• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Gerakan Agar Lengan Kuat

4 Gerakan Agar Lengan Kuat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Seperti apa sih lengan yang kuat itu? Apakah saat kamu dengan mudah membawa kantong-kantong belanja? Atau ketika kamu mengangkat pakaian dari laundry? Tentu saja, kegiatan membawa beban ini bisa jadi hal yang mudah jika kamu melakukannya tanpa harus bersusah payah. Kalau kamu “kepayahan” saat membawa kantong-kantong belanja atau pakaian dari laundry, nah mungkin ini saatnya untuk melakukan latihan menguatkan lengan.

Untuk memiliki lengan yang kuat, kamu tidak perlu ribet melakukan latihan berat. Sebenarnya dengan rutin melakukan beberapa gerakan pilates kamu bisa kok mendapatkan lengan yang kuat. Jadi, kamu enggak akan “kepayahan” lagi saat harus membawa beban berat dengan kedua tangan.

Perlu diingat bahwa melakukan gerakan pilates ini dapat meningkatkan kualitas hidup kamu jadi lebih baik, lho. Selain itu juga bisa membuat tubuh lebih lentur sehingga bisa mengusir  jauh-jauh rasa nyeri yang mungkin muncul pada persendian. Lalu, bagaimana melakukan gerakan olahraga agar lengan kuat?

Pertama, sediakan dulu dua dumbbells pilates dengan berat ringan. Sebaiknya gerakan ini dilakukan sepanjang minggu dengan 10 pengulangan untuk masing-masing lengan. Kemudian lanjutkan dengan gerakan berikut ini:

Gerakan 1: Mulai dengan kedua lengan berada di samping tubuh dengan siku yang menempel pada tubuh. Kemudian, genggam kedua dumbbells dengan telapak tangan menghadap ke atas setinggi pinggang. Kemudian buat gerakan keluar dengan lengan terbuka, sambil siku tetap berada pada sisi tubuh. Lalu setelah itu, kembalikan tangan ke posisi awal dengan siku menempel sisi tubuh. Ulangi gerakan ini dengan 10 hitungan.

Gerakan 2: Kedua lengan berada di samping tubuh dengan siku yang menempel pada tubuh. Kemudian buat tanda silang atau X dengan menyilangkan tangan ke depan sambil masih memegang dumbbells. Setelah itu, seperti orang yang menarik pedang, luruskan tangan ke atas sambil seakan membentuk huruf V. Lalu setelah itu, kembalikan tangan ke posisi awal menyilang. Ulangi gerakan ini dengan 10 hitungan.

Gerakan 3: Satukan kedua tangan yang memegang dumbbells tepat di depan wajah dengan siku tetap terbuka lebar. Lalu angkat lengan ke atas kepala tanpa mengangkat bahu dan tetap saling menyatukan dumbbells dengan ditekan kuat. Setelah itu kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini dengan 10 hitungan.

Gerakan 4: Satukan kedua tangan yang memegang dumbbells tepat di depan wajah setinggi kepala dengan siku tetap terbuka lebar. Kemudian buat gerakan menutup dengan menyatukan siku ke depan. Pastikan siku tidak lebih tinggi dari bahu ketika menutup. Setelah itu kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini dengan 10 hitungan.

Agar latihan lengan ini bisa memberikan hasil yang diinginkan, sebaiknya lakukan secara rutin setidaknya dua hingga tiga kali seminggu. Selain itu, lakukan dulu pemanasan terlebih sebelum melakukan gerakan ini, ya. Kamu juga bisa meminta saran dari personal trainer agar latihan lengan menjadi lebih efektif.

 

Setiap latihan fisik yang dilakukan sebaiknya dilakukan dalam pengawasan ahli. Jika kamu perlu saran dari dokter mengenai kondisi kesehatan, kamu juga bisa langsung menanyakannya pada dokter. Kini kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc, dan bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan laboratorium sesuai dengan anjuran dokter jika diperlukan. Setelahnya, kamu bisa membeli produk kesehatan seperti suplemen atau vitamin melalui Halodoc, pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc di App Store dan Google Play.