4 Fakta tentang Diet GM yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
diet GM, metode diet, turun berat badan dengan cepat

Halodoc, Jakarta - Seperti fashion, metode diet pun menjelma menjadi sebuah tren. Bicara soal tren diet, sudah dengar tentang diet GM? Metode diet yang sedang tren baru-baru ini diklaim mampu menurunkan 5-8 kilogram berat badan dalam waktu seminggu, lho.

Selain menjanjikan penurunan berat badan dalam waktu singkat, diet GM juga dipercaya dapat memperbaiki fungsi pencernaan dan membuang racun dalam tubuh (detoksifikasi). Namun, sebelum memutuskan untuk mencoba diet ini, ada baiknya kamu simak dahulu fakta-fakta tentang diet GM berikut ini:

1. Awalnya Merupakan Diet untuk Para Karyawan Perusahaan Otomotif

GM dalam diet ini merupakan singkatan dari General Motors. Awalnya, diet ini dikembangkan untuk para karyawan perusahaan otomotif General Motors, pada tahun 1980-an. Seperti kebanyakan metode diet lainnya, diet ini juga bertujuan untuk menurunkan berat badan dalam waktu cepat.

Seorang ahli gizi asal Amerika Serikat, Ashvini Mashru, R.D., seperti dikutip dari Women’s Health, menjelaskan bahwa penurunan berat badan dalam metode diet ini didasarkan pada fakta bahwa dengan hanya mengonsumsi makanan yang telah direncanakan, tubuh akan membakar lebih banyak kalori dibandingkan jumlah kalori dari makanan yang masuk ke tubuh.

2. Pedoman Makan selama 7 Hari yang Hanya Didominasi oleh Buah dan Sayur

Diet ini menganjurkan konsumsi makanan yang mengandung banyak air, seperti buah dan sayur. Sebab, makanan yang banyak mengandung air dipercaya dapat meningkatkan pembakaran lemak dan melarutkan racun dalam tubuh.

Jenis makanan yang dikonsumsi pun sudah diplot selama 7 hari, sebagai berikut:

- Hari Ke-1: Hanya makan buah-buahan, kecuali pisang.

- Hari Ke-2: Hanya makan sayur-sayuran. Pada pagi hari, dibolehkan makan kentang rebus atau panggang.

- Hari Ke-3: Makan buah dan sayur, kecuali pisang dan kentang.

- Hari Ke-4: Hanya makan buah pisang dan susu rendah lemak.

- Hari Ke-5: Daging-dagingan tanpa lemak, boleh sapi, ayam, atau pun ikan, dengan batas konsumsi per hari hanya 300 gram. Sayuran juga dibolehkan.

- Hari Ke-6: Sama seperti hari ke-5, konsumsi daging dengan batas 300 gram dan sayuran, kecuali kentang.

- Hari Ke-7: Dibolehkan makan nasi merah, buah dan sayuran.

3. Penurunan Berat Badan Hanya Bersifat Sementara

Meski diklaim bisa menurunkan berat badan dalam waktu cepat, pedoman diet yang hanya dilakukan selama 7 hari ini justru membuat penurunan berat hanya bersifat sementara. Sebab, berat badan yang hilang selama diet GM ini adalah berat air, bukan lemak. Sehingga, setelah selesai menjalani diet 7 hari ini, berat badan akan cenderung naik lagi, karena kebiasaan makan akan kembali ke semula.

4. Tidak Bisa Disebut sebagai Metode Diet yang Aman

Meski makanan yang dianjurkan dalam diet GM ini adalah buah dan sayur, yang memiliki kandungan vitamin dan serat yang tinggi, diet ini dapat memangkas asupan nutrisi yang juga penting untuk tubuh, seperti protein. Sementara, protein berperan penting dalam perbaikan dan regenerasi sel dalam tubuh, yang juga penting untuk pembentukan otot.

Itulah sebabnya diet ini belum bisa dikategorikan sebagai metode diet yang aman dilakukan, sebab kebutuhan asupan setiap orang berbeda-beda.  Minimnya asupan kalori yang masuk dalam tubuh juga akan membuat tubuh merasa lemas, mudah lelah, kulit menjadi kering, dan pada beberapa orang dalam menyebabkan kerontokan rambut.

Itulah fakta-fakta tentang diet GM yang perlu diketahui. Masih tertarik untuk mencoba? Jika ada yang ingin kamu tanyakan lebih lanjut soal diet ini atau metode diet yang tepat untuk kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc dan diskusikan langsung dengan dokter melalui fitur Chat atau Voice/Video Call pada aplikasi Halodoc.

Baca juga: