• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Mengatasi Sakit Perut di Rumah

4 Cara Mengatasi Sakit Perut di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Cara Mengatasi Sakit Perut di Rumah

Halodoc, Jakarta – Sakit perut adalah kondisi yang umum dan bisa terjadi kapan saja. Kabar buruknya, karena tergolong sering muncul, tidak sedikit orang yang sering mengabaikan, bahkan meremehkan nyeri yang muncul di area perut. Padahal, ada beberapa kondisi atau gangguan kesehatan berbahaya yang ditandai dengan gejala sakit perut. 

Untuk mengetahui penyebab sakit perut, disarankan untuk selalu melakukan pemeriksaan ke rumah sakit, terutama jika sakit perut tak kunjung membaik dan disertai gejala yang parah. Secara umum, sakit perut merupakan nyeri yang muncul di antara tulang iga dan tulang panggul. 

Selain sensasi nyeri, kondisi ini juga bisa menyebabkan pengidapnya mengalami mulas, kram, serta rasa seperti tertusuk di perut. Lantas, bagaimana cara mengatasi sakit perut? 

Baca juga: Sakit Perut Setelah Sarapan, Apa yang Salah?


Mengatasi Sakit Perut di Rumah 

Namun tidak perlu terlalu khawatir, nyatanya tidak semua sakit perut yang muncul merupakan tanda bahaya. Pada beberapa kasus, sakit perut bisa diatasi dengan pengobatan sederhana yang dilakukan secara mandiri di rumah. Namun tentu saja, pastikan untuk selalu waspada dan segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit jika sakit perut semakin terasa mengganggu. 

Atau jika ragu, kamu bisa coba berbicara pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Sampaikan keluhan seputar sakit perut dan gejala lain yang muncul melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dokter akan membantu dan memberi saran seputar kesehatan. Segera download Halodoc di App Store dan Google Play! 

Secara umum, sakit perut bisa jadi disebabkan oleh gangguan pada organ yang ada di dalam perut. Ada beberapa jenis organ yang ada di dalam perut manusia, mulai dari lambung, hati, empedu, pankreas, limpa, usus, dan ginjal. Ada beragam gangguan yang bisa menyerang organ di perut, seperti peradangan, infeksi, atau penyumbatan.

Sakit perut bisa muncul secara mendadak atau perlahan. Selain itu, kondisi ini juga bisa menetap atau hilang setelah beberapa saat. Saat sakit perut menyerang, pengidapnya mungkin akan merasa terganggu dan kesulitan untuk beraktivitas. Maka dari itu, dibutuhkan beberapa cara untuk membantu meredakan nyeri pada perut. 

Baca juga: Awas, Sakit Perut Sebelah Kiri Bisa Menandai Penyakit Ini

Cara mengobati sakit perut sebenarnya tergantung pada hal yang menjadi penyebabnya. Jika sakit perut muncul karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, maka perubahan gaya hidup bisa menjadi solusinya. Sementara sakit perut yang terjadi karena infeksi, mungkin harus mendapatkan perawatan dan konsumsi obat-obatan tertentu sesuai resep dokter. 

Pada kasus yang parah, sakit perut juga bisa muncul akibat penyakit yang harus ditangani dengan prosedur operasi. Operasi harus dilakukan untuk mengatasi sakit perut yang disebabkan oleh hernia atau usus buntu. Namun, saat sakit perut menyerang, kamu bisa menerapkan langkah perawatan di rumah sebagai pertolongan pertama. Hal yang bisa dilakukan, di antaranya: 

  1. Mengompres area perut dengan kain hangat atau bantal pemanas. Kamu bisa meletakkan bantal di area perut yang sakit. 
  2. Mengelola stres, sebab hal ini bisa menjadi pemicu sakit perut. Biasakan untuk rutin berolahraga atau melakukan meditasi. 
  3. Hindari kebiasaan makan yang buruk, misalnya makan sekaligus dalam porsi yang besar. Sebagai gantinya, kamu bisa makan secara perlahan dan membaginya dalam beberapa porsi kecil. Biasakan juga untuk mengunyah makanan hingga lunak agar lebih mudah dicerna. 
  4. Menghindari konsumsi makanan yang bisa memicu sakit perut, misalnya makanan pedas atau berlemak.

Baca juga: Hati-Hati, 7 Penyakit Ini Bisa Ditandai Sakit Perut Bagian Bawah



Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Causes Abdominal Pain?
Web MD. Diakses pada 2020. Abdominal Pain: What You Should Know.
Web MD. Diakses pada 2020. How to Treat Stomach Pain in Adults.