• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Mencegah Flat Foot agar Tidak Menyebabkan Nyeri Lutut
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Mencegah Flat Foot agar Tidak Menyebabkan Nyeri Lutut

4 Cara Mencegah Flat Foot agar Tidak Menyebabkan Nyeri Lutut

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 26 Oktober 2022

“Flat foot bisa memungkinkan kaki berputar ke dalam terlalu jauh, sehingga menyebabkan nyeri lutut. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah nyeri lutut pada pemilik kaki rata, mulai dari mengenakan sol ortotik hingga menurunkan berat badan.”

4 Cara Mencegah Flat Foot agar Tidak Menyebabkan Nyeri Lutut4 Cara Mencegah Flat Foot agar Tidak Menyebabkan Nyeri Lutut

Halodoc, Jakarta – Flat foot atau kaki datar adalah kondisi ketika seseorang memiliki kaki dengan lengkungan yang sangat rendah, atau tidak memiliki lengkungan sama sekali. Jadi ketika orang dengan kondisi kaki tersebut berdiri, kedua kaki mereka rata di tanah.

Meskipun pada kebanyakan kasus, flat foot tidak menyebabkan masalah. Namun, memiliki kaki yang datar bisa memengaruhi kesejajaran tubuh saat seseorang berdiri, berjalan atau berlari. 

Akibatnya, orang dengan kondisi kaki ini berisiko tinggi mengalami rasa nyeri pada bagian atas tubuh, salah satunya adalah lutut. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki flat foot, penting untuk mengetahui cara mencegah nyeri lutut di sini.

Bagaimana Flat Foot Bisa Menyebabkan Nyeri Lutut?

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa nyeri lutut yang kamu alami bisa terkait dengan kondisi kaki kamu. Nyatanya, kelemahan dan fungsi kaki yang buruk bisa secara langsung menyebabkan rasa sakit di bagian atas tubuh, yaitu pada persendian, seperti lutut, pinggul, bahkan punggung bagian bawah. Nah, kelemahan pada kaki, seperti flat foot, sering kali menjadi penyebab nyeri lutut.

Jadi, ketika kaki tidak memiliki dukungan lengkungan, kaki akan cenderung berputar ke arah dalam. Hal itu bisa menyebabkan overpronasi, yaitu kondisi ketika pergelangan kaki berputar ke dalam terlalu jauh. Kondisi tersebut ditandai dengan kedua kaki yang menunjuk ke luar saat berdiri. Hal itu pada gilirannya akan memengaruhi gaya berjalan dan memberikan tekanan berlebihan pada pergelangan kaki dan lutut.

Pergelangan kaki umumnya bisa mengatasi perubahan keseimbangan tersebut karena mereka bisa berputar ke berbagai arah. Namun, lutut, bagaimanapun, mereka dirancang untuk menekuk ke depan dan ke belakang, bukan dari sisi ke sisi. Saat kamu melakukan overpronasi, lutut kamu dipaksa ke arah yang tidak seharusnya. Itulah yang menyebabkan orang dengan flat foot rentan mengalami nyeri lutut.

Tips Mencegah Flat Foot agar Tidak Menyebabkan Nyeri Lutut

Nah, bagi kamu yang memiliki flat foot, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah nyeri lutut:

1. Gunakan sol untuk lengkungan kaki

Bila flat foot menyebabkan nyeri lutut yang parah atau persisten, penyangga lengkung ortotik bisa memberikan manfaat yang besar untuk mengatasi masalah tersebut. Dukungan ortotik tersebut bisa memodifikasi struktur kaki kamu, sehingga akan mengurangi tekanan pada lutut.

Kamu bisa mendapatkan penyangga lengkungan khusus yang diresepkan oleh dokter, atau bila nyeri lutut kamu tidak terlalu parah, kamu mungkin bisa mendapatkan sol bantalan untuk kaki yang biasanya dijual di apotek. Ingatlah untuk mengganti alat penyangga tersebut bila sudah aus, karena penyangga lengkungan kaki yang sudah aus tidak akan berguna atau bermanfaat lagi.

2. Lakukan peregangan kaki

Ada banyak latihan peregangan yang juga bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan lengkungan kaki, sehingga bisa sangat membantu bagi orang yang mengalami nyeri lutut akibat kaki datar. Kamu bisa memperkuat otot-otot intrinsik kaki dengan mengambil kelereng dengan jari kaki, menumpuk barang dengan jari kaki, atau menulis angka di pasir dengan jempol kaki.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan latihan untuk meregangkan ligamen plantar fascia, sehingga lengkungan kaki bisa lebih fleksibel dan mengurangi rasa sakit dan nyeri. Caranya, gulingkan bola golf ke depan dan ke belakang di bawah lengkungan kaki kamu, sambil duduk. Peregangan pelari juga bagus untuk memperpanjang otot betis dan tendon Achilles, yang keduanya bisa menyebabkan pronasi saat kencang.

3. Gunakan sepatu yang tepat

Sepatu yang tepat merupakan salah satu kunci untuk mengurangi flat foot yang bisa menyebabkan nyeri lutut dan nyeri pinggul. Bagi kamu yang memiliki kondisi kaki rata, sebaiknya hindari mengenakan sepatu hak tinggi, karena bisa meningkatkan risiko degenerasi sendi lutut. Jadi, cobalah untuk selalu memakai sepatu hak rendah. 

Namun, kamu juga perlu berhati-hati saat memilih sepatu datar, karena banyak yang tidak memberikan dukungan lengkungan yang memadai. Nah, kondisi ini bisa menyebabkan nyeri lutut, nyeri pinggul, bahkan nyeri punggung.

Sepatu kets merupakan pilihan sepatu yang tepat bagi flat foot, karena memberikan bantalan dan bisa membantu mengontrol pronasi. Namun, jika nyeri lutut dan pinggul disebabkan oleh mekanika kaki yang buruk, maka sepatu yang dilengkapi dengan sol orthotic bisa menjadi alas kaki yang baik untuk meredakan nyeri lutut.

4. Menurunkan berat badan

Bila penyebab flat foot adalah karena kelebihan berat badan, menurunkan berat badan bisa menjadi solusi untuk mengurangi gejala dan efek sampingnya, seperti nyeri lutut. Hal itu penting agar beban pada kaki dan lutut tidak terlalu berat.

Itulah beberapa cara untuk mencegah flat foot agar tidak menyebabkan nyeri lutut. Bila cara-cara di atas tidak berhasil mengurangi nyeri sendi kamu akibat kaki rata, ada baiknya temui dokter untuk mendapatkan penanganan medis. 

Kamu bisa berobat ke dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi:
All Care Foot and Ankle Center. Diakses pada 2022. Flat Feet Could be the Cause of Your Back, Hip, and Knee Pain.
Select Flex. Diakses pada 2022. How Can I Reduce Joint Pain Caused By Flat Feet.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about flat feet