4 Hal Ini Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menikah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4-hal-ini-perlu-dipertimbangkan-sebelum-menikah-halodoc

Halodoc, Jakarta – Menikah menjadi rencana besar bagi pasangan yang sudah lama menjalin hubungan asmara. Namun perlu diketahui, menikah bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan untuk menghabiskan sisa hidup bersama satu orang. Agar terhindar dari pernikahan beracun atau toxic marriage, ada beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan sebelum melangkah ke jenjang serius. 

Menjalani kehidupan pernikahan adalah hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Namun tidak perlu khawatir, selama kamu dan pasangan memiliki tujuan dan rencana yang bisa selaras dengan pasangan, menikah malah bisa menjadi petualangan baru yang menyenangkan. Maka dari itu, penting untuk sebelumnya mengetahui dan mempertimbangkan beberapa hal ini sebelum menikah! 

Baca juga: Ini Kata Ahli Tentang Toxic Jealousy pada Pasangan Menikah

Sebelum Menikah, Tanyakan Hal Ini pada Pasangan 

Saling mengenal satu sama lain adalah hal yang penting dilakukan oleh pasangan yang akan menikah. Namun sebelumnya, pastikan kamu sudah mengenal diri sendiri dan mengetahui apa yang diinginkan dari sebuah pernikahan. Mintalah pasangan untuk melakukan hal yang sama, baru kemudian bicarakan semua bersama untuk mengetahui sejauh apa kamu dan Si Dia bisa saling menerima. 

Dalam menjalani kehidupan pernikahan, saling mendukung merupakan hal yang penting agar hubungan tetap langgeng. Sebelum memutuskan untuk menikah, coba tanyakan dan pertimbangkan beberapa hal ini bersama pasangan! 

1. Setelah Menikah, Apa? 

Sangat penting untuk membuat semua hal menjadi jelas sebelum menikah, terutama tujuan dan apa yang diharapkan dari sebuah pernikahan. Pembicaraan ini meliputi bagaimana rencana ke depan, hidup bersama orangtua atau tidak sebelum menikah, hingga urusan rumah tangga lain. Menanyakan hal ini juga bisa memberi bayangan seperti apa kepribadian pasangan dan bagaimana kehidupan rumah tangga nantinya akan dijalani. 

Baca juga: 3 Manfaat Menikah bagi Kesehatan Mental

2. Bolehkah Saya Bekerja? 

Jika kamu memiliki pekerjaan tetap sebelum menikah, maka pastikan untuk menanyakan hal ini pada pasangan. Baik pada pria maupun wanita, sangat penting untuk mengetahui apakah pasangan bisa menerima jenis pekerjaan yang dijalani, apakah pekerjaan ini bisa terus dipertahankan, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu dan pasangan berarti sudah sepakat untuk menerima konsekuensi dari pekerjaan masing-masing, sehingga kedepannya tidak perlu ada pertengkaran tidak penting di dalam rumah tangga. 

3. Pembagian Tugas Rumah Tangga 

Bayangkan jika kamu harus menjalani kehidupan yang penuh “drama” setiap tiba di rumah. Penyebabnya tidak lain adalah pasangan yang enggan membantu atau menyelesaikan pekerjaan rumah. Hal ini bisa memicu pertengkaran dan pada akhirnya berpotensi mengubah kehidupan pernikahan menjadi beracun. Untuk menghindarinya, bicara sejak awal perkara pembagian tugas rumah tangga sebagai sebuah pertimbangan penting sebelum menikah. 

4. Batasan Privasi 

Fondasi hidup berumah tangga adalah rasa saling percaya dan keterbukaan. Namun, bukan berarti kamu dan pasangan harus hidup tanpa ada batasan privasi atau ruang pribadi. Hal ini penting untuk dibahas sejak awal bersama pasangan. Privasi bukan berarti rahasia, konsep ini memiliki arti di mana kamu dan pasangan boleh memiliki keinginan untuk tidak diganggu pada waktu-waktu tertentu. Sebelum menikah, tanyakan pandangan Si Dia tentang privasi dan cari jalan terbaik untuk menemukan sebuah kesepakatan bersama. 

Baca juga: Benarkah Menikah Pengaruhi Psikologi Seseorang?

Mempersiapkan pernikahan bisa membuat siapa saja menjadi tertekan dan merasa gugup. Jika kamu membutuhkan masukan dari psikolog sebelum menikah, coba aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi psikolog atau psikiater melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Sampaikan keluh kesah dan dapatkan saran terbaik dari ahlinya. Download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2019. 7 Questions You Have to Ask Each Other Before Commit.
NY Times. Diakses pada 2019. 13 Questions to Ask Before Married.
Marriage. Diakses pada 2019. 5 Signs That You Are Living in a Toxic Marriage.