11 January 2017

4 Cara Jalin Hubungan Intim untuk Diabetes

HaloDoc, Jakarta. Mengidap diabetes bukanlah akhir segalanya, kuncinya agar dapat terus hidup layaknya orang yang sehat adalah dengan menjaga pola makan dan rutin melakukan latihan fisik.

Umumnya pengidap diabetes mengkhawatirkan makanan yang biasa dikonsumsi. Namun selain makanan, yang menjadi kekhawatiran pengidap diabetes adalah mengenai seks. Perlu diketahui bahwa pengidap diabetes mellitus rentan mengalami disfungsi seksual.

Meski begitu, bukan berarti pengidap diabetes tidak dapat melaukan hubungan intim. Ada 4 hal yang perlu diperhatikan oleh pengidap diabetes agar dapat selalu sehat untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan.

1. Pengidap diabetes biasanya memiliki kebiasaan mudah lelah dan mengantuk dengan nafsu makan yang tinggi. Untuk itu, sangat penting untuk melakukan olahraga ringan secara rutin agar kinerja organ dalam tubuh tidak menurun. Jalani aktivitas fisik secara rutin setiap hari untuk mengendalikan kadar gula dalam darah seperti jogging, renang, senam, berjalan kaki dan berlari.

2. Melakukan aktivitas seksual juga merupakan aktivitas fisik yang membakar kalori. Jika menggunakan insulin, bicarakan dengan dokter untuk mengatur dosis insulin tepat untuk Anda. Cek kadar gula darah sebelum dan sesudah hubungan intim untuk menghindari risiko hipoglikemi (kadar gula darah turun drastis).

3. Lakukan pola makan sehat dengan mengurangi makanan berlemak dan mengandung gula buatan. Ada baiknya menyiapkan camilan atau minuman dengan pemanis alami yang sehat dan bukan mengandung pemanis buatan sebelum melakukan hubungan intim.

4. Hindari stres dan bicarakan masalah kesehatan dengan pasangan. Saling mengerti kekurangan sama lain akan menjadikan pikiran serta hati lebih rileks dalam menjalani hubungan.

Ingat untuk selalu membicarakan masalah kesehatan Anda pada dokter yang tepat. Anda bisa menghubungi dokter HaloDoc melalui fitur Call, Chat, dan Video Call sebelum memutuskan untuk berinteraksi secara langsung di rumah sakit. Download aplikasi HaloDoc melalui App Store atau Google Play.