24 May 2018

4 Dampak Kurang Minum saat Mudik

4 Dampak Kurang Minum saat Mudik

Halodoc, Jakarta – Menjelang berakhirnya bulan Ramadan, banyak orang mulai sibuk mempersiapkan momen mudik. Ini adalah momen yang sudah turun temurun di mana setiap orang akan berkumpul di kampung halamannya masing-masing. Jika kamu berencana mudik saat lebaran nanti, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih.

Dampak Kurang Minum saat Mudik

Kurang minum bisa menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan) dan berdampak buruk pada kesehatan. Kondisi ini akan menyebabkan mulut kering, berkurangnya produksi urin, berubahnya warna urin, dan kulit kering. Lantas, apa saja dampak ketika kurang minum saat mudik?

  1. Konsentrasi Menurun

Kurang minum saat mudik bisa mengganggu asupan cairan ke otak. Akibatnya, tingkat konsentrasi akan menurun dan membuat kamu sulit fokus. Hal ini tentu sangat berbahaya, terutama jika kamu mengemudikan kendaraan saat mudik.

  1. Pusing

Kurang minum juga membuat sirkulasi darah ke otak menjadi berkurang. Dampaknya, kamu rentan mengalami sakit kepala (pusing). Kondisi ini juga bisa memengaruhi tingkat serotonin dalam tubuh, yaitu hormon yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur, nafsu makan, dan suasana hati (mood) seseorang.

  1. Emosi Tak Terkendali

Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya adalah emosi pengemudi yang tidak terkendali. Ternyata, hal ini bisa dipicu oleh kekurangan cairan dalam tubuh yang berdampak pada perubahan mood seseorang. Hasilnya, seseorang menjadi lebih sensitif dan mudah tersinggung.

  1. Tidak Mudah Lelah

Kurang minum juga bisa menurunkan tekanan darah dan mempercepat detak jantung. Dampaknya, kamu cenderung lebih cepat lelah. Kondisi ini tentu berbahaya jika kamu mengemudikan kendaraan saat mudik.

Dehidrasi bisa diatasi dengan memperbanyak minum air putih saat puasa, yaitu minum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur. Kamu juga bisa mencegah dehidrasi dengan mengonsumsi sayur dan buah, serta menghindari minuman manis, bersoda, dan berkafein.

Kalau kamu punya pertanyaan lain tentang mencegah dehidrasi saat mudik, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat atau vitamin yang dibutuhkan saat mudik melalui layanan Pharmacy Delivery. Pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu kurang dari satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

Baca juga: 5 Buah yang Ampuh Cegah Dehidrasi