• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Sederhana untuk Atasi Sakit Punggung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Sederhana untuk Atasi Sakit Punggung

4 Cara Sederhana untuk Atasi Sakit Punggung

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 Juli 2022

“Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk atasi sakit punggung. Nah, beberapa di antaranya adalah menempelkan es batu dan mengoleskan pereda nyeri.”

4 Cara Sederhana untuk Atasi Sakit Punggung

Halodoc, Jakarta – Sakit punggung adalah masalah yang rentan terjadi pada seseorang yang kerap menghabiskan waktu di depan komputer. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk atasi sakit punggung.

Cara Sederhana Atasi Sakit Punggung yang Efektif

Saat seseorang mengalami rasa sakit pada punggung, ini bisa menjadi tanda kelelahan. Namun jika masalah ini disertai dengan gejala lainnya, bisa jadi ada masalah pada tulang belakang. Hal ini juga bisa terjadi akibat kebiasaan harian yang terlalu banyak duduk atau terlalu sedikit minum air putih.

Maka dari itu, penting untuk tahu cara mudah untuk atasi sakit punggung yang dirasakan. Dengan melakukan pengobatan yang tepat untuk mengatasi masalah ini, aktivitas tentu tidak akan terganggu. Lalu, apa saja sih cara yang bisa dilakukan? Nah, berikut beberapa langkahnya:

1. Tempelkan Es Batu

Cara paling awal yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung adalah dengan menempelkan es batu secukupnya. Bungkus es batu tersebut dengan kain bersih dan tempatkan di area punggung yang dirasa sakit atau nyeri.

Saat mengompres, cobalah sambil memijat perlahan di area yang sakit. Jika terasa sulit untuk melakukannya, cobalah meminta bantuan dari keluarga atau orang di rumah untuk menempelkan es batu di area yang sakit. Diamkan selama beberapa menit sambil minta dipijat agar cepat sembuh.

Es batu yang ditempelkan dapat memberikan sensasi dingin pada kulit. Dengan begitu, perasaan sakit dapat mereda karena pengurangan peradangan pada otot dan jaringan di area tersebut. Ulangi kompres setelah 20 menit untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

2. Oleskan Pereda Nyeri

Langkah selanjutnya adalah mengoleskan salep atau krim khusus yang mampu meredakan nyeri pada tubuh. Beberapa produk yang mengandung ibuprofen atau acetaminophen kerap digunakan untuk mengatasi perasaan nyeri sebelum semakin parah. Maka dari itu, banyak orang yang selalu membawa produk ini, terlebih pada seseorang yang aktif secara fisik.

Namun jika setelah mengoles produk ini tidak kunjung membaik, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan medis. Sebab, ditakutkan jika terjadi robekan pada ligamen dan masalah lainnya. Dengan begitu, berbagai masalah yang lebih besar bisa dihindari.

3. Melakukan Beberapa Gerakan

Kamu juga bisa lho melakukan beberapa gerakan untuk menambah kekuatan punggung di bagian bawah. Hal ini dapat meringankan dan mencegah gangguan akibat sakit punggung. Kekuatan punggung juga dapat meningkat, sehingga tidak mudah untuk terasa sakit.

Caranya adalah dengan berbaring di lantai atau tempat yang memiliki permukaan datar. Letakkan kedua lengan ke bawah, tepat di samping tubuh dan kaki ditekuk. Setelahnya, dorong perut ke atas agar punggung terangkat. Tahan gerakan selama beberapa detik dan ulangi lagi gerakan tersebut.

4. Gerakan Kaki ke Dada

Kamu juga bisa melakukan gerakan menempelkan kaki ke dada. Gerakan ini dapat meregangkan punggung bagian bawah. Caranya adalah dengan meletakkan satu tangan di sekitar lutut pada sisi yang sama. Lalu, tarik lutut ke arah dada dan terus dekatkan selama tidak menimbulkan rasa sakit. Akhirnya, lutut menempel ke dada dan lengan melingkari bagian atas setiap tulang kering.

Nah, itulah beberapa cara atasi sakit punggung yang bisa dilakukan. Pastikan untuk melakukan semua hal tersebut jika dirasa punggung tidak nyaman setelah melakukan suatu aktivitas. Jika rasa sakit atau tidak nyaman terus dirasakan, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan terkait penyebabnya.

Kamu bisa lho menggunakan fitur janji medis untuk memastikan penyebab sakit punggung yang terjadi. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa dilakukan hanya dengan penggunaan smartphone. Maka dari itu, gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2022. Back Exercises for Relieving Muscle Tension and Pain.