• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Keriting
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Keriting

4 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Keriting

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 Januari 2022

“Punya rambut yang keriting sekaligus kering terkadang membuat sebagian orang tidak percaya diri. Selain itu, rambut yang kering juga cenderung mudah rontok dan terlihat kusam. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, ketahui tips mengatasi rambut kering dan keriting berikut ini.”

4 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Keriting

Halodoc, Jakarta – Perawatan rambut keriting tidak semudah merawat rambut lurus sebab rambut yang keriting cenderung lebih mudah kusut dan lebih sulit diatur. Apalagi jika rambut keriting cenderung kering, kamu perlu tahu cara mengatasi rambut kering agar tetap lembut terawat.

Rambut kering biasanya disebabkan oleh udara dingin, salah menggunakan produk rambut atau sering melakukan styling rambut. Kalau kamu sedang menghadapi masalah rambut yang satu ini, yuk simak tips berikut. 

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Keriting

Sebenarnya perawatan rambut kering pada rambut keriting tidak jauh berbeda dengan perawatan pada umumnya. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kelembapan rambut:

1. Pilih sampo yang tepat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih sampo yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Untuk rambut yang kering, pilihlah sampo dengan bahan yang mampu melembapkan rambut. Contohnya seperti minyak argan, minyak zaitun, minyak almond atau minyak argan. Kandungan minyak ini biasanya mampu mengunci kelembapan rambut lebih lama sehingga rambut tampak lembut dan halus. 

2. Oleskan kondisioner

Kamu mungkin juga butuh kondisioner untuk meningkatkan kelembapan rambut. Salah satu cara agar helai rambut terhidrasi adalah dengan menggunakan deep conditioner. Bedanya dengan kondisioner biasa, deep conditioner memerlukan waktu lebih lama agar kandunganya menyerap sempurna pada rambut. Ketika terserap dengan baik, kondisioner dapat memberi rambut kelembapan dalam waktu lama. Penggunaan kondisioner juga bisa membuat rambut lebih lentur dan halus sehingga mengurangi keriting. 

3. Keringkan rambut dengan benar

Apakah kamu sering mengeringkan rambut menggunakan haidryer? Kalau iya, kebiasaan yang satu inu mungkin salah satu penyebab rambut kering. Setelah keramas, rambut yang basah sangat rapuh, sehingga kamu tidak boleh asal mengeringkannya supaya tidak rontok. 

Gunakan kain lembut seperti katun atau handuk microfiber yang tidak akan menimbulkan gesekan terlalu banyak. Mengeringkan rambut dengan benar  juga membantu mencegah rambut kering karena cara ini mampu menyerap kelebihan air tanpa menghilangkan kelembapan rambut. 

4. Gunakan minyak rambut

Selain memberikan nutrisi untuk rambut, minyak rambut juga efektif untuk mengunci kelembapan rambut. Oleskan beberapa tetes minyak ke tangan dan ratakan dengan mengusap atau sedikit menyisir-nyisir rambut. Selain memberi kelembapan, minyak rambut juga bisa mengurangi keriting sehingga rambut terlihat lebih ikal.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi rambut kering dan keriting. Jika butuh vitamin rambut, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen di toko kesehatan Halodoc. Tak perlu repot ke luar rumah, tinggal klik lalu pesanan akan di antar ke tempat tujuan. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Carols Daughter. Diakses pada 2022. Your 5-Step Routine For Very Dry Curly Hair.
Healthline. Diakses pada 2022. 5 Home Remedies for Frizzy Hair, Plus Tips for Prevention.
Medical News Today. Diakses pada 2022. How do I stop my hair from being dry?