• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Memilih Pasta Gigi untuk Mencegah Gigi Berlubang

4 Cara Memilih Pasta Gigi untuk Mencegah Gigi Berlubang

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Pasta gigi adalah kebutuhan wajib dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun, pasta gigi punya banyak jenis dan tidak semuanya cocok kamu gunakan, lho. Misalnya saja, jika kamu tidak ingin memiliki masalah gigi berlubang, memilih pasta gigi yang tepat sangat penting. 

Salah satu kriteria utama dalam memilih pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang adalah yang mengandung fluoride, dan bahan-bahan lainnya yang sifatnya melindungi gigi dari kerusakan. Perlu diketahui bahwa gigi berlubang tidak akan sembuh hanya dengan menyikat gigi. Namun, setidaknya jika kamu memilih pasta gigi yang tepat, kondisi gigi berlubang tidak jadi semakin parah.

Baca juga: Alasan Makanan Manis Bikin Gigi Bolong

Memilih Pasta Gigi untuk Mencegah Gigi Berlubang

Perlu diketahui bahwa gigi berlubang terjadi ketika lapisan luar gigi (enamel) rusak akibat zat asam yang dikeluarkan oleh bakteri. Jadi, pasta gigi yang dipilih harus bisa melindungi lapisan enamel gigi dari kerusakan. Namun, pasta gigi hanya bisa mencegah gigi berlubang, bukan menyembuhkan atau menutup lubang pada gigi.

Berikut tips memilih pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang:

1.Pasta Gigi dengan Kandungan Fluoride

Fluoride adalah komponen terpenting yang harus ada dalam pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang. Fluoride adalah mineral yang dapat melindungi enamel gigi dari asam yang dihasilkan bakteri, sehingga zat tersebut tidak akan merusak gigi. 

Cara fluoride melindungi gigi ada dua. Pertama, membuat enamel jadi lebih kuat, sehingga tidak mengalami kerusakan akibat zat asam yang dilepaskan bakteri. Kedua, memicu proses remineralisasi atau membalikkan proses awal gigi berlubang, yang membuat lubang-lubang mikro yang mulai terbentuk di gigi, kembali tertutup.

Baca juga: 4 Cara Ampuh Atasi Gigi Berlubang

2.Pasta Gigi dengan Bahan-Bahan yang Menunjang Gigi

Bukan hanya fluoride, pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang juga perlu mengandung banyak bahan lain, seperti:

  • Bahan untuk mengurangi sensitivitas gigi, seperti potassium nitrate and stannous fluoride.
  • Bahan antimikroba, seperti pirofosfat dan zinc sitrat.
  • Bahan abrasif, seperti kalsium karbonat dan silika, untuk memaksimalkan pembersihan gigi.
  • Detergen, untuk melarutkan plak gigi yang menjadi cikal bakal gigi berlubang.
  • Peroksida, untuk membantu mengurangi noda.

Semua bahan tersebut membantu pasta gigi memberikan manfaat lain, selain mencegah gigi berlubang. Bahan-bahan tersebut juga penting jika kamu memiliki kondisi gigi lain, selain gigi berlubang. Namun, perlu diketahui bahwa bahan seperti komponen abrasif bisa menyebabkan permukaan enamel rusak, jika digunakan secara berlebihan atau menyikat gigi terlalu keras menggunakan sikat gigi berbulu kasar. 

3.Hindari Pasta Gigi Mengandung Bahan Pemicu Alergi dan Iritasi

Pada beberapa orang, bahan yang ada di dalam pasta gigi bisa saja memicu reaksi alergi atau iritasi. Misalnya, bahan seperti peppermint dan kayu manis. Beberapa pasta gigi juga menggunakan minyak atsiri atau essential oil, yang dapat memicu iritasi di permukaan rongga mulut.

Jadi, jika kamu memiliki riwayat alergi terhadap bahan-bahan tertentu, pastikan bahwa tidak ada bahan di tersebut di pasta gigi yang kamu pilih. Kalau bingung, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk berkonsultasi dengan dokter gigi, agar bisa menentukan jenis pasta gigi yang tepat sesuai kondisi kamu. 

Baca juga: Sering Diabaikan Kebiasaan yang Berbahaya untuk Gigi

4.Periksa Izin Edar dari BPOM

Pastikan pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang yang kamu beli sudah memiliki izin edar dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tujuannya adalah untuk memastikan bahan-bahan yang ada didalamnya memang aman untuk digunakan. Kamu bisa memeriksa nomor seri BPOM secara online untuk memastikan keaslian nomor yang tercantum pada kemasan pasta gigi.

Itulah sedikit tips memilih pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang. Selain memerhatikan soal pasta gigi, penting juga untuk memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin. Dengan begitu, kamu bisa tahu lebih cepat, jika ada masalah pada gigi. 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Weighing Your Toothpaste Options.
American Dental Association. Diakses pada 2020. Toothpastes.
American Dental Association. Diakses pada 2020. ADA Uses Fluoride Toothpaste to Fight High Cavity Rate in Children.