• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Efektif Menghilangkan Komedo Membandel

4 Cara Efektif Menghilangkan Komedo Membandel

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Cara Efektif Menghilangkan Komedo Membandel

Halodoc, Jakarta - Komedo yang timbul di wajah tentu kerap membuat jengkel semua orang yang mengalaminya. Bahkan, hal ini mungkin saja menurunkan kepercayaan diri selama masih melekat di wajah. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa cara yang efektif untuk menghilangkan komedo yang menyebar di wajah. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Beberapa Cara Ampuh Menghilangkan Komedo di Wajah

Komedo adalah salah satu bentuk masalah di wajah yang umum terjadi. Meski begitu, seseorang yang memiliki kulit berminyak lebih rentan untuk mengalami komedo, tetapi semua orang dapat mengalaminya. Hal ini terbentuk saat pori-pori di wajah tersumbat akibat sel kulit mati dan minyak yang berlebihan (sebum) dari kelenjar pada kulit. 

Baca juga: Punya Komedo Membandel? Coba Lakukan Tips Ini

Banyak orang yang mengira jika komedo menyebabkan timbulnya warna gelap akibat kotoran di pori-pori. Faktanya, warna hitam yang ditimbulkan oleh komedo terjadi akibat minyak dan kulit mati yang menyumbat pori-pori. Saat oksidasi terjadi dan bersentuhan dengan udara, perubahan warna menjadi gelap pada kulit terjadi.

Maka dari itu, setiap orang yang memiliki wajah berminyak harus mengetahui beberapa cara yang tepat untuk menghilangkan komedo. Dengan begitu, wajah yang bersih dan indah tetap terjaga, sehingga lebih indah untuk ditatap. Nah, berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan komedo:

1. Gunakan Asam Salisilat

Cara untuk menghilangkan komedo dengan masalah yang ringan dapat bisa menggunakan asam salisilat. Kandungan asam hidroksi beta pada asam salisilat dapat membantu untuk menghilangkan minyak berlebih dan mengelupas sel dari permukaan kulit. Dengan menggunakan scrub wajah yang lembut, kamu dapat mengatasi komedi dan memberikan pengelupasan ganda, berupa fisik dan kimiawi. Jadi, pori-pori di wajah tetap bersih.

2. Krim Retinoid

Jika penggunaan asam salisilat tidak mempan, kamu dapat menggunakan krim retinoid sebagai cara untuk menghilangkan komedo. Krim ini dapat mengatasi komedo dan pori-pori yang tersumbat dengan mengurangi kekakuan sel yang menyumbat pori-pori, serta mempercepat laju regenerasi kulit. Alangkah lebih baiknya jika penggunaan krim retinoid sesuai dengan resep dokter, agar benar-benar ampuh dan menghindari dampak buruk dari penggunaan.

Kamu dapat mengatur janji temu dengan dokter kulit melalui aplikasi Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, pemesanan pemeriksaan fisik cukup dengan penggunaan smartphone di tangan. Nikmati kemudahan akses kesehatan tanpa batas sekarang juga!

Baca juga: Perlu Tahu, Perbedaan Komedo Putih dan Komedo Hitam

3. Eksfoliasi dengan AHA dan BHA

Pada seseorang yang mengalami komedo, pengelupasan secara teratur dapat membantu untuk mengangkat sel kulit mati yang berlebihan agar sumbatan teratasi. Proses ini juga mampu menghilangkan komedo dengan cara yang lembut. Daripada penggunaan scrub yang kasar, ada baiknya fokus pada asam alfa dan beta hidroksi (AHA dan BHA). Keduanya mampu menghilangkan lapisan atas kulit. Dengan begitu, tampilan bintik-bintik di wajah dapat hilang dan kulit menjadi lebih terang serta lembut.

4. Masker Tanah Liat

Penggunaan masker tanah liat juga dapat membantu untuk mengeluarkan minyak dan racun dari kulit, serta membuka pori-pori di wajah. Masker tanah liat kerap disarankan untuk dilakukan pada seseorang dengan wajah yang berminyak. Beberapa masker tanah liat juga mengandung belerang yang dapat memecah sel kulit mati pembentuk komedo. Kamu dapat melakukan hal ini sebanyak sekali atau dua kali dalam seminggu.

Baca juga: 6 Penyebab Komedo yang Perlu Diketahui

Nah, itulah beberapa cara efektif untuk menghilangkan komedo yang mengganggu di wajah. Cobalah untuk melakukan beberapa hal yang disarankan secara rutin. Selain itu, langkah yang lebih baik adalah dengan memeriksakan dahulu ke dokter kulit untuk mengetahui pengobatan yang paling tepat untuk dilakukan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 12 Ways to Get Rid of Blackheads.
Allure. Diakses pada 2021. How to Get Rid of Blackheads, According to Dermatologists.