• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Menjalani Hubungan yang Sehat

4 Cara Menjalani Hubungan yang Sehat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Memiliki hubungan yang sehat pasti menjadi keinginan semua pasangan. Namun terkadang, mewujudkan hubungan yang sehat adalah sesuatu hal yang sulit. Padahal banyak manfaat yang bisa kamu rasakan jika kamu memiliki hubungan yang sehat dengan pasangan. Hubungan yang sehat nyatanya bisa memberikan kamu dan pasangan kesempatan lebih luas untuk mengekspresikan perasaan dan diri kalian masing-masing. Selain itu, kalian bisa mengembangkan diri masing-masing dengan dukungan langsung dari pasangan.

(Baca juga: Insecure Bikin Hubunganmu Runyam)

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hubungan yang sehat dengan pasangan kamu.

 

  • Lakukan Komunikasi yang Baik dengan Pasangan

 

Saat ada hal yang mengganjal yang kalian rasakan terhadap pasangan, sebaiknya langsung dikomunikasikan dengan baik kepada pasangan. Tidak perlu emosi, jelaskan secara detail yang membuat kamu merasa tidak nyaman dengan pasangan. Sampaikan pikiran atau pun perasaan yang kamu rasakan saat itu juga, sehingga pasangan akan mengerti mengenai sikap yang membuatmu tidak nyaman.

Setelah menjelaskan permasalahan, dengarkan penjelasan pasangan dengan baik. Kamu juga harus tahu kapan kamu harus menjelaskan dan kapan kamu harus mendengarkan pasanganmu untuk bercerita. Belajarlah menyimak dan jangan sampai memotong penjelasan pasangan agar pasangan merasa dihargai dan bisa menyampaikan isi perasaannya.

Jangan lupa juga untuk menjelaskan masalah kepada pasangan secara tegas dan tanpa basa basi atau kode. Hubungan kamu bisa saja semakin runyam jika kamu tidak menjelaskan secara tegas apa yang kalian inginkan dalam hubungan kalian.

 

  • Lakukan Interaksi yang Rutin dengan Pasangan

 

Meskipun kamu dan pasangan sama-sama memiliki pekerjaan yang cukup padat, usahakan untuk selalu berinteraksi. Kamu bisa lakukan pada malam hari setelah pulang kerja. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan bersama pasangan untuk menghilangkan sejenak rasa lelah atau penat setelah bekerja seharian.

Tidak perlu keluar rumah, kamu dan pasangan bisa memiliki waktu yang berkualitas dengan menikmati alunan musik lembut di dalam kamar. Menyiapkan makan malam romantis bersama pasangan di rumah juga ide menarik yang bisa digunakan untuk membuat hubungan kalian semakin berkualitas dan sehat.

 

  • Bersikap Saling Menghargai

 

Merasa dihargai oleh pasangan adalah salah satu ciri hubungan yang sehat. Mengucapkan terima kasih, mengucapkan maaf, atau memaafkan adalah hal-hal kecil dan positif yang akan membuat hubungan kalian menjadi berkualitas.

Memberikan waktu kepada pasangan untuk bertemu dengan teman-temannya juga menjadi salah satu sikap saling menghargai, walaupun sebenarnya kamu ingin pasangan kamu selalu berada di sampingmu. Menghargai kebebasan pasangan bersama teman-temannya menjadi salah satu hal yang sangat mewah bagi pasangan. Dengan begitu, pasangan juga akan lebih menghargai waktu yang kalian habiskan untuk berdua.

 

  • Kenali Diri Kamu dan Pasangan

 

Menerima bahwa tidak ada yang sempurna bisa membuat hubungan kamu dan pasangan menjadi lebih sehat. Tidak ada yang sempurna baik kamu maupun pasangan. Sebaiknya, kamu mengenali diri kamu sendiri terlebih dahulu sebelum kamu bisa mengenal pasanganmu dengan baik. Jangan pernah berpikir untuk bisa mengubah seseorang menjadi pribadi yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk berkompromi dalam memecahkan setiap masalah yang datang menerpa hubungan kamu.

(Baca juga: Membangun Kepercayaan untuk Keharmonisan Hubungan)

Membangun sebuah hubungan yang sehat tentu membutuhkan pengorbanan, waktu, usaha, dan juga komitmen antara kamu dan pasangan. Jika kamu memiliki masalah hubungan dengan pasanganmu, kamu bisa tanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.