• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat yang Bisa Dicoba
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat yang Bisa Dicoba

4 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat yang Bisa Dicoba

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 Juni 2022

“Terdapat beberapa cara menumbuhkan rambut dengan cepat yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah dengan menggunakan gel lidah buaya.”

4 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat yang Bisa Dicoba

Halodoc, Jakarta – Stres secara emosional maupun fisik dapat memicu terjadinya kerusakan rambut seperti mudah rontok. Jika kamu mengalaminya, hal ini tentu tidak dapat disepelekan. Sebab, kondisi tersebut pada akhirnya dapat berujung pada penipisan rambut jika masalah tersebut tidak segera ditangani.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa perawatan rambut sebagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat dan aman.  Penasaran apa saja caranya? Yuk, simak informasinya di sini!

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat 

Berikut adalah beberapa cara menumbuhkan rambut dengan cepat yang bisa kamu coba:

1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang diketahui dapat mengatasi berbagai macam masalah rambut. Hal ini lantaran lidah buaya kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat dalam menebalkan dan menumbuhkan rambut. Menariknya lagi, lidah buaya juga diketahui dapat menyehatkan rambut dan membuatnya  berkilau secara alami.

Untuk menggunakannya, kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya ke bagian akar rambut dan kepala secara menyeluruh. Diamkan gel tersebut sekitar satu jam, kemudian bilas rambut dan kepala dengan air bersih.

2. Pastikan Asupan Protein Terpenuhi dengan Baik

Kurangnya asupan protein pada tubuh dapat membuat rambut menjadi lemah, mudah rontok dan rapuh. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi setidaknya 45 gram protein setiap harinya agar rambut tetap sehat. Hal ini bertujuan agar proses pertumbuhan rambut dapat berjalan secara maksimal.

Kamu bisa mendapatkan protein dari berbagai sumber, seperti ikan, kacang polong, produk susu rendah lemak, telur hingga daging tanpa lemak.

3. Manfaatkan Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah dipercaya sejak lama dapat menumbuhkan sekaligus menebalkan rambut. Hal ini lantaran minyak ini mengandung nutrisi penting berupa asam lemak sehat yang dapat membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih kuat dan cepat. 

Jika kamu ingin mencobanya, kamu dapat mengoleskannya secara langsung ke rambut disertai pijatan ringan di kepala. Kamu perlu menunggu minyak tersebut sekitar dua jam, lalu bilas dengan sampo

4. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dipercaya dapat menumbuhkan rambut dengan cepat sekaligus menghilangkan ketombe. Jika ingin mencobanya, kamu dapat mengoleskan minyak kelapa ke rambut dan kepalamu. Tunggu beberapa jam atau biarkan semalaman. Kemudian bilas keesokan paginya.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rambut dengan cepat. Mulai dari menggunakan gel lidah buaya, memastikan asupan protein terpenuhi dengan baik, hingga menggunakan minyak kelapa. Namun, jika beberapa cara tersebut tak kunjung membuahkan hasil, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit dengan dokter spesialis pilihanmu. Tentunya tanpa perlu menunggu atau mengantre berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 

WebMD. Diakses pada 2022. 14 Ways to Help Your Hair Grow Faster and Stronger. 
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Tips to Naturally Regrow Your Hair. 
CNN Indonesia. Diakses pada 2022. 5 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Cepat dengan Bahan Alami.