• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Sederhana untuk Mengatasi Telinga Tersumbat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Sederhana untuk Mengatasi Telinga Tersumbat

4 Cara Sederhana untuk Mengatasi Telinga Tersumbat

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Mei 2022

“Mengatasi telinga tersumbat tentu tidak mudah karena ia menimbulkan ketidaknyamanan bahkan bisa mengganggu fungsi pendengaran. Kondisi ini ternyata mudah diatasi dengan perawatan sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah.”

4 Cara Sederhana untuk Mengatasi Telinga Tersumbat

Halodoc, Jakarta – Sama seperti orang yang sering mengalami hidung tersumbat, telinga juga bisa mengalami penyumbatan. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari penumpukan kotoran, masuknya air, perubahan ketinggian, infeksi sinus, infeksi telinga sampai alergi. 

Baik anak-anak maupun orang dewasa kerap mengalami penyumbatan telinga saat pilek. Lantas, bagaimana mengatasi kondisi ini? Simak penjelasan berikut ini. 

Cara Sederhana Mengatasi Telinga Tersumbat

Telinga yang tersumbat biasanya bisa mereda dengan sendirinya atau mereda saat kamu menguap, menelan, mengunyah, dan meniup hidung. Namun jika telinga yang tersumbat tak kunjung mereda, ada beberapa metode yang bisa dicoba untuk melegakannya. Berikut ini adalah beberapa metode rumahan yang bisa kamu coba:

1. Gunakan Uap

Uap dapat membantu membuka telinga yang tersumbat jika penyebabnya adalah infeksi atau alergi. Pertama-tama, kamu bisa memanaskan air dalam panci sampai mendidih. Kemudian angkat panci dan letakkan handuk di atasnya. Tarik napas dalam-dalam untuk menghirup uapnya. Kamu juga bisa mandi air hangat untuk mendapatkan manfaat yang sama. 

2. Coba Minyak Esensial

Banyak minyak dianggap memiliki sifat antibiotik, antiseptik, atau anti-inflamasi. Beberapa minyak esensial yang direkomendasikan untuk membantu membersihkan lendir, mengurangi peradangan, atau mengobati infeksi meliputi tea tree oil, minyak kayu putih, dan minyak ppermint. Jenis minyak ini umumhya dapat dihirup sebagai uap atau ditempatkan di dekat hidung sehingga uapnya terhirup.

3. Gunakan Kompres Hangat untuk Mengatasi Telinga Tersumbat

Kompres hangat juga bisa kamu coba untuk mengeringkan saluran hidung dan mengurangi jumlah lendir di telinga. Caranya, tuangkan air panas ke waslap bersih lalu  diperas dan tempatkan di bawah telinga yang sakit selama sekitar 5 hingga 10 menit.

4. Berkumur Air Garam

Larutan air garam dinilai juga mampu mengurangi lendir di hidung dan telinga. Untuk melakukan kumur air asin, kamu perlu menambahkan sedikit garam ke dalam air dan mencampurnya. Setelah tercampur, kumur-kumur selama beberapa detik lalu memuntahkannya.

Itulah beberapa cara sederhana untuk meringankan telinga tersumbat. Apabila tips di atas kurang membantu, kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui perawatan lain yang lebih solutif. Segera tanyakan dokter supaya kondisinya tidak semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. How can you unblock your ear?
Healthline. Diakses pada 2022. How to Unclog Your Ears.
MedicineNet. Diakses pada 2022. How Can I Unclog My Ears at Home?