• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Fakta Seputar Hernia Diskus Di Drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha

4 Fakta Seputar Hernia Diskus Di Drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4 Fakta Seputar Hernia Diskus Di Drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha

“Dokter gigi Yoon dalam drama korea Hometown Cha-Cha-Cha diceritakan mengalami hernia diskus. Ini adalah kondisi ketika diskus tulang belakang mengalami cedera, sehingga menimbulkan rasa nyeri hingga mati rasa.”

Halodoc, Jakarta – Keseruan drama korea Hometown Cha-Cha-Cha, serta chemistry dari ‘dimple couple’ Shin Min Ah dan Kim Seon Ho sedang menarik perhatian belakangan ini. Di salah satu scene, diceritakan bahwa dokter gigi Yoon Hye Jin, yang diperankan oleh Shin Min Ah, mengalami hernia diskus. Sebenarnya, penyakit apa sih itu?

Hernia diskus dikenal juga dengan sebutan cedera hernia tulang belakang. Kondisi ini terjadi ketika ada sobekan pada cincin luar diskus tulang belakang. Diskus tulang belakang adalah sejenis cakram yang berfungsi sebagai penyokong tulang belakang. Ingin tahu lebih lanjut tentang kondisi ini? Yuk simak pembahasannya!

Baca juga: Masalah pada Tulang Belakang, Kapan Sebaiknya ke Dokter?

Tentang Hernia Diskus

Tulang belakang terdiri dari serangkaian tulang (vertebra) yang ditumpuk satu sama lain. Dari atas ke bawah, terdapat 7 tulang di tulang belakang leher, 12 di tulang belakang dada, dan 5 di tulang belakang lumbar, diikuti oleh sakrum dan tulang ekor di bagian pangkal. 

Tulang-tulang tersebut dilapisi oleh cakram atau diskus. Fungsi dari diskus adalah melindungi tulang dengan menyerap guncangan dari aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, mengangkat, dan memutar.

Setiap diskus memiliki dua bagian, yaitu bagian dalam yang lembut seperti agar-agar dan cincin luar yang keras. Cedera atau kelemahan dapat menyebabkan bagian dalam diskus menonjol melalui cincin luar. Inilah yang kemudian disebut dengan hernia diskus.

Jika diskus yang tergelincir itu menekan salah satu saraf tulang belakang, pengidapnya mungkin juga mengalami mati rasa dan nyeri di sepanjang saraf yang terkena. Dalam kasus yang parah, pembedahan diperlukan untuk mengangkat atau memperbaiki diskus yang tergelincir.

Fakta yang Perlu Diketahui

Ada beberapa fakta seputar hernia diskus yang penting untuk diketahui. Berikut ini di antaranya:

  1. Dapat Menyebabkan Nyeri, Kesemutan, hingga Mati Rasa

Hernia diskus dapat terjadi di bagian mana pun di tulang belakang kamu. Mulai dari leher hingga punggung bagian bawah. Namun, pada kebanyakan kasus, kondisi ini terjadi di punggung bawah. 

Gejala yang dapat dialami bervariasi, yaitu:

  • Rasa sakit dan mati rasa, paling sering di satu sisi tubuh.
  • Nyeri yang memburuk di malam hari atau saat melakukan gerakan tertentu, termasuk berjalan.
  • Kelemahan otot.
  • Kesemutan, sakit, dan sensasi terbakar.

Baca juga: 6 Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasinya

  1. Penyebabnya Beragam

Hernia diskus bisa terjadi karena banyak faktor, seperti:

  • Sering melakukan gerakan tertentu.
  • Sering mengangkat benda besar dan berat.
  • Kelebihan berat badan.
  • Jarang melakukan aktivitas fisik.
  • Penuaan. Diskus mulai kehilangan sebagian cairan pelindungnya seiring bertambahnya usia. Hal ini membuat diskus mudah keluar dari tempatnya.
  1. Dapat Menyebabkan Kerusakan Saraf Permanen Bila Tidak Diobati

Pada kasus hernia diskus yang parah dan tidak diobati, komplikasi yang mungkin terjadi adalah kerusakan saraf permanen. Pada kasus yang sangat jarang, diskus yang bermasalah dapat memotong impuls saraf di punggung bawah dan kaki. Jika ini terjadi, pengidapnya mungkin kehilangan kontrol usus atau kandung kemih.

Komplikasi jangka panjang lainnya yang bisa terjadi adalah anestesi sadel. Dalam hal ini, hernia diskus menekan saraf dan menyebabkan pengidapnya kehilangan sensasi di paha bagian dalam, bagian belakang kaki, dan di sekitar rektum.

  1. Pengobatan Mulai dari Latihan hingga Operasi

Pengobatan untuk hernia diskus biasanya tergantung pada tingkat keparahan yang dialami. Pada kasus yang ringan, gejala bisa diatasi dengan program latihan untuk meregangkan dan memperkuat otot punggung dan sekitarnya. Kamu bisa menemui ahli terapi fisik untuk mencobanya.

Selama mengalami hernia diskus, lakukan istirahat total dan hindari semua aktivitas fisik untuk sementara. Namun, tetap lakukan peregangan dan aktivitas ringan seperti berjalan untuk mencegah kekakuan.

Kamu juga bisa minum obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau paracetamol. Jika semua perawatan itu tidak membantu, segera download aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter, agar diberi resep obat yang lebih kuat.

Baca juga: Penyebab 3 Kelainan Tulang Belakang

Itulah beberapa fakta mengenai hernia diskus, yang dialami dokter gigi Yoon dalam drama korea Hometown Cha-Cha-Cha. Meski sulit mencegah kondisi ini, kamu bisa menurunkan risikonya dengan berhati-hati dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

Jaga berat badan tetap sehat dengan rutin berolahraga. Hindari terlalu banyak mengangkat benda berat, jangan duduk terlalu lama, dan lakukan latihan untuk memperkuat otot punggung, kaki, dan perut. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Slipped (Herniated) Disc.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Herniated Disk.
Family Doctor. Diakses pada 2021. Herniated Disc.