• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Sederhana Membuat Masker Wajah

4 Cara Sederhana Membuat Masker Wajah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Cara Sederhana Membuat Masker Wajah

“Setiap wanita tentu ingin memiliki kulit yang putih, bersih, dan sehat. Tak heran jika mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkannya. Padahal, tidak perlu demikian, kamu bisa memiliki kulit wajah bersih, putih, dan sehat dengan mengetahui cara membuat masker wajah alami.”

Halodoc, Jakarta – Masker wajah alami untuk mencerahkan dan membersihkan kulit wajah biasanya terbuat dari bahan-bahan yang sangat mudah didapatkan. Misalnya, buah, sayur, telur, madu, atau yogurt. Singkatnya, masker alami tentu tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kulit. 

Kini, kamu tidak perlu lagi menyisihkan banyak waktu dan mengeluarkan banyak uang untuk memiliki kulit sehat dan cerah. Kamu hanya perlu tahu bagaimana cara membuat masker wajah dari bahan alami dan rutin melakukan perawatan tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Baca juga: Manfaat Masker Wajah untuk Kecantikan Kulit Berdasarkan Jenisnya

Namun, tetap perlu kamu tahu bahwa meski dipercaya mampu membantu menyehatkan dan mencerahkan kulit wajah, masker yang terbuat dari bahan alami ini masih perlu dilakukan uji lebih lanjut untuk membuktikan manfaatnya. Langsung saja, berikut ini masker alami yang bisa kamu coba buat di rumah:

  1. Masker dari Buah Lemon

Lemon memiliki kandungan asam yang membantu membuat kulit cerah alami. Tak lupa, vitamin C sebagai antioksidan yang membantu tumbuhnya sel kulit baru dan menunjang kesehatan kulit. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Peras buah lemon, ambil sebanyak 2 sendok makan. Kamu bisa tambahkan dengan 1 butir telur bagian putihnya. Campurkan.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu oleskan masker secara merata. 
  • Diamkan selama sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih. 

Kamu juga bisa menggunakan perasan lemon dan air untuk masker wajah. Campurkan keduanya dan oleskan pada wajah, diamkan selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih. 

2. Masker dari Buah Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain dan antioksidan yang sangat baik untuk membantu memperbaiki kerusakan kulit sekaligus mengangkat sel kulit yang mati. Buah ini juga dipercaya mampu mengurangi flek hitam akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Cara membuat masker wajah dari pepaya adalah sebagai berikut:

  • Haluskan buah pepaya. 
  • Usapkan pada wajah dan diamkan sampai sekitar 10 menit. Bilas sampai bersih.

Kamu juga bisa mencampurkan pepaya dengan buah pisang atau menambahkan madu untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

Baca juga: 3 Jenis Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

3. Masker dari Buah Stroberi

Siapa sangka, buah stroberi ternyata mampu membantu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab hilangnya kolagen dan rusaknya sel kulit mati. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah ini juga membantu menjaga kulit wajah tetap sehat, lho! Begini cara membuat masker wajah dari buah stroberi: 

  • Haluskan buah stroberi dengan sedikit air.
  • Oleskan secara merata pada kulit wajah. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. 

Kamu bisa menambahkan madu atau yogurt saat membuat masker dari buah stroberi. Lakukan perawatan sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu.

4. Masker dari Buah Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak yang menyehatkan, kaya akan kalium dan vitamin B yang bisa melembapkan kulit dan bersifat eksfoliasi untuk kulit kering. Masker dari buah ini bisa dibuat dengan langkah berikut: 

  • Haluskan buah alpukat. Tambahkan madu, putih telur, atau yogurt.
  • Oleskan secara merata pada kulit wajah. Diamkan selama 10 menit, bilas sampai bersih.

Baca juga: Tanda-tanda Alergi Kosmetik dan Cara Mengatasinya

Nah, itu tadi beberapa cara membuat masker wajah dari bahan-bahan alami di rumah. Hati-hati kalau kamu punya risiko alergi, sebaiknya kamu tanyakan dulu pada dokter sebelum membuatnya. Pakai aplikasi Halodoc, tanya dokter kapan saja pastinya lebih mudah. Download aplikasinya sekarang ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Everyday Health. Diakses pada 2021. 10 Best Natural Clear Skin Remedies.

Health. Diakses pada 2021. 12 Homemade Face Masks for Fresh, Younger-Looking Skin.

Healthline. Diakses pada 2021. Homemade Face Masks for 6 Different Skin Conditions: Recipes, Benefits, How to Use.