• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Fakta Unik Mengenai Anjing Cane Corso

4 Fakta Unik Mengenai Anjing Cane Corso

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Fakta Unik Mengenai Anjing Cane Corso

“Anjing Cane Corso, bertubuh besar dengan otot-otot yang kuat. Anjing perkasa ini memang sangat gagah, sering dipakai sebagai anjing pekerja maupun anjing gembala. Namun, di balik tubuhnya yang besar, siapa sangka ternyata anjing satu ini sangat penyayang.”

Halodoc, Jakarta – Anjing dipilih sebagai hewan peliharaan karena sifatnya yang penyayang dan sangat setia. Hewan berkaki empat ini bisa menjadi teman yang paling mengerti keadaan manusia, teman terbaik untuk berolahraga, dan sahabat yang tidak pernah pergi meski apa pun keadaannya. Inilah mengapa, anjing banyak dipilih sebagai peliharaan keluarga. 

Salah satu jenis anjing yang bisa menjadi pilihan adalah Cane Corso. Anjing dengan bulu pendek dan berwarna gelap ini sekilas memang tampak kekar dan galak. Tidak heran, anjing Cane Corso memang punya otot tubuh yang besar sehingga sering dianggap sebagai anjing buas. Padahal, di balik semua kegarangannya, siapa sangka jika anjing ini ternyata begitu penyayang. 

Baca juga: Perawatan Anjing Berdasarkan Jenis-jenisnya

Fakta Unik Anjing Cane Corso

Anjing Cane Corso banyak dipakai sebagai anjing pekerja dan anjing gembala. Ini tentu saja karena ukuran tubuhnya yang besar dengan otot-otot kekar dan perawakan yang terlihat sangat galak. Sorot matanya tajam, dengan telinga berukuran kecil yang tegak ke atas. Namun, jangan salah, meski ukurannya kecil, pendengaran anjing ini luar biasa sensitif.

Nah, masih banyak lho, fakta unik anjing Cane Corso, berikut di antaranya: 

1. Masa Hidupnya Hingga 10 atau 11 Tahun

Sebuah studi yang dimuat dalam Open Veterinary Journal menyebutkan bahwa sebagian anjing Cane Corso memiliki masa hidup hingga 9 tahun. Namun, ternyata anjing ini bisa hidup lebih lama dari itu. Studi ini ternyata menemukan korelasi antara warna bulu dan usia dari anjing ini. 

Misalnya, anjing Cane Corso dengan bulu warna hitam dan belang punya umur rata-rata sampai 10,3 tahun, dan beberapa hidup hingga usia 13 tahun. Sementara itu, anjing yang punya warna bulu kecoklatan memiliki umur yang lebih pendek, yaitu antara 7 hingga 11 tahun. Studi ini mengamati 232 anjing Cane Corso dari 25 negara dan menggambarkan hubungan potensial antara umur panjang ras dan warna rambut mereka.

Baca juga: Inilah 7 Informasi Keliru Tentang Anjing

2. Meski Sudah Dilatih, Anjing Ini Tetap Waspada Terhadap Orang Lain

Sosialisasi sejak dini memang penting agar anjing dapat mengenali mana orang yang baik dan mana yang merupakan ancaman. Namun, anjing ras ini menjalankan tanggung jawabnya sebagai anjing penjaga dengan serius, jadi tidak ada jenis sosialisasi yang membuat anjing ini ramah terhadap orang-orang yang bukan anggota keluarganya.

3. Anjing Penyayang yang Tidak Menuntut

Anjing Cane Corso sangat mencintai keluarganya, tetapi dia tidak menuntut. Mereka ingin berada di dekat keluarganya tanpa meminta perhatian atau menuntut kamu melakukan banyak hal untuknya. Meski begitu, sebaiknya kamu tidak mengabaikan hewan peliharaan, terutama anjing. Mengajaknya berjalan-jalan atau bermain di taman meski sebentar sudah sangat membuat anjing ini senang. 

4. Membutuhkan Pekerjaan dan Aktivitas untuk Dilakukan

Selalu ingat bahwa Cane Corso merupakan anjing jenis pekerja. Jadi, jangan heran kalau kamu melihat anjing ini tidak senang menghabiskan waktunya hanya untuk duduk atau merebahkan diri di rumah. Aktivitas ringan tentu sangat menyenangkan, misalnya dengan mengajaknya berolahraga atau mengajak Si Kecil bermain. 

Baca juga: Ingin Melakukan Sterilisasi Anjing Kesayangan? Perhatikan Dulu Dampaknya

Anjing yang sangat cocok untuk teman dan keluarga, ya? Namun, jangan pernah lupa untuk tetap merawat dan menjaga kesehatannya, ya! Rutin memandikan dan merawat bulunya untuk membuatnya tetap sehat dan bahagia. Bila memang ada vitamin atau obat yang kamu butuhkan dari dokter hewan, beli saja langsung melalui aplikasi Halodoc. Gunakan fitur pharmacy delivery, tapi pastikan dulu kamu sudah download aplikasi Halodoc

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Evžen Korec, et al. 2017. Diakses pada 2021. Longevity of Cane Corso Italiano dog breed and its relationship with hair colour. Open Veterinary Journal 7(2): 170-173.
Mastiff Guide. Diakses pada 2021. Cane Corso Fun And Interesting Facts.