• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Cepat Mendeteksi Gejala Awal Stroke
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Cepat Mendeteksi Gejala Awal Stroke

4 Cara Cepat Mendeteksi Gejala Awal Stroke

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Mei 2022

“Stroke dapat menimbulkan beberapa gejala awal saat terjadi. Nah, ketahui beberapa cara untuk mendeteksi gejala awal stroke dengan metode FAST.”

4 Cara Cepat Mendeteksi Gejala Awal Stroke

Halodoc, Jakarta – Stroke dapat menyebabkan kematian pada sel-sel di sebagian area otak. Seseorang yang terserang penyakit ini perlu mendapatkan penanganan yang cepat sebab dapat menimbulkan masalah yang serius. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara mendeteksi gejala awal stroke agar penanganan dini dapat dilakukan. Berikut ulasannya!

Mendeteksi Gejala Awal Stroke dengan FAST

Stroke adalah kondisi yang terjadi saat pasokan darah ke otak terhenti disebabkan penyumbatan atau pembuluh darah yang pecah. Gangguan ini dapat terjadi secara mendadak tanpa aba-aba, baik saat beristirahat maupun ketika beraktivitas. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara mendeteksi gejala awal dari stroke sebelum terjadi.

Ada 4 metode yang bisa dilakukan sebagai cara mendeteksi gejala awal dari stroke, biasa disebut dengan FAST (Face, Arms, Speech, dan Time). Gejala dari stroke dapat tergantung bagian otak yang terserang dan dapat mengganggu fungsi tubuh tertentu.

FAST adalah metode untuk mengenali gejala awal pada stroke dengan mudah sehingga lebih cepat mendapatkan penanganan. Berikut penjelasan tentang FAST yang perlu diketahui:

1. FACE (Wajah)

Metode paling awal sebagai cara menilai gejala awal dari stroke adalah dengan melihat wajah. Seseorang dengan stroke, wajahnya bisa mengalami lumpuh sebelah yang dapat diamati dan terlihat ketika tersenyum sudut bibir hanya mengangkat sebelah atau mata terlihat terkulai. 

2. ARMS (Lengan)

Gejala awal lainnya berupa kesulitan untuk mengangkat salah satu atau bahkan kedua lengannya karena tubuh yang lemah. Bahkan, lengan juga dapat mengalami kehilangan rasa atau bahkan kesemutan.

3. SPEECH (Bicara)

Gejala awal stroke lainnya yang perlu diperhatikan adalah bicara cadel. Bahkan, seseorang yang mengidap penyakit ini bahkan tidak dapat berbicara sama sekali meski terlihat sadar. Jika masalah ini terjadi, ada baiknya segera mendapatkan penanganan medis.

4. TIME (Waktu) 

Perlu dipahami, seseorang yang mengalami salah satu atau bahkan lebih gejala stroke yang disebutkan, perlu mendapatkan pemeriksaan dari dokter segera sebelum gangguan yang lebih besar terjadi. Bawalah orang tersebut ke rumah sakit terdekat sesegera mungkin untuk mendapatkan penanganan dini.

Kenali Gejala Stroke Lainnya

Masih ada beberapa gejala awal yang perlu diwaspadai agar gangguan ini dapat ditangani segera. Nah, berikut adalah beberapa gejala awal lainnya yang perlu diketahui:

1.  Kehilangan Rasa pada Satu Sisi Tubuh

Gejala lainnya saat seseorang dicurigai terserang stroke adalah tubuhnya kehilangan rasa pada satu sisi. Selain itu, orang ini juga dapat mengalami pelemahan hanya pada satu sisi tubuh. Ia dapat kesulitan untuk menggerakkan lengan atau mengendalikan jari tangan ataupun kaki hanya pada yang kanan atau kiri.

2.  Kebingungan

Seseorang yang gangguan sumbatan pada otak ini secara tiba-tiba dapat mengalami masalah ketika berbicara. Ia bisa kesulitan untuk memilih kosakata atau bahkan untuk berbicara. Beberapa di antaranya juga mengalami penurunan pemahaman.

3.  Penglihatan Terganggu Secara Mendadak

Gangguan penglihatan yang terjadi secara tiba-tiba dapat menjadi  salah satu gejala stroke. Pengidapnya mungkin tidak mampu melihat jelas dengan satu mata, atau mungkin mengalami kesulitan untuk mengarahkan mata ke salah satu sisi.

4.  Kesulitan Berjalan dan Kehilangan Keseimbangan

Seseorang dengan stroke dapat mengalami kesulitan berjalan dan kehilangan keseimbangan. Ia berjalan layaknya orang mabuk, bisa tersandung atau bahkan jatuh sendiri. Tanda-tanda lainnya adalah berjalan dengan kaki terbuka lebar.

5.  Sakit Kepala Parah secara Tiba-Tiba

Jika kamu mengalami sakit kepala yang terjadi secara tiba-tiba atau sangat intens, bisa jadi disebabkan oleh stroke. Jika kamu mengalami leher kaku, nyeri pada wajah, atau muntah yang disertai sakit kepala, bisa saja kamu mengalami perdarahan intrakranial, juga dikenal sebagai stroke merah (red stroke).

Itulah beberapa cara deteksi gejala stroke di awal sebelum menimbulkan gangguan yang parah. Penanganan dini sangat diperlukan jika seseorang merasakan gejala tersebut. Semakin dini penanganan medis diterima, semakin kecil kemungkinan untuk mengalami komplikasi. 

Jika kamu ingin mendapatkan pemeriksaan terkait stroke, pemesanan di rumah sakit rekanan Halodoc bisa dilakukan hanya menggunakan smartphone. Untuk mendapatkan kemudahan ini, segera download aplikasi Halodoc dan nikmati kemudahan dalam akses kesehatan tanpa terpaut jarak dan waktu!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. The Warning Signs of Stroke.
Healthline. Diakses pada 2022. Learn to Recognize the Signs of a Stroke.
Stroke. Diakses pada 2022. Symptoms of stroke.