• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan Rambut
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan Rambut

4 Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan Rambut

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Mei 2022

“Ada beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rambutmu. Salah satunya adalah menggunting rambut secara teratur.”

4 Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Halodoc, Jakarta – Rambut kering atau bercabang adalah masalah rambut yang sering terjadi. Selain menimbulkan ketidaknyamanan, masalah rambut tersebut tentunya dapat mengganggu penampilan. 

Faktanya, salah satu penyebab dari beberapa masalah rambut adalah berkurangnya minyak rambut alami. Berkurangnya minyak ini bisa dipicu oleh kandungan kimia produk rambut yang terlalu keras. Selain itu, penggunaan pengering rambut yang berlebihan juga dapat memicunya. 

Kendati demikian, masalah rambut bercabang atau kering sebenarnya dapat diatasi dengan cara sederhana. Terdapat beberapa langkah perawatan rambut yang dapat kamu lakukan. Penasaran apa saja caranya?

Cara Menjaga Kesehatan Rambut 

Cara menjaga kesehatan rambut bisa dilakukan dengan menggunting rambut secara teratur hingga menggunakan minyak esensial.

Lengkapnya, simak penjelasan berikut ini!

1.  Menggunting Rambut Secara Teratur

Cara menjaga kesehatan rambut agar tidak rusak secara alami bisa dengan menggunting rambut secara teratur. Menggunting rambut membantu mengurangi rambut bercabang.

Selain itu, ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat. Bila rambut rusak dan dibiarkan terlalu panjang, maka dapat memperparah kerusakan rambut.

Aturan yang disarankan sebaiknya menggunting rambut secara teratur kurang lebih setiap tiga bulan sekali. Namun, bila rambut sering terpapar panas dari alat catokan, hair dryer, atau peralatan lain, sebaiknya lakukan setiap dua bulan sekali.

Ingat, jika kamu menggunting rambut sendiri di rumah, jangan menggunakan gunting tumpul.  Sebab pengunaan gunting tumpul hanya akan memperparah kerusakan rambut.

2.  Mengonsumsi Makanan Bergizi

Merawat kesehatan rambut memang dapat dilakukan dengan menggunakan jasa perawatan di salon. Namun, hal itu tidak cukup untuk mendapatkan rambut yang indah dan diimpikan setiap wanita. Sebab, nutrisi yang memadai penting untuk mendapatkan hal tersebut.

Nah, salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan rambut adalah protein. Perlu diketahui, kisaran protein yang dibutuhkan tubuh per hari sebanyak 46 gr. Kadar protein ini kurang lebih setara dengan susu kedelai 200 ml, 7 butir telur, 6 ons daging tanpa lemak, dan 6 cangkir susu.

Tidak hanya itu, asam lemak omega 3 yang berasal dari ikan sebanyak dua kali per minggu juga membantu melembapkan rambut sekaligus melindungi organ jantung serta meringankan gejala pengidap depresi.

Nutrisi yang tak kalah penting untuk membantu pertumbuhan rambut adalah zat besi dan zinc. Nutrisi ini bisa kamu dapatkan dari makanan seperti daging tanpa lemak atau kacang kedelai yang dikonsumsi dua kali per minggu.

Lalu, nutrisi lain yang bermanfaat untuk rambut, yaitu biotin dan vitamin D. Biotin banyak dikandung oleh telur yang mampu merawat kesehatan rambut tebal kamu. Sementara itu, vitamin D bisa diperoleh dari sinar matahari untuk merangsang pertumbuhan rambut.

3. Pilih Produk Rambut yang Sesuai dengan Tipe Rambut

Cara lain untuk menjaga kesehatan rambut adalah dengan memilih produk yang sesuai. Contohnya seperti sampo dan kondisioner yang memang diformulasikan khusus untuk jenis rambut yang kamu miliki. Namun, jika kamu mewarnai rambu, pastikan untuk menggunakan sampo yang memang dirancang khusus untuk rambut yang diwarnai. 

4.  Menggunakan Minyak Esensial

Menggunakan minyak esensial pada rambut secara teratur juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Menariknya lagi, penggunaan minyak esensial juga memberikan keharuman alami pada rambut.

Kandungan minyak esensial banyak terdapat pada produk untuk rambut seperti sampo, serum, dan lain-lain.

Namun, pastikan untuk menghindari produk yang mengandung minyak mineral karena hanya memberikan kelembapan pada permukaan rambut saja.

Ada beberapa jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Salah satunya seperti minyak kelapa yang berfungsi untuk melembutkan dan menambah kilap rambut.

Selain itu, ada pula minyak almond yang berguna untuk menghaluskan dan melembapkan kulit kepala.

Jika rambut kamu cenderung berketombe, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih minyak esensial lavender. Sebab, minyak tersebut dapat membantu mengatasi masalah tersebut, membuat rambut berkilau, dan sekaligus menyehatkan rambut.

Untuk menjaga kesehatan rambut, kamu juga bisa memberikan minyak esensial jojoba untuk melembapkan rambut, serta memberi nutrisi, dan menstimulasi kulit kepala.

Itulah beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan rambut, mulai dari menggunting rambut secara teratur hingga menggunakan minyak esensial. Dengan menerapkan beberapa cara tersebut, maka kamu bisa memiliki rambut yang sehat dan kuat tanpa perlu mengeluarkan lebih banyak biaya untuk perawatan di salon. 

Selain itu, pastikan kamu juga mengetahui jenis rambutmu agar perawatan yang dapat kamu lakukan dapat disesuaikan. Jika kamu saat ini masih bingung dengan jenis rambut yang kamu miliki, coba hubungi dokter. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis untuk menanyakan hal tersebut lewat fitur chat/video call secara langsung. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. 9 Tricks for Healthier, Fuller-Looking Hair. 
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2022. Tips for Healthy Hair.