.

Selama hamil, sebenarnya kulit wanita juga menjadi ekstra sensitif. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan pembersih muka dan krim wajah yang tak mengiritasi. Sebab, iritasi wajah ujung-ujungnya hanya akan memperburuk gejala. Yang perlu diingat, selalu tanyakan produk kecantikan yang kamu gunakan selama kehamilan pada dokter ahli. Karena ada beberapa produk kecantikan yang mesti ibu hamil hindari.

Baca juga: 6 Cara Jitu Atasi Masalah Flek Hitam pada Wajah

Selain hal-hal di atas, berikut cara mengatasi flek hitam saat hamil.

1. Perasan Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang memiliki peran penting dalam produksi kolagen dalam tubuh. Penggunaan lemon secara teratur ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan menipiskan bekas luka. Yang perlu diketahui, tak hanya pemakaian luar tubuh saja, mengonsumsi lemon dalam bentuk minuman atau lainnya juga dapat membantu.

2. Bawang Putih

Meski aromanya amat menyengat dan membuat perih luka jerawat, namun bawang putih memiliki sifat antibakteri. Menurut Jessica Krant, seorang profesor dermatologi di SUNY Downstate Medical Center, Brooklyn, New York, bawang putih memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi masalah wajah.

Bawang putih yang sudah dihancurkan mengandung allicin, senyawa antibakteri. Caranya, haluskan bawang putih dan oleskan pada jerawat dan noda hitam.

3. Madu Murni

Madu murni merupakan cara menghilangkan ephelis yang mudah untuk dilakukan. Cara pemakaiannya juga gampang kok. Pertama, cucilah wajah menggunakan air hangat, lalu oleskan madu secara merata ke seluruh permukaan wajah.

Lalu, diamkan madu kira-kira 15 sampai 25 menit sampai madu mengering. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih atau air dingin untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka karena air hangat. Terakhir, keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara yang lembut. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin tiap harinya.

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda Hitam Pada Wajah

4. Madu dan Putih Telur

Selain madu murni, madu dan putih telur juga cukup efektif untuk menghilangkan flek hitam. Sebab, kandungan protein pada putih telur bisa membantu meregenerasi sel-sel baru. Caranya, siapkan madu murni dan putih telur, lalu campur dua sendok makan madu dan putih telur dan aduk hingga merata.

Sebelumnya, bersihkan wajah dengan air hangat. Barulah oleskan kedua bahan tersebut secara perlahan dan merata ke wajah. Agar hasilnya maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu.

Mau tahu cara lainnya untuk mengatasi flek hitam saat hamil? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!